30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Transformasi Toyota Hilux dari Generasi Kegenerasi

Mobil Pick-up Toyota Hilux telah menajdi salah satu kendaraan paling ikonik yang pernah muncu dari produsen mobil Toyota. Di Amerika atau negara lainnya dikenal sebagai Mobil Pick-up atau truck pick-up, pasalnya mobil ini pernah mengunjungi Kutun Utara dan Selatan, ketika dalam perjalanan ke kutub bersama Top Gear menuju puncak gunung Eyjafjallajokull, gunung yang susah untuk dilafalkan yang berada di iceland.

Automoto – Dalam sejarahnya Toyota Hilux pernah pula berkompetisi di ajang rally Paris-Dakkar dan meraih kesuksesan yang gemilang, tidak sampai disitu, Toyota Hilux terbukti sangat dapat diandalkan, pada tahun 1987 ada perang Chad-Libya, perang ini dikenal dengan nama perang Toyota karena mobil ini dijadikan alat transportasi bagi kedua belah kombatan perang. bahkan Toyota Hilux disebut-sebut sebagai kendaraan yang setara dengan senapan AK47 milik Mikhail Kalashnikov.

Kejadian-kejadian diatas sangatlah membantu dalam proses pencitraan Toyota Hilux dimata masyarakat bahwa mobil tersebut adalah mobil yang handal dan tak terkalahkan. Namun sebenarnya kekuatannya sehingga menjadi mobil yang terlaris selama beberapa dekade adalah karena reputasi nya dengan segala keunggulan dan kehandalan yang dimilikinya. 

Jadi ketika ada seseorang yang ingin membeli truk untuk kerja atau bermain, kemungkinan besar mereka tidak terlalu menaruh perhatian pada iklan, atau pada apa yang dijelaskan oleh para sales mobil. tetapi hal yang mementukan calon pembeli Toyota Hilux adalah apa yang dikatakan oleh pemilik yang sudah punya mobil tersebut, atau hasil rekomendasi dari mulut ke mulut yang memastikan toyota Hilux tetap menjadi kendaraan utilitas terlaris selama masa 5 dekade produksi.

Toyota Hilux berawal dari sebuah Truk utilitas berukuran kecil yang tidak dibuat oleh Toyota seutuhnya, tetapi dibuat oleh perusahaan Hino yang disebut dengan Hino Briska. Pada tahun 1960-an Hino membuat kendaraan komersial dan mobil penumpang berdasarkan mobil asal perancis yaitu Renault 4CV.

Mobil penumpang yang diproduksi Hino yaitu Hino Contessa yaitu mobil gerak roda belakang dan mesin diletakkan dibagian belakang. sedangkan Truck Pick-up Hino Briska menggunakan komponen yang sama tetapi mesin didepan dan menggunakan sistem gerak roda belakang.

Selama tahun 1960 Toyota dan Hino melakukan kerjasama dalam pembuatan truk Briska hingga pada tahun 1967 mobil tersebut diberi nama Toyota Briska, hingga tahun 1968  Toyota Briska masuk kedealer Toyota dengan mesin inline-four cylinder 1.251 cc dengan power sebesar 62 HP tetapi tidak segera dipasarkan untuk beberapa lama karena saat itu namanya direncanakan menggunakan nama Toyota Hilux.

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications