28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Lamborghini Jarama S Yang Terlupakan Kesayangan Ferrucio

Lamborghini Jarama S ini salah satu dari 152 unit yang pernah dibuat, Lamborghini ini dijuluki dengan “Forgotten lamborghini” keberadaaan mobil ini pernah ada diantara mobil-mobil Lamborghini yang terkenal seperti model Miura dan Countach.

Automoto – Lamborghini Jarama seharusnya lebih dikenal oleh para antusias lamborghini, untuk diketahui bahwa Lamborghini Jarama ini adalah mobil favorit dari Ferrucio Lamborghini, Ia lebih suka Jarama dari pada model lainnya lantaran Jarama merupalan paduan yang sempurna antara Miura dan Espada, Mobil milik pribadinya kini disimpan di Museum resmi lamborghini di Itali.

Lamborghini Jarama S merupakan generasi ke-2 dari model Jarama yang dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 1970 bertepatan dengan event Geneva Motor Show 1970 sebagai penganti model lamborghini Islero, yang kemudian pemasarannya dihentikan pada tahun 1976. hanya ada 328 unit model Jarama yang dibangun dan model Jarama S hanya 152 Unit. 

Lamborghini Jarama S

Setelah diperkenalkan generasi pertama tanpa embel-embel huruf S dengan dukungan mesin 3.9 liter dan power yang dihasilkan sebesar 350 bhp. mesin V12 Lamborghini ini dirancang oleh Giotto Bizzarini. dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan yang dialirkan ke roda belakang.

Chssiss yang digunakan adalah chassis dari Lamborghini Espada dengan paduan suspensi independen dan rem cakram baik pada roda depan maupun roda belakang. sedangkan Lamborghini Jarama S diperkenalkan pada tahun 1972 sebagai revisi dari model sebelumnya, tenaganya mencapai 365 bhp lebih kencang dari model standardnya, ini lantaran ada revisi yang dilakukakn pada knalpot dan karburatornya.

Meski menggunakan transmisi manual 5 percepatan namun juga tersedia pilihan transmisi otomatis menggunakan transmisi Chrysler TorqueFlite untuk type Jarama S dan sudah dilengkapi dengan power stearing. Pada Lamborghini Jarama S ini ada beberapa bagian panel body yang dimodifikasi diantaranya kap mesin dibuat lebih ramping, ada ventilasi pada spatbor bahian depan, lampu sein posisinya dirubah dan velg menggunakan lima baut. 

Baik model Jarama maupun Jarama S dipsarkan bersamaan dengan Lamborghini Espada dan Lamborghini Countach yang harganya lebih murah dibanding 2 model tersebut. Lamborghini S jarak sumbunya lebih pendek dan bobotnya juga lebih ringan inilah salah satu yang menjadi alasan Ferrucio Lamborghini menjadikannya sebagai mobil favoritnya. 

Ferrucio terkenal lebih menyukai mobil grand Tourer dari pada supercar, Ia pernah menjadi pembalap sejak awal kehidupannya dan tidak pernah hilang kecintaannya akan mengendari mobil. Ia pernah mengendarai mobil Fiat Topolino yang telah dimodifikasi sendiri di untuk mengikuri ajang Miglia 1948 dan mengendarai mobil tersebut sejauh 1.100 km.

Saat ini Lamborghini Jarama tetap menjadi salah satu pahlawan tanpa tanda jasa bagi kelangsungan perusahaan Lamborhini dan pada umumnya para pemilik model ini, antusias Lamborghini dan pemiliknya pasti memiliki kesenangan dan kebanggaan tersendiri untuk mengoleksinya karena kelangkaannya. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications