28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Modifikasi Chopper, adalah Gaya Motor Kastem Radikal

iDalam dunia otomotif motor, berbagai macam model hadir dalam dunia modifikasi dan kastem, jumlahnya tak terbatas

Automoto – Kali ini kita akan membahas tentang gaya motor chopper yang mungkin sudah dijelaskan dibeberapa artikel sebelumnya.

Berikut penuturuan dari seseorang mantan builder motor kastem asal Jepang, berbicara tentang modifikasi gaya Chopper.

Tentunya tidak terlepas dari motor Harley-Davidson, namun pada kenyataannya chopper tersebut tidak terbatas hanya pada motor Harley saja.

Chooper itu hanya gaya modifikasi atau kastem, Jadi Chopper disini diartikan berupa kendaraan domistik atau motor-motor Eropa.

Ada berbagai teori, namun salah satunya adalah Chopper yang berasal dai Amerika pada tahun 1960-an.

Mesikipun sebelumnya terdapat gaya serupa, genre ini ditetapkan sebagai genre motor kastem setelah perang vietnan yang berlangsung hingga tahu 1970-am, dan cara mengendarainya juga ekstrim.

Awal Mula muncul motor Chopper

Motor Chopper dimulai ketika tentara Amerika yang nenderita sakit jiwa karena perang tidak bisa mengendalikan diri dan akhirnya mencuri motor orang lain .

Lalu memotong-motong motor tersebut  dan merakitnya kembali hingga berubah dari bentuk aslinya.

Semua genre motor Kastem memiliki latar belakang sejarah yang radikal, namun khusunya chopper adalah gaya yang lahir di era yang tidak terbayangkan oleh masyarakat jepang saat itu.

Pemotongan

Pada saat membangun motor chopper yang terpenting adalah saat proses “pemotongan” menghilangkan bagian-bagian yang tidak dibutuhkan dan membuat motor lebih sederhana.

Intinya,  Chopper yang dibuat oleh para builder baik tidak menghasilkan limbah apapun, banyak diantaranya yang sangat terlihat sederhana.

Standar point khusus untuk genre motor Chopper
Garpu Panjang

Dewasa ini,  sejalan dengan perkembangan jaman,  motor chopper sering kita liat dijalanan motor chopper dengan garpu yang panjang. garpu disini termasuk inti dari pembangunan sebuah motor chopper.

Biasanya panjangnya sekitar 4 inci, tetapi ada beberapa motor yang sangat panjang

Rangka kaku 

Tidak ada banyak keterbatasan dalam motor chopper, tetapi kustomasinya yang kaku, dimana suspensi belakang dilepas. sementara lengan ayun disambungkan langsung ke rangka.

Banyak motor yang modifikasi di era kelahiran chopper, kebanyakan menggunakan rangk yang kaku, sehingga untuk menciptakan kembali era tersebut. 

Motor chopper biasanya banyak bagian-bagian yang tidak dibutuhkan, bahkan ada pula yang melepas rem depan.

karena hanya memiliki rem belakang saja, daya pengereman sangatlah lemah. mengendarai motor chopper ini sama halnya dengan bunuh diri.

Di Jepang kecuali jika melengkapi dengan sertifikat dari bengkel motor kastem chopper profesional sekalipun.

Kadang bisa tidak lolos pemeriksaan kendaraan, dah bahkan sebelumnya,s angat berbahaya sehingga dilarang keras untuk menirunya.

Ringkasan

Chopper adalah gaya radikal yang lahir dari era yang sangat radikal, model chopper bermacam-macam tergantung zaman dan daerahnya,

Sehingga gaya modifikasi seperti ini tidak bisa dikelompokkan kedalam satu kategori, Motor chopper ini  sangat sederhana tapi indah.

Kadang kita sesekali membanyngkan bagaimana rasanya mengendarai motor chopper yang ekstrim ini

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications