29.3 C
Jakarta
Friday, July 19, 2024

Cleveland A2 Motor Perang Paling Terkenal Dimasa Perang dunia pertama

Automoto – Motor Cleveland A2 tahun 1917 ini adalah sebuah motor perang tentara Amerika yang digunakan di Eropa sepanjang perang dunia pertama, motor-motor tersebut terbengkalai di Perancis setelah perang dunia usai, beberapa motor kemudian ditemukan dipinggiran kota Paris dan telah direstorasi sebagai mana aslinya. 

Cleveland A2 adalah salah satu motor yang populer sebagai motor perang angkatan darat tentara Amerika yang digunakan sebagai motor kurir saat perang dunia pertama, motor ini ini tangguh dan mudah dikendarai serta praktis bagi para pasukan kurir dimedan perang.

Perusahaan motor Cleveland didirikan pada tahun 1915 diawal-awal perang dunia pertama mulai pecah, pada saat itu permintaan motor tersebut sangatlah tinggi dikarenakan penggunaan bahan bakar yang sangat hemat dan efisien digunakan di medan perang, hal tersebutlah yang membuat perusahaan ini memproduksi motor tersebut.

Cleveland A2 dirancang dengan mesin 221cc single silinder dipadu dengan sistem pendingin air-cooled, mesin 2 tak ini dilengkapi dengan crankshaft longitudinal, tenaga mesin dialirkan melalui transmisi 2 percepatan melalui rantai, desain tersebut dirancang khusus agar motor ini bisa lebih tangguh disegala medan. tentara angkatan darat Amerika memesan motor ini untuk digunakan sebagai motor perang di Perang dunia pertama sebagai motor kurir dan juga sebagai motor pesaing pabrikan lain seperti  Harley-Davidson, Indian dan Henderson di era tersebut.

Sayangnya perusahaan Cleveland banyak mengalami masalah dalam urusan intern perusahaan, pada tahun 1929 sehingga hampir mengalami kebangkrutan, hampir saja Harley-davidson membeli mesin T-head four-cylinder berkubikasi 598cc namun tidak jadi dibeli karena tidak ada kesepakan antara dua belah pihak.

Perusahaan motor Cleveland Manufacturing Company didirikan oleh Gerge N Adams dan Charles A Mueller pada tahun 1915 di Cleveland, Ohio Amerika Serikat. pada saat itu perkembangan dunia otomotif motor maupun mobil meningkat dengan cepat, alhasil permintaan alat transportasi meningkat secara drastis dari tahun ke tahun. 

Perang dunia pertama pecah dipertengahan tahun 1914, walaupun negara Amerika serikat sendiri tidak mengikuti perang dunia, namun sampai bulan April tahun 1917, mereka men-suply perlengkapan perang untuk  negara Inggris dan perancis serta negara aliansi lainnya. Perang dunia pertama menjadi awal terjadinya perubahan mekanis perang dan salah satunya motor perang cleveland A2 ini yang populer karena ukuran motornya yang kecil, biaya produksi murah serta termasuk motor yang tangguh dan kencang dijamannya.

Motor kurir perang ini merupakan kendaraan vital dimedan perang, digunakan sebagai komunikasi antara komandan, tentara baris depan dan yang mengendarai haruslah tentara yang terampil mengendarai motor. Perusahaan motor Cleveland semakin tumbuh disaat perang dunia baru mulai, dan saat itu memutuskan untuk memproduksi motor dengan desain sederhana namun handal digunakan dimedan perang dan juga bisa digunakan sebagai alat transportasi bagi penduduk sipil Amerika.

Bagi mereka hal ini merupakan sebuah strategi bisnis yang sangat pintar, sehingga perusahaan ini mendapatkan kontrak dari angkatan darat Amerika untuk memproduksi motor perang guna di-suplay kepada negara-negara aliansi Amerika Serikat. diikuti oleh perusahaan motor Harley-Davidson, Indian dan Henderson juga memproduksi motor perang, namun dari semua motor perang itu, motor cleveland-lah yang terbilang paling sederhana dari segi mekanisnya, hal inilah yang membuat motor garapan Cleveland ini menjadi motor populer.

 

 

Pecahnya perang dunia kedua menjadi bombastis bagi perusahaan Cleveland, setelah perang dunia pertama usai, pada tahu 1922 mereka sanggup membeli perusahaan pesaingnya, yang kemudian mengembangkan beberapa mesin baru untuk terus bergelut persaingan dengan perusahaan-perusahaan motor yang ada pada saat itu. Kemungkinan mesin produksi Cleveland yang paling kesohor saat itu adalah mesin T-Head four Cylinder 598cc yang dirancang oleh L.E Fowler mesin ini dipertimbangkan sebagai mesin yang tangguh dan kencang mengalahkan mesin Ace Four yang kemudian mesin ACE ini dibeli oleh perusahaan Indian dan memproduksi Indian Four dengan mesin ACE 4 silinder.

Nah mesin 2 tak 221cc Cleveland A2 bukanlah dirancang sebagai motor balap namun difokuskan sebagai motor yang tangguh di medan perang, bahkan desain mesinnya unik tidak seperti motor-motor yang beradar, dengan layout longitudinal crankshast posisi 90 derajat dan dipadukan dengan transmisi 2 percepatan yang digerakkan ke roda belakang menggunakan rantai. dari tahun 1915 hingga 1980 produksi Cleveland A2 terus diproduksi untuk pasokan angkatan darat Amerika serikat dan digunakan di Eropa dan tidak kembali lagi ke Amerika karena biaya pengiriman ke Amerika sangat mahal selepas perang dunia.

Nah sahabat Automoto motor Cleveland A2 yang ada diphoto ini adalah produksi tahun 1917 yang digunakan oleh seorang tentara Amerika di Eropa selama masa perang dunia pertama, sejarahnya sirna ditelan waktu motor tersebut terbengkalai dijalan pinggiran kota paris, yang akhirnya diambil oleh seseorang dan merestorasinya perlahan-lahan hingga membutuhkan waktu selama kurang lebih 30 tahun dan setelah direstorasi setelah orang tersebut dan anaknya meninggal kemudian motor tersebut dijual kepada sebuah keluarga asal Holland . dan pada akhir juli 2023 baru lalu motor tersebut dilelang melalui biro lelang silverstone auction dengan tafsiran harga $16.800 hingga $19.600 dollar. yang antik-antik harganya memang fantatis. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications