25.4 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Fiat 500 L Makin Banyak Di Buru Kolektor Mobil Antik, Minat?

Fiat 500 L tahun 1970, Huruf L disini merupakan singkatan dari ‘Lusso” yang artinya barang lux dari bahasa Itali. Fiat 500 L memiliki fitur beberapa yang telah di upgrade dari fiat 500 standard, dewasa ini sangatlah populer dikalangan para kolektor mobil antik.

Automoto – Fiat 500 dirilis pada tahun 1957 diperkenalkan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas orang-orang Itali setelah perang dunia ke-2. Dante Giacosa selaku Chief engineer mendesain Fiat 500 dengan konsep mobil yang ekonomis, efisien dan sederhana untuk memenuhi kebutuhan transportasi selama masa perbaikan ekonomi Itali.

Ukuran mobil tidak lebih dari 3 meter sehinga mobil ini sangat cocok untuk dikendarai di jalan-jalan kota Itali yang sempit, mobil kecil ini juga muat untuk 4 orang, mobil berbentuk bulat ini interiornya dirancang minimalis dengan fitur atap menggunakan bahan kanvas yang bisa dibuka tutup dengan cepat dan akhirnya model ini menjadi emblem gaya italia pada tahun 1950-an.

Mesin diletakkan dibagian belakang mobil dengan menggunakan sistem pendinginan air-cooled untuk mendinginkan mesin twin-cylinder berkubikasi 500cc, jadi memang mobil ini tidak dirancang sebagai mobil yang kencang, tapi mobil ini dikenal karena sangat hemat bahan bakar dan untuk melakukan servis nyapun tidak sulit. jadi mobil ini dibangun sebagai solusi memperbaiki perekonomian Itali sepanjang masa perbaikan setelah perang dunia ke-2.

Bertahun-tahun diproduksi mengalami beberapa perubahan baik pada desain dan mekanisnya untuk memenuhi keluhan dan kebutuhan para kustomernya dan memenuhi trend pasar, hingga dipertengahan tahun 1970-an produksi sempat terhenti karena adanya pergeseran dinamika pasar dan akhirnya muncul model baru dengan fitur yang lebih modern seperti Fiat 126.

Nah, sahabat Automoto mobil Fiat 500 L salah satu model Fiat L  Mewah yang sangat digandrungi oleh para kolektor mobil antik. Bisa jadi model ini adalah model yang istimewa  karena dilengkapi dengan gerobak tambahan dengan model yang diadopsi bagian depan dan belakang dari fiat 500 , gerobak tersebut berfungsi sebagai bagasi tambahan.

 

Warna body merah dengan interior berwarna hitam serta bumper di chrome baik bumper depan maupun belakang, sementara bagian atap berwarna hitam yang bisa berfungsi sebagai ac alami sekita sun-roof ini dibuka. kecepatan maksimalnya 100km/jam. nah sekarang ini mobil tersebut sedang dilelang di RM sotheby’s dengan tafsiran harga $28.000 – 33.500 Amerika.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications