28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Suzuki V-Strom 800DE & Adventure 2024

Suzuki V-Strom 800DE dan V800DE Adventure 2024 adalah sepeda motor touring adventure paling berkemampuan untuk diajak berpetualang di jajaran Suzuki.

Automoto – 2 Suzuki ADV yang hampir sama ini termasuk dalam kategori adventure kelas menengah yang kaya dengan beragam pesaing mulai dari kelas atas.

Performa mesin berorientasi off-road dari pabrikan seperti KTM dan Husqvarna hingga sepeda motor yang lebih serba bisa dari Kawasaki, Honda, Yamaha. 

Suzuki V-Storm 800DE diperkenalkan pada tahun 2023 dan kedua model tersebut menjadi Hit, hadir dengan suspensi serta sistem kelistrikan yang kompetitif, dengan fitur mesin  Parrallel-Twin yang sangat menyenangkan saat dikendarai.

Suzuki 800DE
Harga Suzuki V-Strom 800DE standar dibandrol 180-an Juta

Harga model standar Suzuki V-Strom 800DE tahun 2024 dibandrol $11.599 atau sebesar Rp 180.189.885 dan hadir dengan warna Champion yellow No.2 dan Pearl Tech White model baru.

Sedang harga V-Strom 800DE adventure 2024 sebesar $13.049 (Rp 202.573.904) dan hadir dengan skema warna metalic Matte Steel Green, dilengkapi dengan tas sadelbag 37 liter yang mudah dibongkar pasang, ada fitur skid plate dan aksesosris bar pada stang sebagai pelindung saat terjatuh sehingga bisa melindungi bodi motor bagian depan. dan warnanya saja yang berubah dari model tahun 2023.

Suzuki V-Strom 800DE adventure 2024
Suzuki V-Strom 800DE Adenture dilengkapi dengan tas sadel alumunium 37 liter yang bisa dibongkar pasang, skid plate, dan aksesoris bar
Mesin

Dapur pacu twin DOHC berkubikasi 776cc fuel injection ini dilengkapi dengan bore dan stroke 84 X 70 mm dari tiap pasang Piston, yang bergerak bolak balik pada poros engkol, serta dilengkapi dengan firing yang dipasang pada kemiringan 270 derajat sehingga menghasilkan suara yang luar biasa. V-Twin dipasang 90 derajat. poros penyeimbang mesin diberi nama dengan sebutan ‘ Cross Balancer” yang menghaluskan getaran serta bunyi motor memiliki karakter sendiri.

V-strom 800DE diklaim memiliki tenaga sebesar 83 HP pada putaran 8.500 rpm, cukup kompetititf di kelas menengah, 11 Hp lebih besar dibanding Yamaha Terene 700, namun tidak sebanyak BMW F 800 GS  yang diklaim tenaganya sebesar 90 HP, dan KTM 890 Adventure diklaim sebesar 105 HP, Aprillia Tuareg 660 diklam menghasilkan power sebesar 80 HP.

Bagian yang terpenting dari motor ini adalah respon throttle dan Torsinya, setelah di uji kelayakannya, memang benar Suzuki V-astrom responnya throttle dan torsinya cukup baik dan dinamis.

Dengan resping yang mudah dikendalikan yang membantu pengendarai menemukan traksi dipermukaan yang longgar dan membuat orang tersenyum  dengan performa Roll-on nya, 

suzuki V-strom 800DE transmisi
transmisi 6 perceptan dengan fitur slipper/assist cluth

Sejauh ini mesin tersebut telah bisa kita lihar di V-Strom 800s dan GSX-8S dan GSX-8R tahun 2024 yaitu motor sport dengan fairing penuh. Transmisi 6 percepatan dilengkapi dengan kopling multiplate slipper/assist.

Pada saat diselerasi, motor ini dirancang untuk memperlancar dan mensatbilkan motor saat anda merasa motor anda menjadi lebih lambat. 

Kelistrikan 

Suzuki V-strom 800DE dan Adventure model 2024 memiliki paket rider-aid electronic yang sangat komoetitif dikelasnya, Interface utama dan panel instrumen dilengkapi dengan layar TFT berukuran 5 inchi dengan informasi indikator perpindahan gigi dan ada soket USB internal.

suzuki V-strom 800DE dashboard
Monitor tft 5 inchi memberikan informasi staus berkendara, dilengkapi pula colokan usb

Suzuki menyebur alat bantu ini dengan sebutan Suzuki Intellegent Ride System (SIRS) mode mengendara ada 3 mode, sehingga pengendara bisa mengatur sendiri menurut seleranya, bisa agresif bisa lembut.

Selain itu motor ini sama sama mendapatkan fitur ABS, Suzui memeiliki Bantuan RPM rendah yang membantu motor tidak mogok, semua pencayahaan menggunakan lampu LED.

Warna baru Peral Tech white 2024
Chassis/suspensi

Suzuki V-Strom 800DE dan Adventure 2024 menggunakan rangka motor dari bahan baja, berbeda dengan suzuki V-storm 1050 dan 650, padahal banyak motor keluaran di jaman modern ini menggunakan bahan alumunium.

Tetapi kali ini mereka menggunakan bahan baja, karena biaya, daya tahan dan kemampuan perbaikan saat dilapangan lebih mudah, terutama pada model adventure.

frame Suzuki V-strom 800DE, pada bagian belakang terdapat baut yang menyatukan subframe

V-strom 800DE sudut kemudinya sekitar 28 derajat dan trailnya 4,5 inchi spesifikasi ini konsisten agar stabil dan lincah sebagai motor adventure.

Jarak sumbu roda relatif panjang hal ini meningkatkan stabilitas sebesar 61,8 inchi sehingga lebih lega untuk pembonceng.

Garpu motor yang digunakan yaitu garpu merek Showa yang cocok untuk off-road karena ground clearence besar.

V-Strom 800DE diklaim memiliki bobot 507 pond, lebih berat dari motor Honda transalp 750 dan Yamaha Tenere 700, tetapi lebih ringan dari KTM 890. 

bagian atas garpu showa untuk mengatur posisi tinggi rendah garpu
Rem 

Meskipun spesifikasi rem Nissin relatih sederhana, kaliper depan menggunakan 2 piston yang dipasang secara axial.

Sedang kaliper belakang menggunakan pot tunggal sehingga masih maksimal untuk mengehentikan motor.

Rem cakram depan berdiameter 310 mm, sedang bagian belakang 260mm, dan dilengkapi sistem ABS

Overview 
tampak atas

Model V-Storm 800DE dan Adventure tetap menjadi penawar model adventure dari produsen suzuki yang paling berkemampuan untuk diajak Off-road.

Mesin Twin-Parallel 766cc baru, membantu membedakan motor ini dengan performa dan karakter yang luar biasa.

Motor ini adalah Bintang sejati dan menjadi motor yang menyenangkan untuk dikendarai…selamat mencoba. 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications