28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Toyota Supra Generasi Ke-5 2019, Mobil Ikonik Besutan Toyota

Supra dalam bahasa latinnya berarti “Diatas” terbukti menjadi nama yang sangat tepat untuk mobil sport paling terkenal besutan Toyota.

Automoto – Toyota Supra didebutkan pertama dipasaran Jepang dengan nama Celica XX (Celica Supra di Pasaran Luar Jepang) pada tahun 1978. 

Ini adalah versi Celica yang lebih panjang, lebar dan lebih bertenaga, dengan mesin enam silinder dan tampilannya pun lebih mewah.

Mesinnya ditingkatkan sehingga Toyota Supra menonjol dari Celica Lainnya, mesin 2,6 liter inline-6 silinder menjadi mesin produksi pertama Toyota yang dilengkapi dengan injeksi bahan bakar eletronik. 

Toyota Supra tersedia dengan transmisi manual dan otomatis, dengan 4 suspensi independen dan dilengkapi rem cakram disemua roda  dan menjadi standar dari kendaraan ini.

Mulai tahun 1982, Supra generasi ke-2 hadir dengan desain yang benar-benar baru, berdasarkan Celica generasi ketiga dan tersedia dalam 2 model yng berbeda yaitu Tipe L dan performance, Supra menerima perbaikan mekanis baru.

Mesin 5M-GE yang diperbaharui dipertahankan berkapasitas 2,8 , tapi sekarang sudah menggunakan double overhead camshaft (DOHC). 

Versi L-Type dan Performance secara mekanis identik, dengan perbedaan yang terbatas pada masalah estetika, trim bumper, pelek dan bal yang lebih lebar, dengan interior sporty.

Model tahun 1984 menerima modifikasi mekanis sedikit untuk versi yang dilengkapi dengan manual transmisi, dengan rasio kompresi lebih tinggi dan diameter asupan udara lebih besar.

Perubahan besar berikutnya terjadi pada pertengahan tahun 1986 ketika Supra, generasi ke-3 akhirnya mendapatkan identitasnya sendiri. 

Supra tidak lagi menjadi bagian dari jajaran Celica, ditawarkan dengan mesin DOHC 3.0 liter tetap mempertahankan rem cakram di ke empat rodanya dan suspensi sepenuhnya menggunakan suspensi independen dari pendahulunya.

Pada tahun 1987, Toyota menambahkan model turbo ke jajaran Supra 1987 tersedia dengan atap model targa sport sebagai pilihan agar bisa merasakan udara dengan atap terbuka saat mengendarai mobil.

Dengan pengecualain perubahan kecil, perubahan besar berikutnya terjadi pada tahun 1993, genarasi ke-4.

Ketika Supra memasuki ranah mobil super sport juga tersedia dalam versi Turbo, Supra baru ini mengalami perubahan yang radikan dari supra kegenarsi ke-3

Performanya kini menjadi yang penting, dan langkah-langkah penurunan bobot mobil juga diterapkan, dengan tenaga sebesar 320 HP.

Sebagian besar didesain ulang dan karena peraturan emisi yang semakin ketat, transmisi manual 6 percepatan pada mobil turbo dihilangkan.

Transmisi otomatis 4 percepatan yang dikontrol secara eletronik tetap tersedia di versi Turbo, transmisi ini menampilkan mode pemindahan manual yang memungkinkan pengemudi untuk memiih gigi manual, tetapi juga menyediakan mode otomatis penuh.

Demikan pula perubahan kecil dilakukan pada interiornya, pada tahun 1997 transmisi manual 6 percepatan diproduksi kembali.

Supra generasi ke-4 yang telah lama ditunggu-tunggu tampil dengan kap panjang dan ornamen garis, terinspirasi dari 2000GT.

Penggunaan material ringan membantu para insyinyur memangkas bobot mobil hingga 100 kg dibandingkan dengan pendahulunya.

dilengkapi dengan mesin 3 liter yang bertenaga dengan supercharger ganda, Supra ini meraih berbagai kesuksesan  antara tahun 1995 – 2003.

Termasuk berpartisipasi dalam Le Mans 24 Jam yang ikonik, Pikes Peak dan beberapa ajang balap internasional lainnya. 

Hingga akhirnya pada tahun 2019, dirilis informasi tentang latar belakang tentang Supra A90 generasi ke-5 yang terbaru.

Toyota Supra baru tampil perdana di ajang pameran Detroit Auto show kemudian di Nort American International Auto show  yang dihelat di Detroit.

Dengan estetika yang mriip dengan konsep GR Supra Racing, Prototipe versi kompetisi masa depan yang dihadirkan pada bulan Maret 2018.

Supra baru menggunakan mesin 6 silinder turbocharged dari BMW 3.0 liter dengan tenaga maksimaj 340 HP dan torsi 500 Nm disalurkan ke gardan belakang dengan transmisi otomatis dual-cluth. 

Seperti yang telah di gembar-gemborkan , ada pembicaraan tentang versi yang dilengkapi dengan mesin 2.0 liter bertenaga 250 HP turbocharged.

Yang dibambahkan GRMN yang lebih radikal, dikembangkan oleh tim Gazoo Racing, cabang kopetisi merek tersebut.

Sebagai tambahan untuk konfiramsi, bahwa mobil tersebut memiliki versi yang akan berpartisipasi dalak kejuaran GT Jepang, JGTC dikategori utama, Super GT 500 mulai tahun 2020. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications