34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Mercedes-Benz CLK GTR Termahal 1988, Rekor Guinnes books of world Record

Mobil Mercedes-Benz CLK GTR adalah mobil yang paling mahal di tahun 1998 yang pernah diproduksi oleh perusahan Mercedes, mobil ini hanya diproduksi sebanyak 128 unit untuk menyaingi mobil Porsche 911 GT1 dan McLaren F1 GTR di ajang FIA GT Championship.

Automoto – Mercedes-Benz berhasil mendominasi di ajang FIA GT Championship, pasalnya perusahaan ini berhasil menyabet juara berturut-turut dari tahun 1997 hingga 1988. untuk versi Homologasi street road nya dikenal dengan sebutan Straßenversion dalam bahasa Jermannya berarti Versi Jalanan. Hanya ada 28 unit yang diproduksi yang dibuat dan dirilis pada tahun 1988, mobil tersebut merupakan mobil yang termahal didunia menurut Guinnes Book of World Record yang tidak lain dan tidak bukan Mercedes-Benz CLK GTR

Proses Pengembangannya hanya membutuhkan waktu 128 Hari

Program pengembangan Mercedes-Benz CLK GTR adalah salah satu yang paling luar biasa dalam sejarah otomotif mobil balap, perusahaan mengklaim proyek ini dimulai dari lembar kertas kosong menjadi sebuah desain yang dikerjakan selama 128 hari, kurang dari 4 bulan, desain dari mobil ini menjadi paling dominan di seri CLK.

Faktanya perusahaan Ini memang mendapatkan bantuan dalam proses pengembangannya, mereka membeli mobil Balap McLaren F1 GTR bekas dari Larbre Competition, sebuah tim balap privadi, kemudian mobil second tersebut dijadikan sarana dalam proses pengembangannya.

Mesin diganti dengan mesin BMW dan bodi buat baru, dan mobil second tersebut kemudian dijadikan sebagai alat uji yang sifatnya rahasia di sirkuit Jarama, Spanyol sebelum pembalap bernama Bernd Scheneider menabrakkan mobil tersebut. menariknya mobil percobaan tersebut kemudian dikembalikan seperti sedia kala, termasuk mesin BMWBMW V12 dan sekarang ini mobil tersebut dimiliki oleh seorang kolektor mobil di Inggris.

Tidak diketahui secara pasti berapa banyak mobil Mclaren yang dijadikan sebagai sarana percobaan, yang jelas mobil yang sedang mereka kembangkan itu bakal mengalahkan supercar asal Inggris di sirkuit.

Mercedes-Benz CLK GTR 

Mercedes-Benz CLK GTR dikembangkan oleh perusahaan Mercedes dan AMG, yang diproduksi secara khusus diperusahan AMG dan HWA AG. bodi mobil terbuat dari bahan composite carbon fiber yang dipadukan dengan bahan kerangka pipa alumunium model Honey-comb.  hal ini untuk memastikan bobot mobil menjadi lebih ringan dan mesin dipasang dibagian belakang bodi dan tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi transaxle sequential 6 percepatan.

Mesin yang digunakan untuk CLK GTR yaitu mesin mercedes 6.0 liter M120 V12 yang sudah ada sebelumnya, berbasis mobil kelas S dan SL tetapi telah dimodifikasi secara signifikan termasuk ditambahkan batang penghubung titanium dan rasio perbandingan kompresi ditingkatkan hingga 12:1.

Setelah disetting mode balap mobil ini menghasil tenaga sebesar 592 bhp dan torsi 516 lb-ft, sehingga akselerasi  dari 0-60 mph dicapai dalam waktu 3,8 detik dan kecepatan tertinggi 205 mph. dengan dukungan suspensi double-wishbone dibagian depan dan belakang yang memiliki fitur pull-rod pegas coil serta shock absorber yang bisa diatur.

untuk keamanan pengereman menggunakan rem cakram 6 piston dengan rotor karbon komposit agar bisa bertahan selama kurang lebih 4 jam selama balapan di FIA GT Championship. desain lampu depan dan belakang serta model grill depan semuanya berbasis desain dari CLK yang diproduksi massal.

Sesuai dengan persyaratan dari FIA GT untuk mobil homologasinya ditetapkan minimal 245 unit untuk versi street-roadnya yang juga harus mendekati versi mobil balapnya, produksi mobil homologasi versi streetnya dimulai pada tahun 1988 hingga 1999 dan terseelsaikan sebanyak 28 mobil sebagai mobil prototip, 20 unit model coupe dan 6 unit model roadster.

versi homologasi dilengkapi dengan mesin V12 yang sedikit berbeda dari mesin V12 versi balap yang telah ditingkatkan dari 6 liter menjadi 6.9 liter dengan tenaga yang meningkat menjadi 622 bhp dan torsi 539 lb-ft.

Bebrapa perubahan dilakukan untuk memudahkan penggunaan mobil, antara lain pemasangan sistem ABS, AC, Radio dan penyompanan barang disetiap pintu, ditambah lagi peredam suara, karpet dan dengan pilihan jok bahan kulit dan alcantara. pada tahun 1998 harganya $1.547.620 USD, sama dengan $ 2.922.333 di tahun 2023 ini. rekor harga termahal ini akhirnya dikalahkan oleh Ferrari Fxx-K , fantastis bukan? dan sekarang mobil ini masuk biro lelang RMsoutheby’s dengan tafsiran harga $10,500,000 – $13,000,000 USD

all image courtesy of RmSoutheby’s

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications