26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Proyek Motor Kustom Gagal Berbasis Kawasaki KZ250

Persamaan apakah yang ada pada Kawasaki KZ250, Ban Serep mobil dan Jok sepeda? Kalian akan menemukan semua hal tersebut pada motor kustom yang aneh dari Valen Zhou ini.

Automoto – Valen Zhou mengakui bahwa desain motor kustom Kawasaki yang dibuatnya ini tidak terlalu praktis, namun awalnya Ia tidak bermaksud membuat seperti itu. Valen Zhou seorang fotograher dan sutradara kelahiran Tiongkok yang berdomisili di Milan ini telah memadukan gaya yang sangat spesifik dalam pikirannya, tetapi begitu Ia mengalami kendala ia langsung merubah rencananya.

Ideanya dimulai sejak bertahun-tahun lalu, ketika ia melihat balap motor boardtracker yang digandrungi sejak tahun 1910-an hingga 1920-an. karena ia selalu menyukai motor dan sejarah motor vintage, maka ia sangat terpesona, kemudian Ia menonton balap drag race yang mana makin membuat ia terspesona.

Valen punya beberapa ide tentang bagaimana seharusnya rangka motor yang akan dibuatnya, dan bagaimana seharusnya stang motor tetap bisa berfungsi dengan baik, segera menjadi jelas bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, jadi Ia mengubah rencananya, dan memutuskan untuk membuat proyek tersebut sebagai sebuah sepeda motor konsep.

Baginya seluruh motor sebenarnya adalah imajinasi yang ia miliki, ini adalah motor konsep yang ada dalam pikirannya, Ia bukan seorang tehnisi mesin profesional atau seorang desainer sungguhan, tetapi karena Ia menyukai motor, ia hanya ingin mewujudkan ide gilanya bisa terwujud, dan berharap semua orang yang melihat hasil karyanya ini mengatakan keren.

Inti dari motor yang dibangunnya ini terletak pada rangka bajanya, sebagian dibuat dengan mesin dan sebagian lagi dikerjakan dengan tangan, sebagian besar inspirasi datang dari motor-motor yang ada dijalanan.

Rangka dibuat khusus sedemikian rupa seperti yang ad difoto dan sadel dari sepeda gowes, dan pelindung tulang pada tulang punggung rangka berfungsi untuk menambah cengkraman tambahan saat motor melaju.

Suspensi yang digunakan adalah suspensi motor Kawasaki yang dikustom, secara efektif Valen Zhoe mendesainnya seiring berjalannya waktu, pada dasarnya ia membuat suspensi dengan tangan, seperti bermain lego, ia benar-benar merancang sesuai dengan imajinasinya sendiri, jadi ada banyak ide yang bisa ia lakukan dengan suspensi itu.

Roda depan terdiri dari Hub motor Honda CG125, pelek motor biasa dan dipasang penutup roda sepeda gowes aero, ban serep mobil berukuran setengah berfungsi dibelakang dipasang pada lengan ayun satu sisi. hanya ada satu rem, suku cadang motocross juga digunakan dibagian belakang.

Inti dari pembuatan moto kustom ini adalah motor dari Kawasaki KZ250 yang menggunakan mesin tunggal 246cc yang menghasilkan torsi sederhana sebesar 19Nm, mesin inilah yang menjadi alasan lain Valen mengubah arah proyek yang dikerjakannya, tenga mesin tidak cukup untuk mengerakkan chassis yang dibuatnya.

sehingga mesin dimodifikasi dan dipasang knalpot megaphone khusus, bahan bakar disimpan dalam botol alumunium sebagai tangki motor yang dipasang dibawah jok, hal ini tujuannya untuk mengurangi berat motor hal ini terinspirasi dengan sepeda gowes pada umumnya.

Jadi untuk mengisi bahan bakar tabung botol alumunium tersebut bisa dibongkar dan dipasang sehingga sangat mudah untuk mengisi bahan bakar yang menampung sekitar 50ml dan hanya cukup untuk sekali jalan, jadi ia bisa menyiapkan banyak botol dan menggantinya setiap kali habis,

Motor Sprint berbasis Kawasaki KZ250 kustom bikinan Valen Zhou ini sarat dengan detail yang nyentrik, pada bagian stang motor terdapat throttle custom yang menggunakan perseneling, serta tuas kopling terbailk.

Jika kalian mencari kontrol kaki, posisi kontrol kaki jauh lebih tinggi dari motor biasanya, posisi berkendara nungging seperti seorang pembalap sepeda yang sedang melakukan balap time trial dengan gaya membungkuk. memang hal ini sangat tidak nyaman dan sangat melelahkan, Ia menganggap proyeknya kali ini gagal

Tampaknya sia-saia menghabiskan banyak waktu pada sebuah proyek motor kustom (membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya) ternyata hasilnya tidak memuaskan, tapi bukan itu intinya, sekarang setelah Valen zhou membiarkan imajinasinya menjadi liar, ia punya segudang ide motor kustom berikutnya, ia tahu mana yang berhasil dan mana yang gagal. follow instagram valen zhou

images by Valen Zhou

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications