28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Betoh Soon Wanawisata Stonehenge-nya Indonesia

Kalau di Inggris ada tempat wisata yang namanya “stonehenge” yaitu bangunan dari batu yang bersusun di jaman perunggu dan neolitikum, letaknya ada di Amesbury, wiltshire,Inggri, sekitar 13 km dari laut Salisbury

Di Indonesia juga ada wisata semacam tepatnya berada di Bondowoso, jawa timur. seperti yang telah diceritakan sedikit dari hasil petualangan Bro Aim dengan solo riding nya, hingga sampai ke wisata StoneHenge nya Indonesia. wisata betoh soon (batu susun) ini dikenal dengan wisata stonehenge van java.

Untuk apalagi kita jauh-jauh harus pergi ke Inggris untuk menikmati pemandangan peninggalan masa perunggu dan neolitikum ini, sedang di Bondowoso aja sudah ada , hamparan luas yang dihiasi tumpukan-tumpukan batu yang tampak indah dipandang mata. 

Lokasi wisata betoh Soon ini tepatnya berada di Kecamatan Cerme Kabupaten Bondowoso jawa timur, kurang lebih sekitar 15 km dari pusat kota Bondowoso. penduduk setempat menyebut wisata tersebut dengan sebutan Batu Solor karena lokasinya berada di wilayah desa solor, sebagian dari mereka menyebut “Betoh So’on” (Bahasa Madura) yang artinya batu bersusun.

Susunan batu-batu yang rapi secara alami ini terhampar di hamparan yang luas, ada yang mencapai ketinggian 5 meter, menurut orang-orang setempat tidak tahu asal muasal sejarah dari batu-batu yang tersusun tanpa campur tangan manusia ini.

Ada yang mengira-ngira bahwa batu tersebut asli buatan alam karena bila dilihat dari dekat tidak ada bekas-bekas pahatan tangan manusia, murni ukiran alam sejak jaman pra sejarah. dan pihak dinas pariwisata setempat bekerja sama dengan para ahli arkeologi berupaya untuk membongkar sejarah dari batu soon ini.

Mungkin memang masih belum ada yang banyak tahu tempat wisata ini, di kota kecil Bondowoso yang terkenal dengan oleh-oleh Tape singkong yang manis ini terdapat destinasi wisata stonehenge. keunikan dari wisata ini bila masuk musik kemarau hamparan itu terlihat gersang tidak ada tumbuh-tumbuhan yang berwarna hijau.

Namun Bila Musim hujan tiba, Tumbuh-tumbuhan yang ada disana hampir semua menghijau bahkan diatas batu yang tersusun itu juga tumbuh pohon-pohon berwarna hijau. dan tentu saja pemandangannya akan terlihat indah memanjakan mata, jadi ada dua pilihan untuk rekreasi kesana, silahkan dipilih mau musim kemarau atau musim penghujan? 

Untuk menuju ketempat destinasi wisata Stonehenge van Java ini, jalannya sudah cukup bagus bahkan bisa dilewati motor, jadi bila kalian mau touring atau berwisata disana bisa ajak motor kesayangan kalian melintasi jalan yang berkelok-kelok. tunggu apa lagi nikmati keindahan alam sambil merasakan sensasi baru dengan motor kalian .

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications