27.8 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Hal-hal Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Mengendarai Motor Listrik

Automoto – Ditengah maraknya motor-motor listrik dipasaran yang akhir-akhir ini banyak dipamerkan dan dipromosikan pada event-event atau pameran otomotif, seperti di GIIAS, IIMS dan lain-lainnya bahkan di ajang internasional sekalipun. motor listrik ini merupakan solusi yang cepat dalam menjawab masalah soal hemat bahan bakar, dengan menemukan dan mengembangkan meotor listrik.

Akankan motor-motor listrik ini kedepannya bakal mengganttikan keberadaan motor-motor pada umumnya diatas aspal, bahkan dalam kehidupan kita sehari-haripun ditengah kemacetan jalan banyak terlihat motor-motor listrik yang digunakan oleh banyal orang bahkan ada yang digunakan sebagai ojek online. 

Pengalaman Berkendara Motor Listrik

Berpetualang dengan mengendarai motor listrik ini tentu saja bakal memberikan pengalaman baru dalam dunia motor, yang biasanya terdengar suara mesin dan kadang terlihat asap yang keluar dari kenalpot, namun mengendarai motor listrik yang nyaris senyap tidak mengeluarkan suara serasa tidak sedang mengendarai layaknya sebuah motor, bahkan mungkin akan terasa seperti terhipnotis sensasinya, dan saat kita mengendarai motor akan terasa nyaman dalam kecepatan tertentu dan kita akan merasakan satu pengalaman yang menyenangkan, suara angin yang terhempas pada wajah kita menambah sebuah pengalaman yang lebih menyenangkan. 

Tapi bagaimanapun juga suara mesin yang senyap ini dan bahkan hampir tidak terdengar ini bukan berarti tidak ada resiko tapi hal ini mungkin juga sebagai kelemahan dari kendaraan listrik pada umumnya. mungkin keberadaan kendaaraan kita tidak terdengar oleh kendaraan lain, bahkan kita sendiri yang mengendarai motor listrik tidak mendengar suara motor listrik yang ada di belakang kita, jadi saat kita mengendarai motor listrik tentu juga harus memasang kewaspadaan yang lebih. 

Kalau kita berbicara tentang performa motor listrik ini, dengan menggeber gas secara cepat saja akan melaju dengan dengan cepat, berbeda dengan motor manual pada umumnya dimana ada proses untuk meraih kecepatan tertingi dengan melewati pergantian ger dari gigi 1 ke gigi selanjutnya. mengendarai motor listrik ini ibarat kita mengendarai skuter listrik, tinggal mengendalikan stang dan mengegasnya saja.

Keuntungan apa yang kita dapatkan saat mengendarai motor listrik

  • Tinggal ngegas saja motor sudah bisa jalan dengan mudahnya, sama seperti naik skuter
  • suara mesin senyap, ketika di stell pada pengaturan armed, motor listrik ini benar-benar senyap jadi tinggal kita tinggkatkan kepaswapadaan kita saat menarik gas jika tidak hati-hati bisa bisa motor nya saja yang meluncur sendiri
  • Torsi otomatis berkerja, beberapa detik kita menarik gas mesin listrik ini, torsi secara instan otomatis bekerja, berbeda dengan motor yang berbahan bakar bensin yang membutuhkan waktu akselerasi.
  • Mesin motor listrik tidak memiliki engine brake, standard dari mesin motor listrik ini tidak dilengkapi dengan fitur engine brake.
  • Saat berada di turunan, maka kecepatan motor akan naik sama seperti kita menaiki skuter sehingga kita pasti akan merasakan motor melaju lebih kencang saat diturunan.
  • mengendarai motor listrik ini akan berasa lebih bebas  selain ramah lingkungan juga tidak menyebabkan polusi suara kebisingan

Hal penitng yang perlu diperhatikan sebelum mengendarai motor listrik 

Setidaknya sebelum kita mengendari motor listrik maka setidaknya kita harus mengetahui beberapa hal dibawah ini: 

    1. Memahami dasar-dasar sop dari motor listrik tersebut: dengan mempelajari dan memahami fungsi dari setiap tombol kontrol dan fitur-fitur yang ada akan lebih mudah dan menyenangkan saat kita sudah mengendarainya, spare part yang ada pada motor listrik tidak sekomplek motor-motor biasa, sehingga interface yang ada sangat simple, posisi tombol power, throttle control, rem tangan dan beberapa komponen  tambahan lainnya biasanya settingannya dirancang unik modelnya.
    2. Prioritaskan Keselamatan berkendara : prioritas keselamatan berkendara baik itu mengendarai motor biasa atau motor listrik kita harus mengutamakan keselamat, gunakan helm yang tepat, sarung tangan, jaket, sepatu boot atau celana yang layak untuk berkendara, karena seperti yang telah dijelaskan diatas motor listrik ini torsinya instan, biasakan dan latihan mengontrol tarikan gas yang pas agar motor tidak meluncur dengan kencang saat kita mulai menaikinya, pastikan menarik gas secara pelan-pelan dulu saat memulai mau  menjalankan motor
    3. Kuasai saat melakukan tehnik pengereman. usahakan mengerem dengan secara perlahan-lahan jangan melakukan pengereman mendadak  karena biasanya pada motor listrik ini memiliki fitur sistem pengereman regenerative dimana pada saat melakukan pengereman mesin membutuhkan power saat mengurangi laju kecepatan motor, jadi dengan menguasai dan mempelajari prosedur pengereman maka energy batery akan berfungsi secara efisien dan menambah kenyamanan dalam berkendara motor listrik dan tidak mudah terjungkal saat mengerem.
  1. Mengetahui jarak tempoh motor listrik yang digunakan, karena motor listrik ini digerakkan dengan batery serta memiliki jarak tempuh maksimal jangan sampai kita kehabisan batery di tengah perjalanan, cari tahu tempat-tempat untuk malakukan pengisian ulang batery sebelum melakukan touring atau riding dengan motor listrik.
  2. Cari tahu lokasi tempat-tempat untuk mengisi baterai dan prosedur pengisian batery dari motor listrik yang kita gunakan, jangan lupa membawa kabel-kabel kelengkapan pengisian baterai yang asli dan bawa pula adaptornya, pelajari lama pengesian baterai karena pengisian baterai yang terlalu lama bisa menyebabkan ledakan
  3. Pastikan mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta memberi signal saat kita menikung, tetap fokus dan memperhatikan kendaraan lain.
  4. Pastikan merawat motor listrik sesuai dengan anjuran buku panduan, pastikan baterai sudah  diisi dan tekanan ban juga harus diperiksa apakah sudah sesuai dengan panduan yang diterangkan pada buku manual dan lakukan service berkala sesuai yang dianjurkan oleh pabrikan.

Hal-hal yang tidak perlu dilakukan dengan motor listrik: 

  • ganti oli : tidak perlu dilakukan karena motor listrik tidak memiliki intern combustion seperti pada mesin berbahan bakar bensin
  • Tidak perlu melakukan tune up pada carburator
  • perawatan kopling juga tidak dibutuhkan karena biasanya motor listrik memiliki fitur direct-drive system, sehingga kopling tidak diperlukan
  • tidak perlu mengganti busi karena motor listrik tidak ada businya
  • pengecekan knalpot juga tidak perlu karena motor listrik tidak memiliki knalpot
  • tidak perlu melakukan pemanasan mesin 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications