29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Ferrari 246 Dino GTS, Kebanggaan Manajer Rock Band Led Zeppelin

Ferrari 246 Dino GTS 1973 Dulunya dipesan oleh Manajer Band Rock legendaris Led Zeppelin yaitu Peter Grant.

Automoto – Ketika kita berbicara tentang Mobil bersejarah, termasuk mobil Ferrari 246 Dino GTS Milik manajer Band Rock  Led Zeppelin ini .

Selain karena reputasinya sebagai mobil yang dimiliki seorang bintang rock, juga karena agak langka keberadaannya.

Karena mobil ini adalah salah satu dari hanya 235 versi stir kanan yang dijual di Inggris, antara tahun 1972 dan 1974.

Peter Grant adalah manajer Led Zeppelin sejak band ini didirikan pada tahun 1968 hingga bubar pada tahun 1980.

Setelah kematian drummer John Bonham. Sebagai sosok yang mengintimidasi, Grant dipandang sebagai kekuatan pendorong di balik kebangkitan band tersebut hingga menjadi bintang besar.

Seorang pengusaha cerdas, tekadnya yang tak kenal kompromi, kehadirannya yang persuasif, dan kesetiaannya yang tak tergoyahkan kepada Led Zeppelin.

Hal ini membuatnya mendapatkan reputasi sebagai salah satu yang terbaik dalam bisnis yang benar-benar mengubah keseluruhan industri.

Tahun 1973 Led Zeppelin  berada di puncak kekuasaan sang manajer , sepertinya pantas jika dia menuntut yang terbaik dalam urusan pribadinya, termasuk untuk memiliki mobil Ferrari 246 Dino GTS.

Mobil Ferrari 246 Dino GTS dengan nomor sasis 06040 ini  adalah model spyder, yang berarti panel atap dapat dilepas, namun tetap mempertahankan dasar mekanis dan kinerja saudara GT-nya.

Kinerja yang membuat Dino mencapai kecepatan tertinggi hampir 150mph berkat dengan mesin V6 2.4 liter yang hanya berkekuatan 200bhp.

Kebetulan GTS akan meraih kemenangan di Cannonball Run tahun 1975. Tidak hanya mengumpulkan poin pujian yang serius dalam prosesnya tetapi juga menghilangkan keraguan mengenai kredibilitas performa model tersebut.

Dikembangkan sebagai versi yang sedikit diperbarui dan lebih bertenaga dari Dino 206 GT rancangan Pininfarina sebelumnya – sesuai permintaan publik – 246 tetap mempertahankan suspensi independen penuh pendahulunya.

fitur lain yang dimiliki antara lain yaitu  rem cakram serba guna yang bisa diatur, dan girboks manual lima percepatan, namun dengan memanjang jarak sumbu roda, dan tentu saja, mesin V6 yang lebih bertenaga.

Dipesan baru melalui distributor Ferrari terkemuka asal Inggris H.R. Owen dan didaftarkan pada tanggal 28 Agustus 1973 kepada Tuan Peter Grant, 246 Dino GTS ini dipilih dalam cat ‘Rosso Bordeaux’ non-metalic  dan dilapisi kulit ‘Marrone’ berwarna coklat,

Satu-satunya 114 dipesan dalam spesifikasi ini, pada saat dia seharusnya bisa membeli mobil baru setiap beberapa bulan.

Grant malah memilih untuk tetap menggunakan Dino, mempertahankan mobil tersebut selama hampir tiga tahun, yang merupakan bukti daya tariknya yang abadi.

Mahakarya Maranello ini telah dirawat dan dipelihara dengan cermat sepanjang masa pakainya oleh banyak pemiliknya yang terkemuka, secara konsisten dipercayakan kepada berbagai spesialis Ferrari untuk segala kebutuhan pemeliharaan dan servis.

Dengan catatan riwayat komprehensif yang mendokumentasikan catatan perawatan mobil yang cermat, termasuk konfirmasi cat baru dan trim serta berbagai pekerjaan mekanis seperti suspensi dan rem yang dibangun kembali sepenuhnya.

Radiator yang diperbarui dengan tangki header baru dan pemasangan motor starter torsi tinggi, jelas terlihat bahwa ini adalah contoh yang patut disyukuri.

Semua dokumen ini ada di samping korespondensi asli dengan pabrik Ferrari di Maranello, serta buku catatan asli yang memuat nama Peter Grant.

Mobil tersebut juga telah ditampilkan dalam berbagai publikasi, termasuk ‘Ferrari Dino’ oleh Anthony Curtis dan ‘Ferrari- The Ultimate Dream Machine’ oleh Paul W. Cockerham, antara lain.

Sama nyamannya di bawah sinar matahari California maupun di tengah hujan lebat Calcutta dan sempurna untuk mendaki gunung yang berkabut, Ferrari 246 Dino GTS tahun 1973 ini bukan hanya sebuah memorabilia Led Zep yang fantastis namun juga sebuah contoh indah dan berguna dari sebuah Ferrari yang sangat layak untuk dikoleksi.

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications