26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Datsun 240Z Super Samuri 1973 Pendongkrak larisnya Datsun Z series

Automoto – Datsun 240Z Adalah salah satu dari series Z coupe yang diproduksi oleh Perusahaan asal negeri Sakura yaitu Nissan mulai dari tahun 1969 hingga 1978, mobil ini diproduksi sebagai mobil sport dimana desainnya terinspirasi dari sebuah mobil konsep yang dirancang oleh Count Albrecht Goertz khusus dirancang bagi perusahaan mobil Datsun pada tahun 1960-an.

Datsun 240Z khusus diproduksi untuk bersaing dipasaran mobil Sport Eropa bersaing dengan mobil-mobil sport seperti MG, Austin healey dan Triumph.

Datsun 240Z ini memiliki fitur mesin straight-six 2,4 liter, single overhead cam yang menghasilkan tenaga sebesar 150 bhp, akselerasi dari 0-60 mph kurang lebih tercatat 8 detik dan top speed mencapai 125 mph atau sekitar 201 km/jam. tenaga mesin dialirkan melalui transmisi manual gerbox 4 percepatan dipadu dengan independent suspensi disetiap rodanya dan dipasang rem cakram, dijamannya Datsun 240Z ini termasuk mobil modern, gesit dan harganyapun terjangkau.

Spike Anderson adalah seorang pemilik bengkel mobil bernama Race head Services spesialis membangun mobil menjadi lebih kencang. Anderson tertarik untuk memodifikasi mobil Datsun 1200 yang memiki power sebesar 105bhp, yang akhirnya melahirkan mobil berjuluk “Samuri” berbasis Datsun 1200 ini, Kata Samuri sendiri terinspirasi dari bahasa Jepang Samurai, lalu Anderson memodifikasi Datsun 240 Z standard menjadi lebih kencang, mobil modifikasi yang dilakukannya menjadi lebih terkenal setelah direview oleh majalah otomotif Inggris.

Momentum ini menjadi kesempatan bagi anderson untuk mengembangkan bengkelnya dengan suntikan dana yang ada Anderson membuka perusahan Samuri Motor Company yang menawarkan mobil modifikasi berbasis datsun Z series serta menjual spare part ke publik.

Varian Datsun 240Z Super Samuri yang di cat dengan warna Orange dan hitam dan dipasang spoiler depan hasil modifikasi bengkel samuri ini dengan cepat menjadi mobil yang sensasional, standard kecepatan mobil yang tadinya 105 bhp dengan kepiawaiannya diubah menjadi 190 bhp sehingga permintaan varian super samuri ini semakin meningkat, tercatat sebanyak 177 unit yang sudah dipesan kustomernya.

Hingga sekarang ini diketahui hanya ada sekitar 40 yang masih terselamatkan keasliannya. mobil Super samuri produksi yang ke 16 dari 177 yang telah diproduksi. mobil ini kerap kali terlihat di beberapa event show mobil klasik di area Suffolk. Mobil ini sudah mengalami beberapa kali restorasi dan hingga sekarang masih terjaga keasliannya, pilhan warna merah nyala dan kap mesin warna hitam ini adalah pilihan dari pemilik sebelumnya. sebagai dampak dari adanya mobil varian Samuri berbasis Datsun Z series ini maka penjualan Datsun 240Z, 260Z dan 280 Z semakin meningkat dijajaran para pecinta mobil klasik dan kolektor mobil. mobil Datsun 240Z Super Samuri yang ada diphoto merupakan mobil langka dan juga yang paling terkenal. pada tanggal 26 Agustus 2023 ini mobil tersebut dilelang dengan tafsiran harga $ 64.200 hingga $ 77.000 melalui biro lelang silerstone auction

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications