25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Kantor Pos Jepang Beri Penghargaan Kepada Honda Super Cub

Habiskan waktu beberapa lama pun di Jepang dan akhirnya akan kita jumpai motor Honda Super Cub warna merah yang penuh dengan tas melintasi gang-gang sempit di jalanan Jepang. Honda Super Cab warna merah ini digunakan oleh tukang pos yang melayani pengiriman surat nasional.

Automoto – Kantor pos Jepang memang sudah lama berhubungan dengan motor Honda Super Cub yang mulai digunakan sejak tahun 1971, ketika Honda mengembangkan varian khusus dari motor yang populer ini, khususnya untuk layanan kantor pos. Sekarang ini Kantor Pos Jepang memberikan penghargaan kepada motor tersebut sebagai motor yang sangat berharga bagi kantor pos Jepang.

Hingga Akhirnya Kantor Pos Jepang membuat seri Perangko bergambar Honda Super Cub, selain perangko ada dua barang asli Jepang yang dilengkapi dengan gambar bertema Honda Super Cub yaitu pertama Celemek atau Maekake yang biasa dipakai oleh para penjaga toko dan kedua yaitu cangkir keramik (Yunomi).

Celemek dan gelas keramik bergambar honda super cub

Motor Honda Super Cub yang digunakan di Kantor pos jepang diberi nama dengan Super Cub MS50, MD90 dan 110MD dengan ukuran mesin yang berbeda-beda, MD disini adalah singkatan dari Mail Deliery. pada tahun 1960-an ketika Jepang mengalami urbanisasi yang sangat pesat, kementerian pos dan telekomunikasi mengeluarkan seruan kepada produsen motor  untuk merancang kendaraan khusus untuk mengantar surat, dan dimenangkan oleh Honda dengan super cub tahun 1967 yang sudah dimodifikasi.

Hal ini mendorong Honda untuk memproduksi MD secara ekslusif mulai tahun 1971, yang khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan kantor pos. Super Cub MD dilengkapi dengan baki kecil dibagian depan sehingga tukang pos dapat dengan mudah mengaitkan kantong surat. dan lampu depan yang dipasang leih tinggi dari model standard nya.

Honda Super Cub pada bagian tangan ditambahkan alat pemanas untuk bisa digunakan di iklim yang lebih dingin, perbedaan yang paling menonjol dengan super cub biasa yaitu pada ukuran rodanya, jika roda supercub biasa menggunakan roda berukuran 17 inchi namun pada varian MD berukuran 14 inchi agar bisa mengurangi radius belok di jalanan yang sempit dan semuanya body motor di cat dengan warna merah terang sesuaia dengan warna korporasi kantor pos Jepang. 

Varian Honda Super Cub MD tidak dijual kepada masyarakat umum, tapi bisa dibeli dipasar sekunder, bahkan ada toko-toko khusus yang menjualnya. sejak tahun 1958 Honda Super cub sudah terjual sebanyak 100 juta unit dan hingga sekarang masih diproduksi dengan model yang sudah disempurnakan dan diperbaharui.

Kantor pos juga pernah memberikan penghormatan kepada beberapa mobil yang dibuat seri perangko, mobil-mobil tersebut yaitu Toyota 2000GT, Nissan Skyline, Fairlady Z dan Mazda roadster serta RX-7. Celemek kantor pos bertema super cub di bandrol senilai 6.600 yen  dan yinomi atau gelas keramik dihargai 1.430 yen.

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications