26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

TVR Cerbera “Speed Eight” Nan Langka

Cerbera dirilis pada tahun 1996 oleh produsen mobil Inggris TVR sebagai mobil GT pasar massal pertama mereka, menawarkan tempat duduk 2+2, dan mesin V8 yang dikembangkan sendiri.

automoto – Cerbera telah digambarkan sebagai mobil grand touring (GT) dan mobil sport, secara efektif memenuhi kedua kategori tersebut, menawarkan interior yang luas dan mewah dikombinasikan dengan handling yang sangat tajam dan kecepatan tertinggi lebih dari 185 mph.

Asal Usul TVR Cerbera

TVR Cerbera dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai kendaraan baru untuk merek mobil sport Inggris yang memiliki daya tarik pasar massal.

TVR pada saat itu terkenal dengan mobil sport 2 tempat duduk yang gagah dan keren, dan kepraktisan yang terbatas.

Kehadiran Cerbera menandai adanya perubahan yang mendasar, ini adalah mobil yang keluarga dengan maksimal dua anak.

Awalnya, Cerbera dikembangkan sebagai latihan penataan gaya oleh desainer TVR. Sketsa awal tampak menjanjikan, dan mockup busa skala penuh disetujui.

karena tata letak gaya masih dinilai kurang, maka diputuskan mobil konsep akan dibuat terlebih dahulu. dan ditampilkan di London Motor Show 1993 – hanya beberapa bulan.

 

Mobil tersebut telah selesai dibuat dan dipajang di stand TVR yang menarik banyak perhatian pengunjung pameran. Pre-order mulai membanjiri dan pada tahun 1994 mobil tersebut berada dalam tahap desain pra-produksi, kemudian ditampilkan kembali di Birmingham Motor Show 1994. yang menghasilkan ratusan pesanan tambahan.

Rencana awalnya adalah menggunakan mesin TVR Power Rover V8 yang sudah ada sama dengan mesin yang digunakan pada mobil Griffith dan Chimaera yang didasarkan pada Rover V8, sama juga dengan mesin pada mobil Buick 215 V8 dari awal tahun 1960an.

Pada titik tertentu selama pengembangan, rencana untuk mesinnya berubah. Diputuskan bahwa TVR akan mempekerjakan insinyur Al Melling untuk mengembangkan mesin V8 yang benar-benar baru untuk mobil tersebut, mesin modern yang akan menggerakkan Cerbera dan menjadi desain mesin in-house pertama TVR. .

Melling sangat terkenal di kalangan balap mobil, ia telah merancang mesin untuk Norton di sejumlah proyek Formula 1 seperti Lamborghini, Chevrolet, Leyton House, dan Benetton.

Dia juga mengerjakan sejumlah proyek luar biasa selama beberapa tahun berikutnya, hampir membeli Rolls-Royce dengan konsorsium investor, dan dia mengembangkan mobil sportnya sendiri yaitu Melling Wildcat.

Mesin rancangan Melling secara internal disebut AJP8 setelah nama Al Melling, John Ravenscroft, dan Peter Wheeler, dan secara eksternal akan disebut TVR Speed ​​​​Eight.

Mesinnya adalah 75º V8 dengan satu cam overhead per bank, blok mesin dan head mesin dari bahan aluminium, poros engkol bidang datar, dan tenaga yang dihasilkan  hingga 440 bhp. Beratnya hanya 121 kg (267 lbs)

Cerbera mulai diproduksi pada tahun 1996, memiliki sasis tulang punggung baja tubular baru, suspensi depan dan belakang independen, rem cakram di keempat sudut, bodi fiberglass ringan, atap tetap, dan tempat duduk untuk dua orang dewasa di depan, dengan dua kursi lebih kecil. di belakang.

Selama masa produksi, Cerbera ditawarkan dengan mesin TVR Speed ​​​​Eight dan mesin TVR Speed ​​​​Six yang lebih baru, dengan kapasitas mesin mulai dari 4,0 liter hingga 4,5 liter, dan tenaga mulai dari 350 bhp hingga 440 bhp.

Perusahaan ini berhasil menjual hampir 1.500 unit selama 10 tahun antara tahun 1996 dan 2006, dan hal yang tidak biasa untuk mobil GT pada saat itu adalah mobil tercepat yang bisa mencapai kecepatan hampir 320 km/jam.

TVR Cerbera 1997 yang ada diphoto

Mobil yang kalian lihat di sini adalah model penggerak kanan tahun 1997 dengan balutan warna Imperial Blue Pearl di atas jok kulit Magnolia, dan ditenagai oleh mesin TVR Speed ​​​​Eight versi 4,2 liter, yang menghasilkan tenaga 360 bhp dan torsi segar 320 lb ft. dari pabrik.

Dilengkapi dengan rem cakram AP Racing, velg 18″, AC, power window, dan CD stereo – sebuah daftar terhormat menurut standar tahun 1990-an.

Beberapa pilihan warna interior TVR era ini mungkin sedikit kurang mengesankan, bayangkan saja bahan kulit berwarna hijau cerah dan karpet oxblood, sehingga pilihan warna krem ​​​​yang dipadukan dengan karpet hitam pada mobil ini akan jauh lebih mudah untuk dijalani sebagai mobil harian.

Cerbera ini baru menunjukkan jarak 11.000 mil di odometer dan ditawarkan untuk dijual di Bring a Trailer out of Thousand Oaks, California dengan dua gantungan kunci, satu set lampu belakang cadangan, dan judul Nevada. tentang hal itu atau mendaftar untuk menawar Anda dapat mengunjungi daftarnya di sini.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications