28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

LJ80 off-Road, Generasi Pertama Suzuki Jimny

Suzuki Jimny adalah pintu masuk perusahaan Suzuki ke pergerakan pasar kendaraan roda 4, sejak awal ditahun 1970-an. Namun tidak seperti Toyota land dan NisanPatrol yang dibuat dengan ukuran penuh, Suzuki Jimny dirancang untuk menjadi kendaraan yang lebih kecil sesuai dengan peraturan yang terjadi di Jepang.

Automoto – Suzuki Jimny berukuran lebih kecil sehingga bobotnyapun secara otomatis juga ikut lebih ringan bila dibanding dengan Land Cruiser. Sejalan dengan perkembangannya mobil ini sangatlah berguna dan tetap populer hingga dijaman modern sekarang ini. dengan versi terbaru kembali ke gaya yang lebih retro.

Suzuki Jimny 

Pada akhir tahun 1960-an ketika perusahaan Suzuki memutuskan untuk meluncurkan program pengembangkan dan membangun kendaaan roda 4 sendiri, mereka tahu bahwa mereka perlu menemukan sebuah pendekatan yang berbeda seperti yang dilakukan oleh Toyota dan Nissan.

Perusahaan Suzuki membeli Steyr-Puch Haflinger yaitu sebuah mobil 4X4 asal Austria yang kemudian dipelajarinya secara seksama hingga mencari tahu mobil tersebut untuk apa kegunaanya. 

Sebelum mereka bertindak terlalu jauh, saat itu sebuah pabrikan mobil di Jepang yaitu Hope Motor Company mengalami kebangrutan dan kebetulan mereka memiliki mobil 4X4 kecil dalam jajaran mobil yang mereka kembangkan tetapi belum diproduksi secara penuh, yaitu mobil  Hope starON360.

Suzuki menciptakan versi ON360 sendiri yang dirancang serupa namun berukuran kecil sesuai dengan peraturan mobii kei-car. Suzulki Jimny pertama yang keluar dari pabrik yaitu Suzuki LJ10 (Light Jeep10). mobil tersebut dibekali dengen mesin dua -silinder 395cc berpendingin air-cooled dan menghasilkan power sebesar 25 bhp. pada tahun 1970 ketika dirilis mobil ini termasuk mobil garak roda 4 pertama yang ada diproduksi. 

Pada tahun 1972 dirilis LJ20 yang lebih bertenaga lebih kencang dari model sebelumnya, dilanjut dengan model LJ50, LJ80 pada tahun 1977. yang dikenal di pasar Jepang sebagai  SJ20. Suzuki LJ80 dibekali mesin berkubikasi 800cc dengan power sebear 42 bhp.

Selama 4 generasi, Jimny telah dikenal dengan sejumlah nama dipasar ekspor yang berbeda. misalna di Australia dikenal dengan nama sierra dan spesifikasinya banyak beruhan termasuk model yang untuk di ekspor. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications