28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Sekilas Tentang Riley ELF 1969

Riley Elf adalah mobil berbasis Morris Mini yang tidak begitu terkenal, bagian body  mobil memiliki kesamaan dengan Wolseley Hornet, kedua mobil tersebut ditawarkan dengan segala kemewahannya dan memiliki  karakter deain yang unik karya dari Alec Issigonis 

Riley ELF ini digadang-gadang sama dengan mobil mini namun body nya  sangat unik, bagian belakang lebih luas dan lebih panjang dari mini standard, sedang bagian depan didesain ulang agar tampilannya  mirip dengan Riley, interior di upgrade tapi untuk mesin dan handling masih menggunakan model mini klasik. 

Riley Elf dikembangkan oleh perusahaan British Motor Corporation (BMC) yang diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik pda tahun 1961 sebagai mobil variasi dari varian Morris Mini yang dirancang oleh Alec Issigonis perancang desain asli mobil Mini, Varian Riley Elf  dengan desain yang lebih panjang dan lebih luas dari Mini.

bagian body belakang dibuat lebih panjang, hal inilah yang membedakan dengan model mini, pada body belakang ini terdapat bagasi dan beberapa bagian mobil dbuat dengan ukuran yang lebih besar pula, seperti Grill depan yang diberi aksen chrome.

Pada bagian dalam kabin terdapat beberapa fitur termasuk diantaranya dashboard yang berlapis kayu veneer dan jok mewah baik jok bagian depan dan jok untuk penumpang. pun demikian untuk pengalaman mengendarai mobil ini sama dengan mobil Mini asli.

Mesin yang digunakan yaitu mesin BMC A-Series dengan konstruksi mesin yang sama dengan mesin Mobil Mini Original sehingga untuk melakukan servis bisa dilakukan di bengkel-bengkel yang menerima service mobil mini.  Penjualan mobil ini bisa dikatakan sukses seperti mobil Mini.

Sepanjang sejarahnya mobil ini diproduksi sejak tahun 1961 hingga 1969, dijaman modern ini keberadaannya tentulah sudah langka, tentunya juga menjadi mobil koleksi bagi kolektor-kolektor mobil antik.

Seperti mobil Riley ELF yang ada diphoto ini adalah besutan tahun 1969 yang telah dilakukan proses restorasi oleh bengkel Brownings Restoration, dokumen-dokumen dan buku panduannya masih lengkap, mesinnya di swap dengan mesin inline-four 998cc, sedang transmisinya yaitu transmisi manual 4 percepatan.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications