27.8 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Subaru 360 Tahun 1968, Kei-car Imut Yang Terlupakan

Ketika nama Subaru terdengar dalam perbincangan, kebanyakan orang akan langsung teringat pada mobil Impreza yang mendominasi di era 90-an, lengkap dengan branding anka 555 dan Colin McRae yang legendaris yang berada dibelakang kemudi.

Automoto – Pada umumnya, apa yang akan mereka pikirkan tentang Subaru 360, mobil bergenre Kei-car mungil dan imut-imut di akhir tahun 1950-an. Tanpa menghilangkan keimutan-nya mobil kecil ini juga sudah terbilang sebagai mobil klasik dan langka, pun demikian mobil ini juga sangat menyenangkan untuk dikendarai keliling kota.

Bagi kalian yang tidak atau belum mengetahui bahwa mobil ini pernah ada, itu suatu hal yang bisa dimaafkan, tidak banyak dari mobil Subaru 360 yang terselamatkan, dulunya banyak dipasarkan di Inggris antara tahun 1958 hingga 1971.

Tetapi bagi mereka yang ingin mengendarai  mobil yang diproduksi selama 13 tahun mungkin akan memburunya sebagai mobil koleksi, bahkan ada orang yang sangat mengandrungi mobil ini bisa jadi berburu hingga ke Jepang.

Subaru 360 merupakan mobil gerak roda belakang dan mesinnya juga berada dibelakang, mobil 2 pintu ini seperti mobil Porsche 356 atau mirip dengan VW kodok, walau mesinnya kalah tenaga dibanding dengan kedua mobil tersebut. perlu diketahui bahwa Subaru 360 adalah mobil pertama kali yang diproduksi.

Subaru 360 dibuat berdasarkan peraturan mobil kei-car di Jepang dimana pemerintah menetapkan ukuran maksimum kendaraan, kapasitas mesin dan out put daya untuk tujuan pajak dan manfaat asuransi.

Subaru 360 dibuat dengan ukuran kecil dan mesin 2 tak inline twin cyilnder berpendingin air-cooled. Mobil ini dijuluki dengan “Ladybug” dan di Jepang sendiri sangat populer waktu itu.

Subaru 360 di ekspor ke Amerika namun gagal penjualannya karena berkenaan dengan tenaga mobil yang dikeluarkan, sama dengan mobil klasik Jepang lainnya, lama kelamaan  mobil-mobil terssebut mulai terkenal. mesikipun tenaganya hanya 16bhp.

Bobotnya ringan dan tersedia dalam beberapa model body, termasuk model Van convertible dan versi 5 pintu. bahkan ada versi “performa” dengan transmisi 4 percepatan, dan model young SS  model terbaru dilengkapi dengan karburator solex ganda sehingga menghasilkan power sebesar 36bhp. 

Mobil yang ada diphoto adalah model overtop produksi tahun 1968, mobil ini dulunya di kirim ke Inggris pada tahun 2016.

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications