27.8 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

BMW R69 Tahun 1960 Dengan Side car Model Jawa Verolex

Automoto – BMW R69 tahun 1960 adalah salah satu motor yang diproduksi setelah perang dunia ke-2, motor ini diproduksi di Munich Jerman, tampak lebih indah setelah dipadukan dengan sidecar model Jawa Verolex dengan paduan warna hitam yang serasi.

BWM R69 dibekali dengan mesin BMW model M268 dengan keluaran tenaga sebesar 35bhp dengan catatan kecepatan maksimal yang diraihnya sebesar 100 mph atau 160 km/jam, saat itu terbilang sebagai motor yang bisa diandalkan tetapi masih kurang kencang.

Pada tahun-tahun sebelum pecahnya perang dunia ke-2, BMW adalah salah satu produsen motor yang berjaya didunia, motor-motor garapan mereka selalu menjadi motor andalan dengan segala performanya yang juga menjadi acuan standar motor motor dijamannya, demikian pula dengan desainnya. 

Setelah perang dunia ke-2 pecah rupanya perusahaan-perusahan otomotif di Jerman sempat terbelakang dari negara Inggris dengan motor motor balap mereka merajai di berbagai macam ajang balap motor di benua Eropa, dengan mesin andalannya yaitu Vincent V-Twins. sedangkan BMW masih menjual motor-motor lama pada masa perang dunia ke-2. 

Rilis Pertama kali

Baru setelah pada tahun 1951 di event IFMA Motorcycle Show yang diselenggarakan di Frankfrut, Jerman, BMW merilis sebuah mesin motor baru yaitu mesin Horizontally-opposed twin Cylinder M268 berkubikasi 594cc yang sudah menggunakan sistem pendinginan air-cooled .

Motor Pertama jebolan BMW yang menggunakan mesin diatas yaitu motor BMW R68 yang dikampanyekan sebagai motor pertama berkecapatan 160 km/jam. Mesin baru yang dirilis di klaim memiliki ratio perbandingan yang lebih tinggi dibanding dengan mesin-mesin motor keluaran Non-BMW.

Ukuran Bore mesin berukuran 26mm dan menggunakan bing Carburator serta memiliki fitur rem cakram yang berperforma tinggi.

Diproduksi 2 varian yakni model road-going dan off-road, dimana varian model off-road ini dikembangkan untuk bersaing dengan motor-motor model scrambler dan enduro dalam mengikuti ajang Internasional Six Days Trial (ISDT), yang paling menarik lagi dari tipe ini adalah Tipe BMW R68 ISDT Special.

Tipe inilah yang menjadi cikal bakal motor BMW R80G/S yang telah menjadi motor ikonik sepanjang sejarah dan motor-motor jenis adventure jebolan BMW lainnya. 

BMW R69 

BMW R69 untuk pertama kalinya diluncurkan pada tahun 1955 sebagai penyempurna motor BMW R68 yang telah dirilis sebelumnya, tenaga yang dikeluarkan sedikit lebih kencang dari pada model R68 yang tidak disangka motor BMW R69 ini menjadi model motor halo baru bagi perusahaan motor asal Jerman ini.

BMW R69 menggunakan mesin type M268 yang sudah diperbaharui dengan masa produksi lumayan lama yaitu antara tahun 1965 hingga 1969, tenaga mesin dialirkan melalui transmisi 4 percepatan ke Roda bagian belakang dengan shft drive sehingga perawatan motor bisa dilakukan dengan mudah.

Kesuksesan dari BMW R69 ini kemudian diproduksi motor yang lebih kencang lagi yaitu model BMW R69S kemudian diganti dengan model BMW R69 US yaitu model modifikasi yang dipasarkan di Amerika.

Garpu motor pada bagian depan dipasang Earles Fork front suspension yang sangat cocok bila dipadang sidecar, sedangkan suspensi bagian belakang dipasang dual shock absorbers, sementara sistem pengereman baik depan maupun belakang masih menggunakan drum brake sama dengan pendahulunya R68. 

Jok motor menggunakan sadel pegas tunggal dan masih bisa dipasang sadel penumpang belakang bila diperlukan, BMW R69 dan R69 S ini didesain bisa menggunakan sidecar dimana pada saat itu sidecar menjadi populer karena bisa dinaiki 2 hingga 3 orang terlebih lagi pada saat perang dunia ke-2.

Selama masa produksi dari tahun 1955 hingga 1969 tercatat telah menjual lebih dari 15.000 unit model R69 walaupun demikian di jaman sekarang ini model R69 ini termasuk model yang langka dan banyak diburu oleh para kolektor motor antik dan motor vintage.

Nah sahabat Automoto, Kombinasi motor BMW R69 tahun 1960 dengan sidecar model Jawa Velorex yang ada di photo ini pada tahun 2017 lalu dihargai senilai $ 12.600 US  saat dibeli pemiiknya, dan setelah di restorasi dan pemaharuan pada mesinnya serta sidecar direstorasi dijual senilai $ 13.000 pada buln juni 2023 baru lalu. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications