34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Elettra, Skuter Listrik Pertama Karya Ambisius Lambretta

Merek skuter Itali bergengsi Lambretta merilis skuter listrik pertama “Elettra” Bagaimana spesifikasi dan cara pengisian bateranya?

Automoto – Lambretta merek skuter Italia dengan sejarah selama 77 tahun, telah memamerkan skuter listrik yang unik di event EICMA 2023 baru lalu, tidak jelas kapan akan tersedia secara komersial, namun seperti rival lamanya Piaggio Vespa, Lambretta tampaknya terus bergerak menuju era motor listrik.

Lambretta merupakan merek yang mulai membuat skuter setelah perang dunia ke-2, Piaggio Vespa yang merupakan produsen pesawat terbang menciptakan skuter dengan struktur monocoque, sedangkan Lambretta yang perusahaan induknya adalah produsen pipa baja memanfaatkan keistimewaannya dan menciptakan skuter dengan rangka pipa.

Mengingat banyak skuter mdoern yang menggunakan ranka pipa, maka bisa dikatakan metode lambretta disukai banyak pengikutnya. Lambretta menjelaskan bahwa gaya model suter listrik yang mereka hasilkan untuk pertama kalinya ini disebut dengan ‘Elettra” yang dipamerkan di EICMA 2023 baru lalu, yaitu pameran motor terbesar di Eropa, merupakan penghormatan kepada model LD yang merupakan skuter mewah di masa lalu.

Pada sisi bagian depan dirancang dengan garis-garis tajam dan kuta, sedangkan sisi bagian belakang memiliki garis-garis yang lembut dan organik, hal ini menjelaskan tentang dialog estetis antara masa lalu dan masa depan, begitulah Lambretta menggambarkan konsep ekterior dari skuter Listrik yang mereka buat untuk pertama kalinya.

Desain disekitar pegangan memberikan kesan bersih, lampu sainnya bertipe bar-end, Tuas rem memiliki desain yang sangat khas dan terbuat dari kayu dan dapat ditarik, Lambretta bangga memiliki desain paling inovatif dipasaran skuter global.

Bodi bagian belakang dibuat bisa terangkat secara otomatis menggunakan remote control, hal ini akan memberi kesan kepada pengguna untuk mengakses bagasi yang berisi baterai penggerak. Tenaga yang terpasang pada Elettra adalah motor singkron magnet permanen 9PSMS) yang menghasilkan torsi besar 258Nm, dengan tenaga keluaran terukur sebesar 4kQ dan tenaga maksimal hingga 11 kW.

Kecepatan maksimumnya 110km/jam. ada tiga mode berkednara yang tersedia yaitu mode Eco, Ride dan Sport, dan jarak tempuh hingga 127 km dengan kecepatan 40 km/jam, 70,5 km dengan kecepatan tetap 81km/jam, jarak jelajah dalam mode WMTC dijelaskan sejauh 104,5 km.

Suspensi depan menggunakan peredam kejut ganda “wheel-pulled” dan suspensi belakang menggunakan swingarm dengan monoshock yang dipasang horisontal, rangka terbuat dari alumunium die-cast dan bodi terbuat dari baja. ukuran ban 12 inci, termasuk kecil untuk sebuah skuter modern.

Salah satu faktor kunci praktis skuter listrik adalah waktu yang diperlukan untuk mengisi daya, dibutuhkan waktu 5 jam 40 menit dengan pengisian normal 220 V, yang umum terjadi pada catu daya di eropa, dan 36 menit dengan quick charger umum (20-80%).

Tiga angka telah dipublikasikan mengenai dimensi bodi, jarak sumbu roda 1,380mm, ground clearence minimum 140mm dan tinggi jok 780mm, bobot kendaraan 135kg. baterai 64V-73V yang dipasang di Elettra adalah tipe stasioner dan dilapisi dengan casing alumunium.

Skuter listrik pertama Vespa, Eletica yang diproduksi pada tahun 2018, juga menggunakan baterai stasioner dan plug-in-charge, sama seperti Elettra. tipe stasioner memiliki keunggulan karena tidak perlu mengeluarkan baterai yang berat dari badan kendaraan dibandingkan dengan tipe yang dapat diganti,  sayangnya hingga saat ini skuter listrik buatan Lambretta ini belum diumumkan berapa harga belinya dan kapan dirilisnya, bisa dikatakan ini adalah karya ambisius lambretta, mari kita tunggu kapan dirilisnya.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications