27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Ferrari 375 America Vignale Coupe & Convertible

“America” kenapa Ferrari menamakan embel-embel Ferrari America pada mobil Itali-nya, cukup jepas kemana tujuan Ferrari. Kata “Amerika” yang pertama pada mobil Ferrari adalah 340 America dari tahun 1951.

Automoto – Setelah dirilis Ferrari 340 America pada tahun 1951, disusul dengan Ferrari 342 America pada tahun 1952 dan kemudian Ferrari 375 America pada tahun 1953. ketiga mobil tersebut diatas diproduksi berdasarkan 250 Europa GT, dengan model rangka kotak, double wisbones dibagian depan, as rigid dibagian belakang dan menggunakan rem tromol.

Wheelbase direntangkan menjadi 2,8 meter, lalu tentu saja menggunakan mesin yang gede, bukan mesin V12 3 liter yang legendaris dari mobil Colombi, tapi menggunakan versi yang jauh lebih besar dari Lampredi.

Ferrari 375 memiliki kapasitas mesin 4,5 liter, 3 karburator kembar dari Weber (40DCF) dan rasio kompresi 8:1 dan menghasilkan tenaga sebesar 300 tenaga kuda, hanya dibuat sebanyak 11 unit Ferrari 375 America, mungkin diproduksi 7 atau 8 didandani oleh Pinin farina, satu unit oleh Ghia, 2 model coupe dan satu model convertible yang digarap oleh Vignale.

Vignale Coupe

Alfredo Vignale adalah seorang coachbuider mobil hebat, Ia adalah seoerang seniman yang sangat hebat, pertama ia mengambar proyeknya dengan perbandingan 1:1, kemudian mobil tersebut dibuat dengan tangannya serta rekan-rekan yang berbakat secara langsung diatas chassis tanpa template yang detail.

Stan Nowak sebut bentuk penciptaan ini sebagai ’Spontanitas”, Vignale tidak memiliki rencara pasti, improvisasi, dan memiliki keinginan uintuk menemukan solusi yang tepat, diawal tahun 50-an, Ia juta sangat terinspirasi oleh “Mobil Impian” orang-orang Amerika. tetapi ia selalu menemukan banyak hal solusi independen dan khusus (yang saat ini terkadang tampak sangat tidak biasa). 

Ferrari 375 America Coupe yang ada di foto bernomer chassis 0327 AL adalah salah satu dari dua model yang sangat mirip (yang lainnya bernomer 0337 AL). contoh ini difinisihing dengan dua warna yang menjadi ciri khas Vignale (Amaranto/Grey Metalic) dibuat atas pesanan Robert C Wike dari Amerika.

MR. Wike selalu mengenakan topi Coboy, memiliki paddock ferrari sendiri, Ia memiliki 7 mobil Ferrari dikenal sebagai pengemudi yang suka balap hingga tahun 1970-an. mobil tersebut beberapa kali djual setelah Ia meninggal, juga sudaha ada yang di Blackhawk Collection.

Kemudian mobil tersebut tiba di Eropa salah satunya menjadi koleksi Kroymans, hingga keluarga kroymans bangkrut pada tahun 2009, lalu dijual ke Amerika Serikat lagi pada tanggal 22 Januari 2021, Ferrari 375 America ini dilelang di RM Shotheby’s di Arizona, dengan tafsiran 2,4 hingga 3,4 juta dollar dan mobil dengan no chassi 0327 Al di ketok harga 2,557.000 dolalr. 

Vignale Convertible

Lalu ada juga Vignale model Convertible dengan chassis not 0353 AL satu-satunya mobil model hardtop diserahkan kepada Bianca Colizzi, putri dari seorang sutradara terkenal Italia Giuseppe Colizzi.

Mobil berwarna hitam tersebut terdaftar dengan plat nomer Roma 215282 dan wanita muda itu tampaknya tidak terlalu menyukainya, karena tak lama kemudian mobil ini dijual olehnya.

Mobil tersebut terparkir digarasi rumah seorang dokter di Roma dan tidak diperlukan lagi, disana Luigi Musso seorang pilot dari  pabrik ferrari, melihatnya dan kemudian menghubungi Harry Chambersm yang mewakili maskapai penerbangan Amerika TWA di Milan (yang menjadi direktur NASA).

Chambers membeli mobli tersebut, dan digunakan untuk keliling Eropa, lalu menjualnya kepada Joseph Fitch yang mengecatnya menjadi abu-abu metalic, kemudian di cat lagi biru muda. pemilik tinggal tiga lagi, sejak 1998 dilelang Di RM Sotheby’s di Monterey pada tanggal 18-20 Agustus 2022 tetapi belum ada tafsiran harga.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications