27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Ferrari 250 Europa GT, Milik Sang Raja Pasta Itali

Ferrari Europa GT ini adalah pemegang penghargaan ini adalah salah satu mobil kuda jingkrak yang paling indah di tahun 1950-an, dan dalam sejarahnya hampir sama menariknya dengan daftar penghargaan yang diperolehnya.

Automoto – Kita semua pasti pernah bermimpi untuk berpenghasilan jutaan dollar, namun jalan menuju kekayaan besar tidak pernah sejelas yang terlihat oleh mata uang kripto, namun di Itali pada tahun 1950-an, menjual pasta kepada banyak orang selalu menjadi resep sebuah kesuksesan, begitulah Pierto Barilla, pewaris kerajaan Pasta barilla, yang mampu menulis cek kepada Enzo Ferrari untuk sebuah mobil kuda Jingkraknya. 

Ferrari 250 Europa GT
Ferrari 250 Europa GT setelah di restorasi | credit to Schaltkulisse

Ferrari 250 Europa GT didebutkan untuk pertama kalinya di Paris Motor Show tahun 1953, mobil ini adalah salah satu mobil terbaik marnello pertama yang ditenagai dengan mesin Colombo V12 yang kini menjadi mesin legendaris yaitu mesin yang sama yang menggerakkan 250 GTO dan 250 SWB.

Pada tahun 1950-an anda mungkin berharap Ferrarin ini dibandrol dengan harga 2 digit, meskipun memiliki sejarah balap, namun yang mengesankan, Ferrari 250 Europa GT bertenaga 220 tenaga kuda dengan paduan gearbox manual transmisi 4 percepatan, menjadikan mobil ini termasuk mobil yang tercepat dijamannya.

Interior Ferrari 250 Europa GT
interior Ferrari 250 Europa GT setelah di restorasi | credit to Schaltkulisse

Tuan Barilla menerima Grigio Fiat Ferrarti pada tahun 1955 dan menyimpan mobil tersebut selama setahun sebelum menukarnya dengan 410 Superamerica. pada saat itu, sasis Ferrari yang dirancang khusus ini ditukar dengan mobil balap yang dikendarai oleh Ecurie Francorchamps dari Jacque Swater, sebelum dikirim ke Amerika serikat pada tahun 1960-an, dan disimpan hingga akhir tahun 1980-an.

Setelah dikirim kembali ke Eropa kali ini dikirim ke Swiss, Kuda jingkrak yang cantik ini direstorasi sepenuhnya oleh salah satu spesialis restorasi paling terkenal di Italia yaitu Carrozzeria Nova Rinascente, tepat sebelum milenium baru. Sasis yang digunakan yaitu 0291 GT disempurnakan dengan warna aslinya Grigio Fiat dengan interior Panno Grigio dan trim kulit warna biru.

Dalam dua dekade sejak di restorasi, Ferrari 250 Europa GT ini memenangkan Trofeo Pininfarina di Concorso d”Eleganza Villa d’Este tahun 2002, dan juga ditampilkan dalam majalah Auto D’Epoa edisi 2002, serta retromobile 2004 di Paris. Pada tahun 2010 Ferrari ini akhirnya berhasil meregangkan kakinya, menyelesaikan 1.000 mil Mille Miglia tanpa satu masalah apapun. 

mesin legendaris dari sang kuda jingkrak | kredit to Schaltkulisse,

Dijual melalui biro lelang Schaltkulisse gmbh dengan harga tanya melalui telephone ,mobil yang menakjubkan ini tetap dalam kondisi yang patut menjadi suri tauladan bagi mobil-mobil lain, sebagai salah satu dari 34 unit yang diproduksi, mobil ini mewakili peluang yang sangat menggiurkan bagi setiap kolektor Ferrari, bagaimana tertarik untuk mengoleksinya? 

tampak samping ferari 250 Europa GT
Tampak samping Ferrari 250 Europa GT setelah di restorasi | credit to Schaltkulisse

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications