26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Zorkern Berbasis Buell S1 Karya Custom Works Zon Japan

 Kerja tim yang baik memang menjadi sebuah hal yang indah, salah satu contohnya adalah kerjasama dari bengkel motor  “Custom Works Zon” . Yuichi Yoshizawa asal Nagoya bersama dengan seorang desainer bernama Yoshikazu Ueda asal Kyoto berhasil menciptakan motor kustom keren berbasis Buell. 

Automoto –  Yoshizawa dan Ueda adalah teman akrab semasa di SMA, mereka berdua telah bekerjasama untuk membangun motor kustom sejak tahun 1988, mereka berdua sama sama menyukai otomotif mobil maupun motor, awalnya suka membangun motor kustom karena mereka berdua ingin mengendarai motor yang unik dan keren dari pada motor-motor yang ada,

Keduanya banyak memiliki idea-idea cemerlang dalam urusan menciptakan motor kustom yang keren dan juga mahir dengan pekerjaan yang berhubungan dengan logam, serta suka pula membuat motor lebih kencang. ketika mereka sedang membuat motor kustom tak jarang untuk berbagi masing-masing pendapatnya apa yang terbaik untuk motor yang sedang dikerjakannya.

Yoshikawa mengerjakan pengelasan dan memperbaiki mesin, sedangkan Ueda memikirkan model atau bentuk motor yang dibangunnya. terinpsirasi dari builder asal California Arlen Ness dan Max Hazen dari New York, Yoshizawa dan Ueda berhasil menciptakan motor kustom keren di abad ke-21, Custom works Zon selalu memberikan kejutan-kejutan didunia kultur motor kustom, Bengkel ini mulai terkenal karena salah satu garapan mereka yaitu motor kustom berbasis BMW R18 Project Powerplant. 

Motor kustom yang diberi nama Zorkern ini berbasis motor Buell, Kalau diterjemahkan kedalam bahasa belanda kata Zon ini berarti “Inti Matahari” akhirnya motor tersebut dijuluki oleh Zorkern. Image matahari yang ada ditangkinya tampak tampil sangat menarik. 

Yoshizawa menjelaskan bahwa motor Buell S1 Lightning tahun 1998 ini dipilih karena mesinnya yang sangat bertenaga dan sporty, mesin V-Twin dengan sistem pendingin air-cooled dengan karburator Keihin. satu tahun sebelum membangun motor zorkern mereka sudah pernah memangun motor dengan donor motor Ducati Monster S4R tahun 2015 dengan body menutupi mesin seperti yang dilakukan pada zorkern ini.

Pada motor berbasis Ducati mereka berdua masih belum puas dengan modelnya, sehingga model desain baru dipalikasikan pada zorkern. rangka teralis terbuat dari bahan baja yang unik, dan yang paling menjadi tangtangan bagi Yoshizawa adalah dalam membuat garpu pegas, tangki bahan bakar, desain body dan clip-on serta swing arm. 

Ban yang digunakan yaitu ban Michelin Scorcher 11 dipasang pada pelk berukuran 18 inch dibagian depan dan lebar ban belakang menggunakan ukuran 240. dipadukan dengan kaliper dan master rem besutan Brembo. sementara jok motor terbuat dari bahan kulit yang dipesan dari salah satu perusahaan jok di Nagoya sedangkan untuk dekorasi dikerjakan oleh seorang seniman bernama Mr. G dari Fukuoka.

Alhasil motor tersebut tidak saja sebagai motor pajangan namun semua aspek ada pada motor kustom tesebut, nyaman dikendarai, stabil saat membelok dan pakem ketika direm. setelah puas dengan hasil akhirnya mereka memutuskan untuk menjual motor kustom tersebut. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications