34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Chrysler Valiant Charger R/T Tahun 1971 Super Langka

Ini adalah Chrysler Valiant Charger R/T buatan tahun 1971, mobil Australia yang dikembangkan dengan versi modifikasi dari bodi Chrysler A Amerika Serikat, sebagai mobil sport versi Coupe dari sedan 4 pintu.

Automoto – Tidak seperti biasanya, pilihan mesin Chrysler Valiant Charger R/T yang paling bertenga adalam mesin straight-six, yang mengungguli mesin V8 yang jauh lebih besar yang juga ditawarkan dalam model yang menghasilkan tenaga 302 bhp melawan 275 bhp.

Bobot yang lebih ringan dari membantu performa mobil, charger dengan cepat menjadi mepenang balapan. Ketika Valiant Charger memulai debutnya pada tahun 1971, mobil ini menghadapi tugas yang sult, bertarung melawan Ford XY Falcon GT dan Hlden LC Torana GTR XU-1.

Tim tehnisi di Chrysler Australia mengembangkan mobil baru, diberi nama Charger yang diambil dari nama sepupunya di Amerika. dengan platform Chrysler A Body dari Amerika Serikat. mobil ini diberi spatbor yang lebih besar dan poros belakang yang lebih lebar, dan mobil tersebut diberi desain bodi baru yang dibuat secara lokal oleh Bob Hubbach dan Bryan Smyth.

Sekilas mirip dengan model Torana pada era yang sama, tapi opsi mesin paling bertenaga pada Valiant Charger R/T adalah mesin 6 silinder, meskipun hadir dengan dua opsi V8 bagi mereka yang mengingikan torsi tambahan.

Mesin 6 silinder memiiiki tujuh bantalan utama dan sangat kuat, yang berarti perangkat ini akan disetel untuk menghasilkan keluaran tenga daya tinggi yang berkelanjutan tanpa mengurangi kehandalannya.

Hebatnya dengan tenaga 302 bhp, mesin 6 silinder pada charger R/T (Road/Track) adalah salah satu mobil produksi bermesin 6 silinder paling bertenaga yang pernah dibuat, hingga digantikan oleh Porsche 911 Turbo pada tahun 1975.

Kombinasi ini tenaga tinggi dan bobot ringan dibandingkan mesin 5,6 liter “770” V8 menghasilkan konfigurasi penanganan terbaik untuk Valiant Charger, dan itulah yang digunaakan dihampir semua model versi balap.

Valiant charger memenangkan balapan pertamanya, Toby Lee 100 di oran park di Sydney dengan pembalap bernama Doug Chivas, ia menikmati karir balap yang solid di Australia tetapi tidak akan pernah bisa menandingi Torana atau Falcon

Ceritanya akan sangat berbeda diseberang laut Tasman di Selandia baru, namun Valian charger menjadi salah satu mobil balap yang dominan di Negara tersebut pada tahun 1970-an, bahkan mengalahkan Ford XY Falcon GTHO yang dikemudikan oleh Allan Moffat.

Versi Valiant charger reguler R/T memanangkan penghargaan ‘Car of The year” dari Majalah Wheels pada tahun 1971, sebuah penghargaan besar di Australia yang secara signifikan membantu meningkatkan penjualan model tersebut diseluruh negeri, Valiant charger tetap diproduksi dari tahun 1971 hingga 1978 dalam 4 generasi utama yaitu VH, VJ, Vk dan CL.

Valiant charger R/T menjadi salah satu mobil sport yang diproduksi di Australia yang paling berkesan pada tahun 1970-an dan saat ini memiliki banyak pengikut seluruh dunia, dengan harga yang terus meningkat setiap tahunnya. 

Pembeli atau kolektor selalu mencari contoh mobil klasik langka dari Valiant Charger R/T dengan paket opso E37 yang mencakup mesin six Pack yang disetel performanya dan dilegkapi dengan karburator weber triple side-draft.

Mobi Chrysler Variant Charger R/T yang ada diphoto adalah salah satu Cherger R/T yang lebih langka yang dilengkapi dengan paket opsi E37 dari parbirk, sehingga menghasilakn versi model paling bertenaga yang tersedia untuk di beli oleh masyarakat umum.

E27 R/T hadir dengan mesin 4.3 litar straight-six yang diberi Hot cam dan karburator Weber triple side-draft, sejumlah modifikasi performa tambahan dilakukan pada mesinnya sehingga menghasilkan tenaga 302 bhp,

ChryslerVariant Charger R/T ini dilengkapi dengan gearbox manual 4 percepatan sebagai standar, meskipun transmisi otomatis Torquefflite 727 3 percepatan juga tersedia sebagai opsi. mobil berwarna putih yang ada diphoto ini asalah mobi yang sangat langka buatan tahun 1971 sedang dilealng di Melbourne melalui biro lelang Colelcting cars 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications