26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Suzuki Tingkatkan Layanan After Sales, Pangkas Jalur Distribusi Spare Parts

Automoto – Seiring dengan pertumbuhan penjualan yang positif, Suzuki Indonesia tingkatkan layanan after sales yang mencakup penyediaan service dan pengadaan spare parts di bengkel resmi.

Peningkatan layanan after sales ini bertujuan untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada pelanggan, terutama bagi mereka yang memilih model hybrid.

Selain itu, inisiatif tersebut juga merupakan bagian dari upaya untuk mengimbangi kontribusi Suzuki Indonesia sebagai perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

Penambahan bengkel resmi

Selama kurun waktu satu tahun Suzuki telah menambah 3 bengkel resmi, sehingga kini ada 190 bengkel dan 51 service point yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga : Suzuki Melihat Mobil Hybrid Memiliki Banyak Keuntungan, Bisa Digunakan dari Sabang Sampai Merauke

Penambahan layanan after sales ditujukan untuk memperluas pemerataan layanan Suzuki ke seluruh Indonesia. Tercatat jumlah service intake roda 4 Suzuki telah mencapai 797.805 unit untuk total keseluruhan di Indonesia.

Pemangkasan Jalur Distribusi

Tahun 2023 juga menjadi tahun efektif beroperasi Depo Surabaya, yaitu gudang dan pusat pengiriman spare parts orisinil Suzuki.

Depo Surabaya ini fokus menjangkau wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia bagian Timur lainnya.

Baca Juga : Suzuki Jimny 5 Pintu Segera Diluncurkan, PT SIS Siapkan Paket Aksesoris Untuk Konsumen

Pendirian Depo Surabaya dinilai strategis, selain karena lokasinya yang dekat dengan pelabuhan sehingga mempermudah alur distribusi barang, juga menguntungkan dalam mempersingkat lead time pengiriman spare parts, khususnya ke wilayah Indonesia bagian timur.

Dengan rata-rata waktu pengiriman yang 2-3 kali lebih cepat berkat pemangkasan alur transportasi distribusi, juga turut memangkas penggunaan bahan bakar dan karbon yang dihasilkan dalam proses pengiriman.

Dampak positif lainnya juga tercermin lewat kepuasan jaringan diler resmi dan pelanggan berkat kecepatan layanan penyediaan suku cadang dan aksesoris oleh Suzuki Indonesia.

Baca Juga : Hilirisasi Menuju Net Zero Emisi Oleh Suzuki Indonesia

Dikatakan Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning PT SIS, berbagai inisiatif ini merupakan upaya untuk mengimbangi kontribusi Suzuki Indonesia sebagai perusahaan yang lebih ramah lingkungan.

Inisiatif itu juga didukung oleh kontribusi lainnya seperti penerapan Suzuki Green Policy dan sistemisasi smart factory yang diterapkan di Pabrik, serta kegiatan CSR Suzuki Indonesia.

“Kami akan terus memperkuat kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan,termasuk masyarakat, pemerintah, asosiasi, dan perusahaan lain yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan tujuan kami.”

“Harapannya, berbagai upaya yang kami lakukan ini dapat membawa dampak positif di industri otomotif dalam maupun luar negeri,” tutup Joshi.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications