28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Land Rover Discovery 300Tdi, Mobil Official Camel Trophy

Mobil yang digunakan pada acara tahunan “Camel Trophy” adalah mobil yang berbasis Land Rover Discovery, hingga sekarang ini mobil tersebut terbilang langka karena mobil-mobil Camel Trophy tersebut hanya dibuat dalam jumlah sedikit.

Automoto – Camel Trophy 1997 dilaksanakan di Mongolia, berbeda dengan acara-acara camel trophy sebelum sebelumnya. karena disela-sela acara ada tambahan seperti Kano dan bersepeda. sehingga dibuatlah Land Rover discovery 300Tdi yang dimodif secara khusus untuk acara ini.

Ajang Camel Trophy diselenggarakan bagi mereka yang menganggap berkendara off-road itu biasa-biasa saja dan tantangannya tidak begitu menantang, Camel Trophy digambarkan sebagai Olimpiade 4X4 dan dalam berkompetisi setiap peserta harus dalam kondisi segar, fit dan sehat, harus mampu mengemudi secara kompeten dalam segala kondisi baik dijalan raya, off-road atau di medan yang belum dilewati oleh siapapun.

land rover discovery

Camel trophy sebenarnya sama sekali tidak ada hubungannya dengan unta, tetapi memang acara tersebut disponsori oleh produk rokok camel yang telah berdiri sejak tahun 1980 hingga acara camel trophy berakhir pada tahun 1998.

Camel trophy bukanlah acara reli atau perlombaan, namun tetap masih ada saja orang yang berpikiran bahwa event tersebut adalah sebuah perlombaan, namun Camel Trophy adalah sebuah petualangan yang penuh dengan tantangan, dan acara ini dirangkum dalam sebuah dokumentasi yang disutradarai oleh Chapman selama sepuluh tahun. 

land rover discovery

Pada acara Camel Trophy pertama menggunakan mobil Jeep 4X4 yang berlangsung melintasi Transamazonica Highway dari Belem ke Santarem di Brazil. Hal ini terbukti sangat menginspirasi sehingga perusahaan rokok camel ingin mensponsori kelanjutan dari acara ini, dari sinilah terlahir ikon dari acara bersejarah ini. 

Pabrikan mobil asal Inggris Land Rover 4X4 menganggap konsep dari acara Camel Trophy ini sebgai sesuatu yang tepat bagi Land Rover untuk bisa berpartisipasi menjadi pemasok mobil, hingga sekarang perusahan Land Rover menjadi perusahaan yang paling berkualitas didunia ketidak berbicara tentang mobil 4X4.

land rover discovery

Selama bertahun-tahun Camel Trophy diadakan diberbagai negara dan tempat-tempat eksotik termasuk kepulauan Sumatera di Indonesia, Kalimantan, Sulawesi, Sabah, Zaire dan Tanzania di Afrika, serta Argentina dan Brasil di Amerika Selatan serta sejumlah negara-negara lainnya. 

2 tampat terdingin tempat diselenggarakannya acara tersebut adalah Siberia di Uni Soviet pada tahun 1990, dan Mongolia pada tahun 1997. ini adalah salah satu kendaraan Land rover camel trophy dari acara mongolia.

land rover discovery

Setiap tahunnya acara Camel trophy, Land rover akan menyediakan model land rover pilihan utnuk dikendarai oleh tim dan kendaraan pilihan lainnya untuk tim pendukung masing-masing tim. camel trophy yang diselenggarakan di Mongolia tahun 1997 yang digunakan adalah Land rover Discovery 300Tdi yang dilengkapi dengan peralatan khusus dan model kendaraan pendukungnya menggunakan Defender 110 300Tdi.

kendaraan ini khusus dibuat oleh Land Rover untuk ekspedisi, meliputi : 

  • Roll cage
  • Pelindung bagian bawah bodi mobil dan pelindung kemudi
  • Sistem kelistrikan yang dimodifikasi
  • Mesin derek super
  • Snorkel
  • rak atap dilengkapi tangga belakang
  • Lampu kerja belakang
  • Lampu sorot yang dipasang di rak atap empat
  • Bar banteng Brownchurch
  • Komponen suspensi dan transmisi ditingkatkan
  • Tangki bahan bakar tambahan
  • Pelindung lampu belakang
  • Lampu sorot depan kembar
  • Sistem navigasi Garmin
  • Titik soket Durite di footwell penumpang
  • Lampu peta sisi penumpang depan
  • Pelindung kabin belakang
  • Sangkar gulung berlapis busa hitam

Kendaraan tersebut memiliki perlengkapan standar Land Rover Discovery 300 Tdi termasuk jendela belakang yang memiliki fitur pemanas, sistem pemanas dan ventilasi, radio komunikasi merek land rover, dan gearbox manual 5 percepatan

mesin yang digunakan adalah mesin diesel 4 silinder horispntal 300Tdi berkubikasi 2.495cc dengan perbandingan rasio kompresi berbanding 19,5:1 yang menghasilkan 111 HP pada putaran mesin 4.000 rpm dan torsi 195 lb-ft.

rem menggunakan rem cakram, suspensi depan menggunakan axle live koil pegas dan anti-roll bar. suspensi belakang menggunakan axle live De Dion yang juga menggunakan koil pegas dan anti roll bar. pelek berukuran 16 inci dari bahan alloy bintang lima dan dibalut dengan ban Falken wildpeak untuk segala medan.

perlengkapan khusus yang digunakan pada mobil Camel trophy dari land rover ini tentu saja sangat langka, untuk acara tahun 1997 hanya dua 20 unit Discovery 300Tdi yang dibuat, kendaraan ini dicat dengan warna Sandglow desert dengan interior yang dilengkao dengan bahan vinil warna krem dan lapisan kain dengan aksen trim hitam.

dihiasai juga dengan stiker warna biru kontras diatas kap mesin, stiker gambar pegunungan mongolia tahun 97 ada di pintu depan samping dan stiker sponsor sebelumnya, serta stiker bendera maroko ada di kap mesin dan di jendela belakang. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications