27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Daihatsu Compagno, Mobil Jepang Pertama Yang Dijual Di Inggris

Mobil Jepang petama yang dijual di Inggris bukanlah Datsun, Nissan, Prince, Toyopet, Honda Civic bataupun CVCCC. melainkan Daihatsu Compagno.

Automoto – Daihatsu Compagno adalah satu-satunya kendaraan roda empat kedua yang pernah diproduksi oleh perusahaan Daihatsu, dan pertama kali sampai di pantai Inggris pada bulan Mei 1965, begitu pula dengan Daihatsu kecil dalam varian sedan, coupe, wagon dan juga model Convertible yang diurus oleh Vignale.

Apakah perusahaan mobil tertua di Jepang ini akan menjadi perhatian orang-orang eropa? dimana kebanyabkan dari orang-orang sana lebih mendambakan mobil sport yang mewah.
apakah sebanyak 800 unit mobil yang dilengkapi dengan berbagai peralatan lengkap, termasuk pemanas, kursi yang bisa direbahkan, jendela berwarna, ada jam, pemantik rokok serta radio, namun kenapa mobil Jepang itu tidak mengalami kesuksesan di Inggris.

Perusahaan Daihatsu hanya menjual 6 unit saja dan produksi mobil tidak dilanjutkan lagi hingga pada tahun 1970-an, mengingat Daihatsu telah berhasil membangun mobil Compagno sebanyak 120. unit dalam masa kurun 6 tahun.

daihatsu compagno

Namun apa yang menjadi kendala bagi Daihatsu, Pada tahun 20 Agustus 1965, salah satu majalah otomotif memerikan ulasan yang kurang bagus, antara lain usia mobil tidak akan lama, mobil goyang-goyang, remnya kurang pakem, sering oversteer, saat berelok mobil berisik, akselerasi lambat, harganya mahal, lebih mahal dari Hilman Imp dan Ford Angila yang populer.

Masalahnya saat itu masih banyak pengulas negatif yang tersebar hingga Finlandia dan Australia, bagi Daihatsu ini adalah awal percobaan yang naif, kemudian pada tahun 1966 Toyota Menghadirkan Corona dan pada tahun 1968 Datsun 1000, saat itulah para pengulas mobil di Inggrisb melihat mobil Jepang yang layak, dan industri otomotif di Inggris agak berpuas diri.

Pada kenyataannya, pilihan orang merupakan hak dari setiap penggemar otomotif yang baik dan terhormat untuk menyerap sebanyak mungkin pengetahuan tentang mobil yang ada didalam pikiran mereka. sehingga lambat laun orang orang inggris mempelajari sendiri tentang Daihatsu Compagno, dan akhirnya mobil tersebut terlihat diparkiran kedai kopi. hingga sekarang ini tentunya mobil ini termasuk mobil yang langka keberadaannya.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications