28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Ferrari Dino 246 GT L Series, Khusus mengenang Mendiang anak Enzo Ferrari

Automoto – Ferrari Dino 246 GT L Series tahun 1970 ini adalah mobil ferrari yang sangat langka, pasalnya mobil ini secara personal dibangun oleh Enzo Ferrari sendiri dan mobil tersebut sangat berarti bagi Enzo Ferrari.

Dibuat khusus sebagai penghoramatan bagi mendiang anaknya yang bernama Alfredo “Dino” Ferrari. Dino adalah ahli waris dari perusahaan Ferrari yang telah bekerja dengan ayahnya, namun sayangnya diusianya yang ke-24 Dino wafat karena serangan gagal ginjal. 

Hal ini sungguh merupakan sebuah pengalaman yang tragis bagi Enzo Ferrari lantaran ditinggal oleh anak kesayangannya, namun dari kejadian ini, akhirnya Enzo membuat sebuah desain mobil yang sangat terkenal dijamannya yaitu Dino 246 GT. 

Tercatat ada sebanyak 357 unit mobil Ferrari Dino 246 GT  pada tahun 1970 hingga tahun 1972, L Series pada tipe ini menjelaskan bahwa mesin yang digunakan adalah mesin V6 2,4 L yang mengahasilkan keluaran tenaga sebesar 195 HP dan siap diadu melaman Porsche 911 atau dengan mobil-mobil pesaing lainnya. 

Berbeda dengan mobil-mobil Ferrari yang lain, Versi Dino ini tidak ada logo yang menjadi ciri khas dari mobil-mobil ferrari, ya Logo Kuda Jingkrak tidak ditemukan pada bagian cap mesin depan, pada stir mobil bahkan pada peleknya, namun semua di branding dengan kata “DiNO” dan pada saat itu DIno series L ini dipasarkan secara terpisah atau bukan sebagai deretan mobil Ferrari yang di jual secara official. Bagi perusahaan Ferrari sendiri series ini merupakan sebuah mobil yang langka sepanjang sejarah mobil Ferrari, terlebih lagi bagi Enzo Ferrari sendiri. 

Pada proses pembuatannya Desain rancang bangun Ferrari Dino 246 GT tahun 1970 ini dirancang oleh sekelompok orang-orang desainer mobil kawakan di abad ke-20. ada Pininfarina seorang desainer mobil-mobil klasik Ferrari hingga akhir tahun 1960-an dengan ciri khas desain yang aerodinamis, menyenangkan dan fungsional serta sporty demikian pula dengan desain interiornya yang tampak sporty walau terbuat dari bahan logam dan kulit dipadu dengan indikor gas yang besar. 

 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications