26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Kenapa Ferrari 250 GTE 1963 Dijuluki Gentleman Express?

Ini adalah Ferrari 250 GTE tahun 1963 yang memiliki sejarah yang tidak umum, dibeli pada tahun 1980-an oleh Tim balap Italia utara dan diubah menjadi mobil balap.

Automoto  Ferrari 250 GTE relatif sedikit yang digunakan sebagai mobil balap, meskipun salah satu contoh terkenal adalah safety car di 24 Hours of Le Mans. 

Ferrari GTE 2+2 talah dianggap menyelamatkan Ferarri pada tahun 1960-an karena terjual dalam jumlah besar, membantu menjaga perusahaan tetap bertahan, serta bisa membiayai kegiatan balap mereka.

Oleh karena hal tersebut diatas maka mobil tersebut dijuluki dengan ‘Gentlemens Express” karena kencang dan bermartabat.

Ceritanya, Ferrari 250 GTE dikembangkan atas permintaan Enzo Ferrari sendiri, yang membutuhkan sebuah mobil untuk membawa dirinya, sopirnya, istrinya dan anjing peliharaan kesayangannya.

Saat itu produsen mobil Eponymous hanya membuat dua tempat duduk, hampir semuanya ditujukan sebagai mobil balap.

Apakah cerita ini bebar atau tidak, kita tidak tahu, cerita ini telah diulang berkali-kali dan tidak ada yang tahun pasti dari mana asalnya cerita tersebut.

Tapi ini adalah cerita yang hebat dan mungkin saja benar, Ferrari 250 GTE rancangan Pininfarina akan menjadi salah satu Ferrari terpenting di tahun 1960-an.

Pentingnya Ferrari GTE tidak terkaik dengan kemenangan balapan dan kejayaan yang gemilang di panggung dunia, namun karena volume penjualannya yang besar.

Hampir 1.000 unit model tersebut akan dibuat selama masa proses priduksi, jauh melebihi penjualan Ferrari manapun yang pernah ada. 

sebelumnya dan memerikan aliran dana yang sangat butuhkan oleh perusahaan, pelajaran yang didapat dari Ferrari 250 GTE akan memberikan manfaat yang baik bagi Ferrari.

 Mereka akan mempertahankan produksi mdoel 4 kursi yang mana produksinya hampir tidak terputus hingga jaman modern ini.

Mobil-mobil inilah yang membantu mengisi pundi-pundi perusahaan dan contoh terbaru, Ferrari Purosangue, akan terus melangkah kedepan.

\Mobil model SUV all-wheel drive berukuran besar dengan tempat duduk bisa muat 5 orang, ruang bagasi yang luas dan diharapkan menjadi mobil dengan penjualan yang terbaik.

Ferrari 250 HTE yang ada di photo

Ferari 250 GTE didasarka pada platform Ferrari 250 yang sudah ada sebelunya, juga digunakan oleh tokoh-tokoh besar seperti 250 GTO dan 250 GT SWB. 

Tenaga mesin penjunjang yaitu mesin Colombo V12 versi 3 yang dipadukan dengan transmisi mnual 4 percepatan.

Mesin dan transmisi dipindahkan sedikit kedepan agar ruangan kabin bisa lebih luas lagi. Jarak sumbu tetap sama dengan 250 GT coupe dan cabriolet.

Bodinya lebih panjang 300mm dan lebih lebar 60mm, sefang bobot mobil bertambah 80 kg bila dibandingkan dengan coupe 2 jok.

Ke 4 pelek mobil dipilih yang terbaik dan luar biasa modern untuk era yang masih menyukai tromol belakang. Suspensi depan independen dengan bagian belakang menggunakan poros aktif.

Mesin pendukung adalah mesin V12 3 liter menghasilkan tenaga sebesar 240 bhp pada putaran mesin 7.000 rpm.

Sebuah angka yang signifikan pada saat itu sehingga menjadikan mobil ini merupakan salah satu mobil 4 jok yang tercepat dan harganya terjangkau.

interior tampil mewah dan dirancang dengan baik dengan menawarkan bagian depan dengan jok yang nyaman.

Jok belakang dibuat lebih kecil untuk anak-anak atau orang dewasa dan nyaman baik untuk perjalanan pendek maupun panjang, bagasi juga cukup luas.

Mobil yang ada diphoto adalah Ferrari 250 GTE dari tahun 1963mobil seri III dan masih memiliki mesin yang asli, dibeli oleh tim balap itali pada tahun 1986 dan dijadikan mobil balap.

Tim balap italia Utara berkompetisi dengan mobil tersebut di Targa Florio Classica dan Coppa del Appeninio.

Setelah menganti cat dengan warna merah dan meluangkan aktu untuk dipasang roll bar, pemilik selanjutnya mengembalikan mobil tersebut ke spesifikasi pabrik aslinya  hingga sekaran gini.

Mobil tersebut kini masuk ke biro lelang RM southeby’s pada mulai tanggal 31 Januari di Paris dengan tafsiran harga sebesar 350.000 uero hingag 450.000 euro, lebih detail cek disini                                                                                                      

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications