34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Magnifica, Ketika Steampunk Bertemu Dengan Mesin Boxer Berbasis BMW R 18

Banyak Iterasi dari ubahan-ubahan motor Cruiser BMW R 18, bahkan ada pula yang dikastem sebelum resmi diluncurkan, seperti R 18 yang ada di Verona, juga BMW R 18 yang berjuluk “Magnifica” buatan Radical Chopper.

automoto – Magnifica adalah motor kastem berbasis BMW R 18 bergaya steampunk yang terlihat sangar karya bengkel motor kastem asal Italia yaitu Radical Chopper yang berlokasi di Milan, Italia.

sebuah produk bergaya steampunk yang luar biasa yang memulai debutnya di acara Top Marques di Monaco awal bulan ini, milik Radikal Chopper yang berbasis di Milan. garis-garis stok Big Boxer dari Bavaria, sulit dipercaya kreasi pahatan dan detail yang mewah ini bahkan memiliki fondasi yang sama.

Tampilan detailnya sangat gila dengan komponen billet, kuningan, kayu, dan aluminium buatan tangan, ide pembuatan Magnifica ini  muncul dari sesi brainstorming antara BMW Motorrad Italia dan penggila sepeda motor Raffaello Polchi, pemilik Officine Riunite Milanesi, sebuah cocktail lounge eksklusif “slash-workshop” di Milan

Mungkin itulah sebabnya Andrea Radaelli, Punggawa bengkel Radikal Chopper, dipanggil untuk benar-benar merancang dan memproduksi motor tersebut.

Sesuai dengan nuansa dan inspirasi dari model-model sebelumnya, Radaelli bahkan menggunakan gaya kuno ketika merancang desain, secara harafiah membuat sketsa di atas kertas dibandingkan menggunakan CAD atau rendering pada tahap awal proses.

Hampir semuanya dipikirkan dan dibuat dengan tangan, motor berbasis Bmw  R 18 selain sasis depan, lengan ayun, dan mesin 1,8 liter, sangat sedikit suku cadang asli yang berhasil dibuat menjadi produk akhir.

Radaelli mengatakan dia harus memikirkan kembali proporsi antara bagian depan dan belakang agar tampak harmonis.

Namun mesin 1.802cc dibiarkan seperti aslinya, begitu pula elektronik dan transmisi yang berfungsi penuh—meskipun Magnifica memang menggunakan a kopling kaki dan pemindah tangan—dan bahkan ukuran roda standar stocker tetap dipertahankan.

Semua imajinasi dan kreativitas Radaelli diwujudkan dalam Magnifica, dengan pembuatnya menggunakan desain dan teknik manufaktur jadul.

Pola pikir tersebut terbawa ke dalam estetika motor, di mana kalian bisa melihat material-material tradisiona seperti jok kayu dan bagian pegangannya diganti sebagai referensi untuk sepeda motor di masa lalu.

Jok model one-piece dan unit bagian ekor  diukir dan diberi ukiran waspish menggunakan kayu mahoni di bagian atas dan bagian tengah baja tahan karat penyangga yang tipis, memberikan efek seperti permata melayang di atas bagian belakang roda.

Garpu billet yang melengkung dengan indah, juga, mungkin terlihat seperti motor vintage, namun dibuat dari bagian-bagian billet yang benar-benar modern (kecuali bagian dalamnya yang terbaru, tentu saja).

Bagian yang detail dan dibuat dengan tangan, Anda akan menemukan sebagian besar sepeda motor berteknologi modern, sebagian besar  roda gigi yang sama dengan produksi seri R 18.

Semoga Magnifica ini menjadi inspirasi bagi kalian yang ingin membangun motor kastem dengan bahan yang sama.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications