25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Desert sled Triumph TR6 Dijadikan Motor Harian

Triumph TR6 Trophy adalah sepeda motor yang  mempopulerkan istilah “Desert Sled” pada tahun 1960-an yang mendefinisikan  sebagai motor balap padang pasir California Selatan.

Automoto – motor Trophy Tr6 yang ditampilkan di sini baru-baru ini telah dilakukan restorasi dan modifikasi ringan di Sydney, Australia. Desert sled tersebut diberi sentuhan modern sehingga cocok sekali sebagai motor harian.

Steve wong  alias Greasy knuckles adalah seorang desainer dan mekanis di bengkel motor kastem, ia mengerjakan restorasi trophy TR6 ini atas nama bengkel Fossick Moto kontrak kerja sama dengan Greasy knuckles.

Steve juga pernah bekerja di Deus Ex Machina di Sydney bersama Jeremy Tagand dan sekarang bekerja di Sabotage Motorcycles bersama Gilee Colliver dan Andreas Dorr.

Jika lagi tidak ada pengerjaan motor steve selalu menghabiskan waktunya di sirkuit  vintage racing dirt track dengan motor Honda0⁰0Honda CR250 tahun 1974.

Steve membeli Triumph trophy tr6 ini dari sesorang yang berusia 80 tahun yang pernah membuat motor custom triumph chopper sendiri semasa hidupnya. Motor tr6 tersebesut terbengkalai dihalaman belakang rumahnya dan beberapa part ada yang hilang. Namun motor tersebut masih solid frame dan bagian depan motor masih dalam kondisi bagus.

Steve ingin membangun motor yang dibelinya itu menjadi motor desert sled tetapi bergaya street legal. Desert sled sendiri adalah motor balap gurun pasir yang populer di tahun 60-an dan sejak itu motor genre ini termasuk dalam motor klasik.

Steve memulai dengan membongkar motor tersebut secara keseluruhan sehingga ia bisa menentukan mana yang harus di ganti baru dan mana yang harus dipakai kembali.

Semua  bagian yang tua dan tidak bisa digunakan lagi diganti baru. Spatbor berukuran besar di cat ulang,  handle bar, lampu belakang, dudukan plat, knalpott dan lampu depan diganti baru.

Steve juga memperbaharui sistim kelistrikan dan ditambahkan regulator modern dan membuang diode zener, semua kabel diganti dan dipasang indikator dari pabrikan kellermann atto dan semua tombol saklar diganti dengan ukuran yang kecil.

Pelek motor asli yang baginya sudah terlalu tua diganti dengan pelek berjari-jari dari baja anti karat, hub di cat dan dilanjukan vapor blasting dan ternasuk klaher roda diganti baru.

Agar motor terlihat pendek maka dipasang shock breaker berukuran 30mm. Rantai motor diganti demikian juga dengan sproketnya dan oil seal yang sering bocor pada motor triumph.

Selain itu steve juga melakukan pengantian kopling dengan yang baru, push rod, pegas kopling dan kabel nya demikian juga dengan remnya . Steve lebih menyukai karburator tunggal karena tampilannya rapi dan mudah di atur. Karburator asli hanya dilakukan perendaman dengan ciran ultrasonik kit. Dan di perbaiki.

Untuk tombol kontrolnya diganti dengan kluster tombol baru berukuran kecil dan stang motor diganti total dengan stang melengkung khas desert sled.

Tangki motor di cat ulang dan ditambahkan nomor balap yang dikerjakan dengan tangan. Bagian dalam tangki diseal agar tidak mudah karat. Rak tangki disematkan tali kabel trottle yang menjulang melebihi tangki agar bisa cepat menggantinya, seperti yang dilakukan pada tahun 60-an.

Secara keseluruhan dari proyek yang dilakukan steve ini tampilan triumph trophy tahun 1967 ini menjadi desert sled street legal yang cocok untuk motor harian

Baru baru ini dikabarkan motor tersebuk masuk biro lelang yang tertarik nege-bid klick disini.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications