28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Mazda Autozam AZ-1 Mini Sport Car Langka

Automoto – Mazda Autozam AZ-1 adalah salah satu mobil kei-car (mobil Kecil) yang yang dikategorikan sebagai mobil sport, mobil ini dipertimbangkan sebagai mobil unik yang pernah diproduksi sepanjang sejarah  otomotif mobil. 

Memiliki mobil antik atau kuno sungguh merupakan sebuah kebaggaan tersendiri bagi si pemiliknya, terlebih  lagi bila mobil tersebut langka dan memiliki sejarah tertentu, bila kita lihat di venue pameran-pameran mobil tentu akan menjadi sorotan bagi para pengunjung. misalnya mobil mazda autozam ini

Pernahkan kalian mendengar mobil yang berlabel Autozam Z-1 ini? Autozam Z-1 besutan tahun 1980-an ini bila kita amati model dan style -nya terinspirasi dari model Ferrari testarossa, Delorean DMX-12 jika kita amati desain pintu model Gulwingnya dan jendela sampingnya, siluetnya terinspirasi dari mobil Fiat X1/9 serta tone warna birunya yang diambil dari warna Ferrari 512BB.  dari gabungan 4 jenis mobil sport inilah terwujud Autozam Z-1. 

Di Jepang mobil-mobil kecil (kei-car) ada aturan-aturan khusus soal ukurannya, bobot mobil serta ukuran kubikasi mesinnya, biasanya mobil-mobil kei-car relatif berukuran kecil dan digunakan diperkotaan atau daerah urban, mesin yang digunakan tidak lebih dari 700 cc.

Awalnya Prototipe Autozam AZ-1 ini dikembangkan oleh Suzuki, kemudian diambil alih oleh pihak perusahaan Mazda karena pada saat itu Suzuki fokus pada mobil kei-car ‘Cappuccino”. Proyek pengembangan Autozam digawangi oleh Toshihiko Hirai yang dulunya juga sebagai tim pengembang Mazda MX-5 atau yang lebih dikenal dengan Miata. 

Apa yang terjadi bila spek-spek desain dan mekaniknya dari beberapa mobil-mobil sport ternama didunia digabungkan dan dijadikan mobil dengan ukuran kecil, jawabannya ada pada Autozam Z-1 ini. Setelah secara resmi diambil alih oleh Mazda maka sejak awal tahun 1992 mobil ini dirilis, dimana orang-orang menganggap mobil ini adalah sebuah mobil sport mini.

Prototipe aslinya yang dikembangkan oleh Suzuki AZ-1 ini dibekali dengan mesin Suzuki RS/1 yang sudah dikembangkan pada tahun 1985 yang kemudian tercipta mesin baru RS/3.  Suzuli memutuskan untuk tidak memproduksinya secara massal, karena mereka harus fokus pada Auzuki Cappuccino. karena kedekatan hubungan baik antara perusahaan Suzuki dan Mazda maka proyek tersebut diambil alih oleh Toshihiko Hirai.

Tim Mazda kemudian mengembangkan versi asli mereka yang berlabel AZ-550 Sport dengan 3 konfigurasi yang berbeda antara lain Type A, Type B dan Type C. yang akhirnya dipilih Type A yang diproduksi secara massal. sementara untuk Type B di kembangkan sebagai versi “High-Tuned Pure Sports” dan Type C diroduksi dengan desain body dibuat berbeda dan dijadikan sebagai protoipe tipe mobil sport balap mini. 

Dalam masa proses produksinya chassis mobil digarap di pabrikan Mazda yang ada di Inggris, panel luar body mobil terbuat dari bahan plastik, sedangkan panel bagian dalam terbuat dari bahan baja, sehingga bobot mobil keseluruhan sekitar 720 kg.

Sedang kan mesin pendukung yang diguanakan yaitu mesin mid-mounted double Overhead Cam, 12-valve, dilengkapi dengan Turbocharged three cylinder F6A besutan mesin Suzuki yang menghasilkan tenaga sebesar 66 bhp, tenaga dialirkan ke roda belakang melalui transmisi gearbox 5 percepatan. setelah melakukan review dan pengamatan secara teliti, Z-1 dijual sebanyak hampir 1000 unit dalam waktu 1 bulan.

Hingga pada tahun 1994 tercatat sebanyak 4.392 yang telah diproduksi, bersamaan dengan itu Suzuki juga ikut memasarkan Z-1 versi sendiri yang dilabeli Suzuki Cara dan hanya terjual sebanyak 531 unit saja.

Nah sahabat automoto, Mobil Autozam Z-1 besutan tahun 1993 berwarna Siberian Blue dan Venetian Grey dan interior berwarna hitam dan biru ini, sudah dilakukan modifikasi dan diupgrade beberapa sparepart nya termasuk salah satunya Bonnet Mazdaspeed dengan air intake yang lebih lebar, knalpot diganti dengan knlapot bahan baja steinless, dan coilover menggunakan Navi Street Coilover. 

Dijepang sendiri sudah jarang terdengar kabar mobil Autozam Z-1 ini di jual atau dilelang, namun baru-baru ini seorang kolektor asal Inggris mengumumkannya mobil tersebut untuk berpindah tangan kepada pemilik barunya melalui biro lelang online yaitu collectingcar dan terjual dengan harga 13.780 poundsterling atau sekitar

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications