34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Toyota Produksi Sedan Edisi Terbatas Peringati Toyota Crown

Untuk merayakan produksi 100 juta mobil buatan Jepang, Toyota memproduksi sedan edisi terbatas dengan tampilan yang mirip dengan Crown generasi pertama dan 2JZ yang disebut dengan Toyota Origin

Automoto – Biasanya, ketika sebuah pabrikan mencapai tonggak produksi yang signifikan, mereka akan mengeluarkan siaran pers yang mencolok atau mungkin versi edisi khusus atau edisi ulang tahun dari salah satu mobil mereka yang pernah mereka produksi seperti Toyota Origin

Inilah Toyota Origin, yang dibuat khusus untuk merayakan pabrikan Jepang yang memproduksi 100 juta mobil di negara asalnya pada tahun 2000.

Memang, ini bukanlah mobil yang dibuat khusus dari awal – menggunakan sedan Progrès yang sederhana, Ide Toyota adalah untuk memberi penghormatan kepada salah satu mobil penting dalam sejarahnya, mobil produksi skala penuh pertamanya.

Seri RS Toyopet Crown dengan rencana untuk membuat hanya 1.000 unit Origins, produksinya diserahkan kepada orang yang sama. staf pekerja yang membuat sendiri mobil andalan Toyota Century.

Meskipun sasis Progrès tetap ada, bodyworknya benar-benar berbeda. Bagian depan mobil menerima perubahan penuh krom lengkap dengan lampu depan bundar dan tulisan ‘Toyota’ di bagian depan sebagai pengganti lencana yang lebih modern.

Ada lebih banyak krom di bagian depan. bagian belakang dan lampu belakang yang tipis dan tegak terletak pada ekstensi lengkungan roda berbentuk kotak.

Garis atapnya sedikit lebih membulat untuk tampilan kemunduran, sementara velg krom dengan sentuhan emas juga dipasang.

Ada yang sedikit aneh pada pintunya juga? Sama seperti Crown asli, Origin juga punya pintu model (suicide) bunuh diri. Toyota tidak melewatkan detail apa pun.

Interiornya tidak terlalu terkesan kuno, meskipun terdapat jok kulit dan sisipan kayu baru di dasbor dan pemilih gigi yang tidak akan terlihat aneh di mobil tahun 60an.

Secara mekanis, tidak ada yang berubah pada Progrès – artinya ya, Toyota Origin memiliki sistem gerak roda belakang dan dibekalai mesin 2JZ yang bertenaga 212 HP dan torsi torsi 217lb ft.

Toyota tidak pernah secara resmi mempublikasikan angka performanya, namun mengingat (pada saat itu) bobotnya yang besar dan kuat yaitu 1.560 kg dan gearbox CVT, diperkirakan mobil ini akan dirilis dengan santai.

Origin memiliki teknologi keselamatan mutakhir seperti ABS, airbag tirai, dan ‘Brake Assist’ yang akan memberikan tekanan tambahan jika mobil mendeteksi terjadinya penghentian darurat.

Pada akhirnya, produksi Toyota Origin sedikit melebihi rencana awal dengan jumlah produksi 1.073 ini juga belum 100% , namun hal ini hampir pasti menjadikannya mobil paling langka yang pernah memiliki mesin 2JZ.

Meskipun kelangkaannya, tidak terlalu sulit untuk menemukan satu unit yang dijual di Jepang.Harganya agak berbeda-beda – berkisar antara £7.000 untuk model longgar hingga £25.000 untuk spesifikasi concourse dimana contoh ini dengan harga 3,373,000 yen

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications