28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Studio Art Bel&Bel, Membuat Replika Motor Akira Full Listrik

Sejak Semester kedua tahun 2022, Pecinta motor yang menggawangi studio desain dan seni “Bel&Bel” yang bermarkas di Barcelona telah membangun replika motor listrik hybrid dari motor ikonik impian “AKIRA” dalam serial mangga/anime Jepang.

Automoto – Studio Bel&Bel sedang mengerjakan motor replika akira dengan tenaga full listrik dalam jumlah terbatas dan bakal tersedia untuk umum, terutama para penggemar akira.

Manga Epik cyperpunk karya Katushiro Otomo tahun 1980-an berjudul Akira yang muncul di layar lebar sebagai film aksi anime, berlatar masa depan yang mengerikan di Tokyo yang dibangun diloaksi nuklir ibu kota Jepang.

Memberikan nuansa yang agak mirip dengan film “Los Angeles” karya Blade Runner, salah satu karakter utama serial ini adalah pemimpin geng remaja Shotaro Kaneda, yang mengendarai motor Low-rider warna merah mencolok.

Meskipun pemandangan neraka Neo-Tokyo belum munul, terlepas dari setting Akira pada tahun 2019, ada banyak fan build dari motor bertehnologi tinggi Kaneda.

Termasuk  seorang penggemar yang melakukan tour keliling Jepang dengan replika akira pada tahun 2012 yang membutuhkan waktu sekitar 7 tahun untuk menyelesaikannya dengan biaya sekitar 10 juta yen.

Menyusul selesainya wahana yang terinpirasi dari manga seperti monoWheel Z-0ne yang mirip vespa dan Dragon ball capsule No.9.

Sebuah studio desain di Spanyol yang terkenal sebagai pendaur ulang kendaraan ikonik menjadi sebuah karya seni dan juga mengerjakan furnitur.

Studio bel&Bel sekarang ini sedang membangun replika motor listrik kaneda alias Akira dan rencanana akan dibuat dalam jumlah terbatas dan dijual untuk umum terutama para penggemar akira.

Prototipe yang baru saja diselesaikan dibangun menggunakan sasis skuter yamaha Majesty YP 250 yang dimodifikasi dengan diipasang lengan ayun (Swingarm) satu sisi yang ambil dari Honda VFR 800.

Bel$Bel juga melaporkan bahwa prototip tersebut dielngkapi dengan mesin Yamaha 250cc, gerak roda belakang ditambah hub listrik 1.000 W untuk menggerakkan roda depan. 

Replika tersebut dibuat dari nol dan akan diproduksi dalam seri build-in-order dengan harga pesan 410.700.000 rupiah. replika ini menggunakan sasis dari logam dengan panel fiberglass dan serat karbon.

Dilengkapi dengan motor listrik mid-drive 72-V/5000W menggerakan roda belakang melalui gates cabron belt dan dengan 3 mode daya termasuk satu tambahan reverse.

Bel&Bel mempertimbangkan bahwa motor merah yang funky ini akan memiliki torsi sebesar 520 Nm di roda belakang, akselerasi hingga 100 km/jam bakal ditempuh 6 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 150 km/jam.

Meskipun status hukum jalanan dari pameran futuristik ini belum disebutkan, dan spesifikasi tehnologi dapat berubah seiring berjalananya proyek.

Untuk kapasitas baterai belum diinformasikan secara detail, namun dijelaskan bahwa port pengisian daya akan dipasang pada bagian penutup bahan bakar tipe aslinya.

Untuk rem cakram belakang memiliki sistem ABS (opsional) dan lampu LED perimeter terdapat pada bagian pelek berukuran 17 inci bahan alumunium yang dibalut dengan ban motor balap Moto GP.

Panel kontrol digital terlihat seperti aslinya di serial manga, ada lampu pop-up dan pengendara bisa merasakan sensasi dari air suspensi dibagian depan dan belakang.

Sudio art tersebut saat ini sedang mengerjakan dua pesanan dari pihak swasta, setela itu produksi seri terbatas akan dimulai.

Orang-orang yang terrarik untuk memeliki motor Kaneda full listrik ini harus memesan dengan uang muka sebesar 5.000 euro dan sisanya dibayar setelah selesai.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications