29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Beragam Genre Aliran Modifikasi Didunia Budaya Mobil Kustom

Hampir diseluruh dunia orang-orang menyukai mobil yang telah mengilhami berbagai macam budaya khusus, baik dunia modifikasi maupun dalam seni pengecatan mobil. meski nilai jualnya kadang turun setelah dilakukan modifikasi dan pengecatan. namun para antusias mobil tetap kekeh dengan kultur mobil yang ada. mereka tidak terpengaruh dan tetap berpegang teguh dengan kesenangannhya sendiri. 

Automoto – Selama kurang lebih dari 50 tahun terakhir, dunia telah banyak dihiasi oleh budaya mobil kustom dengan segala macam alirannya yang hampir tidak ada henti-hentinya terus berkembang dan terus berkembang, ada yang menyebutnya terlalu ekstrem dalam melakukan modifikasi.

Dari Aliran Amerika dengan Hot Rod nya hingga aliran Stance dari Jepang, semuanya berada dalam satu tempat budaya mobil kustom yang juga ikut perperan dalam mempengaruhi kehidupan dan lifestyle orang-orang. dari situ tidak ada salahnya kita mengetahui dunia budaya mobil kustom ini.

 Boy Racer (Inggris)

Boy Racer di Inggris cenderung berkumpul di tempat parkir mobil dan lebih memilih memodifikasi mobil mereka masing-masing dengan kosmetik aftermarket dan spare part balap. sebagian besar mereka memodifikasi dengan tambahan body-kit, audio mobil dan knalpot dengan suara yang menderu-deru.

Reggare (Swedia)

Budaya subkultur ini terkenal di Swedia, Raggare terinspirasi dari budaya pop Amerika tahun 1950-an dan telah menyebar ke seluruh Eropa. Mobil yang digunakan dalam budaya tersebut cenderung berukuran besar, mobil muscle klasik Amerika dengan mesin V8 seperti Pontiac Bonneville, Dodge Phoenix dan Buick Roadmaster. 

Raggare tidak hanya populer di Swedia, budaya mobil juga dapat ditemukan di wilayah Skandinavia lainnya, Jerman dan Austria. meskipun Raggare awalnya dianggap sebagai budaya tandingan, kini sebagian besar orang dewasa Eropa juga menyukai mobil klasik Amerika. istilah Raggare bisa diibaratkan sebagai Greaser di Amerika dan Rocker di Inggris. 

Lowriders

Salah satu budaya mobil yang paling terkenal di dunia yang berasal dari Amerika Serikat yaitu Lowriders. biasanya suspensi mobil-mobil mereka bisa diatur serendah mungkin dan menggunakan suspensi hidrolik yang dapat diatur tinggi rendahnya sesuai dengan keinginan. hal ini memungkinkan pemilik mobil untuk menaik atau menurunkan mobil kapan pun mereka mau. 

Sesuai dengan namanya ‘Lowriders” mereka cenderung mengendarai mobil dengan kondisi mobil sangat rendah, ciri khas mobil lowrider cat nya khusus dan biasanya mencerminkan budaya Amerika latin tempat budaya ini berasal. Mobil yang difavoritkan mreka meliputi Impala, Buick Riviera dan Pontiac Torpedo.

Berbeda dengan budaya mobil kustom yang lainnya, yang lebih mengutamakan mobil kencang dan aagresif, para komunitas Lowriders memililih kebalikannya biar lambat asal senang. asal-usul lowriders ini dimulai pada tahun 1940-an, pada waktu itu sedang booming-bomingnya Kemakmuran selepas pasca perang dunia ke-2.

Motto mereka adalah “Rendah dan Lambat” dengan tujuan mengendarai mobil mereka selambat mungkin, budaya mobil ini telah menyebar ke banyak belahan dunia dan utamanya terjadi dikalanga para pengendara muda di Jepang. 

Stance (Jepang) 

Mobil modifikasi bergenre Stance ini biasanya fokus pada power mesin dan performanya, mereka lebih menonjolkan  mobil dipasang suspensi yang sangat rendah dan kaku, dan cocok untuk adu balap di sirkuit. berasal dari Formula 1 dan dunia drift, budaya mobil Stance ini menjadi mobil modifikasi paling digandrungi di Jepang dan negara-negara lain tentunya. mobil-mobil yang mereka modifikasi antara lain mobil jenis Hatchack antara lain mobil Volkwagon polo, Mini Cooper, atau Mobil jenis Coupe seperti Nissan 350Z.

Karakteristik utama dari tampilan mobil stance ini memiliki chamber negatif pada pemasangan rodanya, sehingga roda tampak seperti akan lepas, namun hal ini sangat meningkatkan kecepatan dan akselerasi di jalan lurus, rentang champer negatif tersebut ada yang mencapai 45 derajat, dan dijalan raya umum biasayan ada camber nya 0,5 – 1 derajat.

 

Rockiralli (budaya mobil asal Finlandia) 

Para pembalap Finlandia terkenal jago-jago dalam olahraga bermotor, dan Rokkiralli mungkin menjadi rahasia dibalik kesuksedan mereka. Rokkaralli adalah seri reli dengan anggaran rendah yang berlangsung diatas es dan kurang fokus pada peraturan dibandingkan seri reli yang lebih mahal atau kejuaran relli dunia

Ada batasan harga budget sebesar kuranga lebih 10 jutaan permobil, hal ini memungkinkan banyak peserta yang mengikutinya dan tetap sportif dilapangan. biasanya mobil yang banyak digunakan dalam aliran Rokkiralli ini seperti Volkswagen beetle (VW Kodok)  dan model hatchback lainnya.

Namun semua peserta Rokkiralli memiliki keunikan sendiri-sendiri, mobil kebanyakan terlihat garang dan agresif. pesertanya biasanya berusia 16 tahun hingga 60 tahun. 

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications