30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Sup Miso Jepang, Rasanya Enak Gampang Buatnya

Sup Miso/ taoco Jepang adalah hidangan dasar yang biasa dibuat oleh ibu-ibu rumah tangga di jepang setiap harinya. berbagai macam bahan biasanya digunakan dalam sup miso.

Automoto – Sup yang paling gampang dibuat adalah sup miso, sup miso sendiri di Indonesia bisa kita dapatkan di beberapa supernarket yang ada di Indonesia. resep rumahan orang Jepang ini bisa saja kita adopsi untuk mengisi kulkas kita, masaknya gampang cepat pula, rasanya yang khas bakal bikin ketagihan, bisa pula untuk bekal makan siang anak ke sekolah. 

Kali ini mari kita coba intip bagaimana orang Jepang masak sup miso. dalam membuat sup miso ini biasanya orang Jepang menggunakan katsuboshi (cakalan serut) yang difermentasi untuk dijadikan kaldu dashi untuk ditambahkan ke sup miso ditambah dengan irisan kentang dan bawang bombay. 

Untuk membuat 4 porsi bahan-bahan yang kita butuhkan yaitu :
  • Honbushi ( cakalan kering ) diserut  12 gram. kalau tidak ada gunakan Katsuboshi
  • Air 
  • Kentang
  • Bawang Bombay
  • daun bawang
  • Miso Bisa didapatkan di supermarket di Indonesia ( super indo) 
  • Topping bisa variasi (tahu Jepang, kol, tauge, labu dll)
Persiapan : 
  1. Pertama, serut cakalan kering ( honboshi) atau lebih gampangnya pakai saja Katsuboshi (bisa didapatkan di toko online) biasanya yang digunakan untuk taburan diatas takoyaki. bungkus honboshi yang sudah diserut / katsuboshi dengan handuk panas selama 10 menit, siapkan penyerut honbushi.
  2. Berikutnya kita membuat kadu dashi, caranya tuang air 900 mililiter kedalam panci kemudian dididihkan dengan api sedang, lalu masukkan katsuboshi dan kecilkan api, setelah direbus selama 1 hingga 2 menit lalu sating kaldu ke mangkok yang sudah disediakan sebelumnya. 
  3. Kupas bawang bombay dan potong-potong menurut selera kita boleh potong panjang atau potong miring dengan ketebalan sekitar 1 cm. setelah itu kupas kentang dan potong dadu dengan ketebalan1 cm. kemudian bersihkan daun bawang dan iris kecil-kecil.
  4. Masukkan kaldu dashi, potongan daun bombay, daun bawang dan kentang kedalam panci dan rebus dengan api sedang. ketika kaldu sudah mendidih kecilkan api dan tutup pancinya. rebus hingga sekitar 12 menit setelah sekitar 10 menit buka tutup panci periksa apakah sayurannya sudah empuk.
  5. Jika sayuran sudah empuk kecilkan api dan masukkan miso sedikit demi sedikit dengan sendok dan aduk dengan rata. besarkan apinya dan ketika sup sudah mendidih matikan apinya, sudah siap di sajikan. 

Cara bikinnya gampang dan cepat, topping bisa bervariasi, biasanya orang Jepang Makannya tidak dicampur dengan nasi, melainkan setelah nasinya habis lalu digaduhnya, topping bisa bervariasi, selamat Mencoba masakan Jepang ini!

Miso wakame (Rumput laut) dan tahu Jepang
Miso dan Kerang
Miso Kepiting

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications