28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

BMW Motorrad Peringati Anniversary Ke-100 Tahun

The Ultimate Driving Museum 0f BMW CCA Foundation di California Selatan, merayakan ulang tahunnya yang ke-100 tahun BMW Motorrad dengan menyelenggarakan pameran bertajuk “ BMW Motorcycle: A Century of Innovation” yang bakal digelar pada 20 Januari 2024.

Automoto – Di ajang peringatan ulang tahun satu abad BMW Motorrad bakal memamerkan lebih dari 57 motor langka dan bersejarah baik motor maupun motor yang dipasang mesin mobil,  gelaran ini bakal membawa para pengunjung seolah-olah hidup dijaman Motor pertama BMW yaitu BMW R 32 tahun 1923 hingga tahun 2023.

Pameran ini bakal menyoroti Inovasi teknis terdepan di dunia, kekalahan dalam balapan, rekor dunia dan semangat BMW yang mendorong divisi sepeda motor BMW hingga saat ini.  pada bulan Desember 1922, kepala desainer BMW Max Friz membuat desain Motor BMW skala 1:1 di papan gambar. 

Mesin yang digunakan yaitu mesin boxer 4 tak dua silinder berkubikasi 494cc dengan keluaran tenaga sebesar 8,5 HP didukung dengan pendingin udara. motor BMW pertama R 32 diluncurkan pada bulan September 1923 di Jerman Motor Show yang diselenggarakan di Berlin. 

Produksi dimulai pada bulan yang sama di area tempat mesin BMW diproduksi yaitu di lapangan terbang Oberwiesenfeld di Munich, hanya 56 motor yang dibuat ditahun pertama, awal yang sederhana dari produksi motor BMW meluncurkan kisah sukses yang belum pernah terjadi sebelumnya selama satu abad. 

Motor BMW yang dipamerkan di The Ulitimate Driving Museum meliputi mesin tunggal dan boxer pilihan sebelum perang dunia, mesin jalanan dan mesin balap pasca perang dunia, termasuk BMW R 51 Super Sport tahun 1938 yang dilombakan oleh Tim Reid di Isle Man TT tahun 1939 dan menjadi juara.

Motor yang digunakan pembalap Sespan Fath Kneeler tahun 1958 dan motor BMW R 90 S yang menjuarau AMA Superbike tahun 1976 milik Reg Pridmore, dan BMW R 80 G/S yang keliling dunia dan berbagai macam motor langka lainnya bakal menghibur para penonton yang hadir.

Ultimate Driving Museum terletak diseberang BMW Plant Spartanburg, yaitu pabrik motor BMW group terbesar didunia dan tidak jauh dari BMW performance Driving School dan U.S Rider Academy. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications