27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Citroen & DS Conservatoire, Surganya Antusias Mobil Citroen

Citroen & DS Conservatoire terletak hanya beberapa menit dari bandara Charles-de-Gaulle, tempat ini adalah harta karun otomotif yang tersimpan sekitar 300 unit kendaraan produksi negara Perancis.

Automoto – Citroen & DS Conservatoire dibuka pada tahun 2001, Conservatoire sendiri adalah fasilitas khusus yang digunakan untuk menyimpan mobil balap, mobil konsep dan kendaraan utilarian serta mobil bersejarah lainnya untuk perusahaan double Chevron yang didirikan satu abad yang lalu sekitar tahun 1919.

Disinilah pengunjung bisa melihat semua mobil kepresidenan, mobil Relu C4 dan mobil Reli ZX yang mendominasi di WRC dan Dakkar, Van C15 yang sederhana, dan segala sesuatu hal lainnya yang dipamerkan di sini yang merupakan hasil kerja keras orang-orang Perancis dan Spanyol.

Koleksi Citroen

Terletak tepat diluar bandara Charless-de-Daulle, yang tidak begitu jauh, sehingga bisa menjadi tempat pilihan untuk menghabiskan waktu saat menunggu jadwal penerbangan yang membosankan. dengan datang ke sini bisa menjadi segar kembali pikiran kita melihat mobil-mobil koleksi yang ada.

Xanthia, Activa dan actiav 2

citroen merah

Begitu memasuki ruangan Conservatoire ini kita bakal disambut 3 mobil berwarna merah tua yang sangat menarik perhatian, mobil konsep Asal Perancis kemungkinan termasuk mobil yang unik, tampak sebuah mobil Xanthia tahun 1986 yang ada dibagian sebelah kanan. mobil konsep ini untuk pertama kali diperkenalkan kepada dunia di Paris Auto Show tahun 1986. 

citroen xanthia

Mobil Konsep ini dibangun berdasarkan subfreme dari mobil AX, dengan kaca depan model Barchetta, jok dari bahan kulit yang dijahit dengan tangan dengan fungsi memori dan warna merah, demikian juga dengan 2 mobil yang ada disebelahnya ada Activa berwarna merah dan Activa 2 yang juga berwarna merak, dengan suspensi hidrolik yang digunakan pada model XM dan Xantia. 

Citroen Oele

citroen eole

Citroen Eole adalah mobil yang dibuat dengan komputer, mobil konsep berbasis Citroen CX ini merupakan kreasi dari mantan Desainer Chrysler Inggris yaitu Geoffrey Matthews yang bertujuan untuk menunjukkan kehebatan Citroen dibidang aerodinamis. dengan faktor CD hanya 0,17, Eole bahakan menyaingi mobil paling ramping yang ada dipasaran saat itu, terutama karena roda tertutup dan suspensi hidropneumatik yang secara otomatis mobil menjadi turun sendiri saat melaju dengan kencang.

citroen eole tampak depan

Mobil ini dilengkapi dengan konsol video game, tv dan bahkan sebuah sistem yang bisa mengidentifikasi sentuhan yang bisa mengaktifkan transmisi, jauh sebelum tehnologi ini diterapkan pada smartphone yang ada saat ini. 

dashboard citroen eole
dashboard citroen eole

 

Model C10
Citroen C10
Citroen C10

Sekilas memang tampak seperti mobil VW kodok, tetapi sebenarnya mobil konsep ini adalah prototip akhir dari model C yang dibuat pada awal 1950-an, untuk menjembatani kesenjangan yang ada dari mdoel Citroen mdoel 2CV  yang harganya murah dan model Avant yang harganya mahal. 

Citroen C10
Citroen C10 dashboard

Mobil kecil model gelembung ini bisa berpenumpang 4 orang dan bodi mobil bergaya tear-drops. sedang model C10 merupakan mobil minivan Citroen dan ide desainnya diambil dari  Xsara Picasso dan konsep lainnya. model pintu berbentuk Gullwing yang semakin menambah kendaraan ini sedikit aneh.

2CV perpsepolis Pop Cross 

citroen 2CV

Andre Citroen memiliki ide untuk menjalankan mobilnya dalam ekspedisi yang sangat jauh ke seluruh dunia sebagai rencana pemasaran untuk menunjukan kehandalan dan kemampuannya. mobil “Crosiere Jaune” ( mobil reli berwarna kuning) akan membawa pengemudinya melewati jalur sutra kuno dari Lebanon hingga Beijing dan Vietnam serta kembali lagi. pada tahun 1971, sebanyak 500 unit kendaraan citroen model 2CV turut berpartisipasi dalam event Paris-Persepolis-Paris di Iran Selatan. 

Mobil dengan nomer 159 dikendarai oleh Pierre Lacasta dan Jean-paul Martin berhasil menduduki posisi ke-7, sebagai penghargaan mereka dihadiahi Citroen 2CV sebanyak 6 unit dan akhirnya mobil pemberian tersebut menjadi bagian dari koleksi Conservatoire ini. 

Citroen Revolte

Frankfurt Motor Show tahun 2009 menjadi tempat diluncurkannya Citroen Revolte, sebuah city car yang diciptakan sebagai reinkernasi dari model Citroen 2CV modern diabad ke 21, yang kini menjadi mobil sport mewah, sebagai pelopor mobil ramah lingkungan, sederhana dan kokoh. mobil mungil mewah ini memberikan gambaran sekilas tentang masa depan mobilitas, berkat drivetrain bertenaga listrik dan kemampuannya untuk dikendarai dengan tenaga full listrik. 

Model Citroen Xanae 

Sebelum model Xsara Picasso, ada model Citroen Xanae, dan sebelum Xanae ada model C10, Citroen Xanae adalah mobil konsep yang melanjutkan jejak dari model mobil gelembung C10 dengan upaya menggabungkan ruang angkut penumpang dengan ukuran sedan dan memaksimalkan ruang interior serta fokus pada proses kreativitas seluruhnya demi kenyamanan penumpang. 

Pintu model Suicide-door dan memiliki pilar B membuat akses keluar masuk Xanae menjadi lebih mudah, untuk ukuran panjang mobil ini berukusan model Hatcback C4, meskipun pintu dan atap model panoramik yang tidak dimiliki pada model Xsara Picasso, model ini diklaim sangat efisien.

Citroen & DS Conservatoire adalah sebuah tempat yang menunjukkan betapa kreatif dan majunya mobil besutan negara Perancis, serta untuk mengenang mobil-mobil konsep dan mobil lainnya yang diproduksi oleh perusahaan Citroen. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications