26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Terinspirasi Chopper Cub Indonesia, Troy Bangun Chopper Cub Sendiri

Suatu kebanggaan tersendiri bagi Troy seorang laki-laki berkebangsaan Australia dengan motor yang telah dibangunnya sendiri untuk mengikuti acara Choppageddon show. motor tersebut tak lain dan tak bukan adalah motor Honda Cub C90 yang dibangun menjadi sebuah motor kustom bergenre Chopper Cub. 

Automoto – Setelah banyak melihat motor-motor Honda Cub yang dimodifikasi menjadi Chopper cub di Indonesia, banyak inspirasi dan ide-ide gila yang memenuhi isi kepala Troy, dalam benaknya ada banyak hal yang bisa ia lakukan dengan motor Honda Cub yang humble dan harganya terjangkau. 

Tak nunggu lama, Troy langsung meluncur ke Gumtree sebuah show room motor bekas di daerahnya, dan didapatinya sebuah motor Honda Cub C90 tahun 1980 dengan harga $300 australia. atau sekitar 3 jutaan. begitu deal langsung saja ditunggangi dan dibawa pulang  ke rumahnya. 

Selama 4 bulan motor kecil Honda Cub C90 tersebut mangkrak di gudang rumah Troy, pikirannya fokus pada event tahunan Choppergedon, Troy berencana untuk membangun sebuah motor chopper dari bahan yang sudah ia beli , dibongkarlah total motor tersebut dan dibersihkan secara detail dan melakukan pemotongan dibeberapa bagian.

Troy membuat desain sendiri beberapa part seperti spartbor dan jok motor sebelum ia melakukan pemotongan rangka motor tersebut sepanjang 100mm. Troy ingin bagian belakang motor bergaya keras, sehingga dia membuat desain sendiri. pada kerangka motor tersebut juga dipasang palang untuk menopang tangki bahan bakar baru yang Ia beli.

Troy juga mendesain sissy bar atau sandaran belakang motor yang menjulang, stang motor dirakit sendiri dari bahan stang standar dan stang bmx yang dilebur kemudian di desain model ape Bar yang unik dan sementara tambahan pegas pada bagian depan di stang di import dari Thailand. bagian Hub lama diganti dengan yang baru serta dapasang pelek baru. 

Mesin asli Honda Cub C90 diganti dengan mesin baru yaitu mesin RMW 125cc. dalam proses pembangunan motor kustom Choooper cup ini Bagi Troy tidak serumit dengan motor lain yang sudah dikerjakan sebelumnya yang pernah ia lakukan, yang paling menarik adalah saat melakukan pemotongan rangka motor menjadi dua, dan memastikan pada bagian belakang motor harus rigit (kaku) dan memastikan semuanya sejajar lurus.

Menurut Troy sendiri motor tersebut sangatlah menyenangkan untuk dikendarai selain harganya terjangkau, Honda Cub C90 tersebut setalh dimodifikasi rasanya memang sudah berubah dengan motor aslinya yang dulunya banyak digunakan oleh tukang post. intinya Troy sangat menyukai mengendarai motor garapannya ini. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications