29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Toyota Sports 800, Cikal Bakal Mobil Sports Jebolan Toyota

Automoto – Bila dilihat dari tampilannya memang modelnya tampak seperti mobil aneh bila dibanding dengan mobil-mobil modern sekarang ini. mobil Toyota Sport 800 merupakan mobil sport produksi pertama yang pernah dibuat oleh pabrikan mobil dari negara sakura, hal ini berarti mobil ini merupakan cikal bakal dari model Toyota 2000GT, Supra, Celica, MR2, AE86, GT86 dan bahkan Lexus LFA. 

Desain dari model Toyota sports 800 ini memiliki fitur body yang sangat ringan terbuat dari panel berbahan Alloy, dirancang untuk 2 orang dan model atap dipasang atap targa yang bisa dibongkar pasang, handling dirancang gesit, dan bahan bakar yang sangat hemat dan efisien, Kecepatan tertinggi sekitar 151 km/jam, saat itu diklaim sebagai motor juara diberbagai ajang balap mengalahkan mobil-mobil lain di Jepang pada tahun 1961.

Toyota Sports 800 merupakan mobil sport produksi pertama, sebagai mobil massal berbasis mobil konsep yang dipamerkan di Tokyo Motor show tahun 1962. Konsep dari mobil tersebut diberi nama “Publica Sports” yang dirancang oleh Shozo Sato dan Tatsuo Hasegawa yang dulunya adalah seorang desainer pesawat.

Konsep dasar Toyota Sports 800

Konsep dasar dari mobil tersebut berbasis Toyota Publica adalah mobil sederhana dan terjangkau harganya hampir sama dengan filosofi pembuatan mobil Toyota Corolla Modern sekarang ini. Konsep Publica Sport ini mendapat perhatian yang signifikan dari masyarakat, sehingga perusahaan Toyota akhirnya memproduksi versi Massalnya.

Produksi Toyota Sports 800 ini dimulai pada bulan April 1965, dan kustomer dan mulai dipasarkan pada bulan Mei ditahun yang sama, untuk versi massalnya ini dirancang seperti mobil konsep Publica Sport yang dipamerkan di Tokyo Motor show dengan kelengkapan fitur antara lain desain body ramping dan aerodinamis dengan model Low & Wide Stance. yang membedakan dengan model mobil konsepnya terdapat perbedaan pada panel pintu dan atapnya, pada model Publica Sports model Sliding Canopy seperti model pesawat yang terinspirasi dari sebuah pesawat tempur dimasa perang dunia ke-2 yaitu pesawat Hagesawa, mobil desain dengan dua pintu dan atap model targa, ini adalah mobil salah satu yang pertama menggunakan atap model targa.

Mesin Toyota Spoorts 800

Mesin yang duduk bawah kap yaitu mesin two-cylinder boxer dengan sistem pendinginan air-cooling berkubikasi 790cc, mesin berukuran kecil ini menggantikan mesin yang ada pada mobil konsep yaitu mesin 2U-B sistem pendinginan water-cooling berkubikasi 697cc. Toyota Sports 800 dilengkapi dengan 2 dual-carburator, rasio perbandingan dari mesin tersebut menghasilkan power sebesar 45 Bhp justru lebih tinggi dari mobil konsepnya yang memiliki keluaran tenaga sebesar 28 bhp. sedang transmisi yang digunakan yaitu transmisi manual 4 kecepatan, teanga mesin dialirkan ke roda belakang.

Salah Satu aspek dari Toyota Sports 800 yang signifikan yaitu body mobil yang tergolong ringan, body mobil bagian luar terbuat dari bahan alumunium dan untuk body bagian dalam terbuat dari bahan baja sehingga bobot keseluruhan sekitar 580 jg. desain konstruksi dirancang agar mobil memiliki bobot yang ringan dan aerodinamis, yang dipadukan dengan dapur pacu yang kecil namun hemat bahan bakar. 

Toyota Sports 800 diproduksi dalam jumlah yang terbatas, tercatat sebanyak 3.131 unit selama masa produksi 1965 hingga 1969, karena jumlah yang terbatas ini mobil tersebut dimasa sekarang ini terhitung langka keberadaannya dan dalam sepanjang sejarah otomotif mobil mobil ini juga diklaim sebagai mobi yang sukses dalam beberapa ajang balap di beberapa sirkuit.

Pada tahun 1966, sepasang Toyota Sports 800 berpartisipasi dia ajang Suzuka 500 Km Endurance Race salah satu dari mobil tersebut berhasil menjadi juara pertama pada kategori mobil hemat bahan bakar. lalu pada tahun 1967 mengikuti ajang Fuji 24 Hour Race dan tim toyota sempat membuat kagum dunia otomotif pasalnya mobil Toyota meraih juara 1, 2 dan 3 , dan Toyota Sports 800 meraih podium 3 setelah 2 mobil Toyota 2000GT. pada tahun 1965 Toyota Sports 800 juga mengikuti ajang All-Japan Clubman Championship.

Yang menarik dari model dari model Toyota Sports 800 ini didesaind dengan stir kanan untuk pasaran Japan Domistik Market (JDM) dan hanya 300 unit yang didesain stir kiri yang dipasarkan di Okinawa karena pulau ini dijadikan markas tentara Amerika. dan 40 unit versi stir kiri di export ke Amerika sebagai bahan evaluasi pemasaran Dealer Toyota di Amerika ternyata dipasaran amerika mobil tersebut dianggap terlalu kecil sehingga pemasaraan kurang lancar, Sehingga ke 40 mobil tersebut disimpan digarasi, tidak lama setelah itu pada tahun 1967 dipasarkan Toyota GT 2000GT yang desainnya juga masih terinspirasi dari model Toyota Sports 800 dan penjualanya tergolong laris manis.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications