29 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

Sejarah Berpetualang Naik Motor Pertama Keliling Dunia

Lebih dari ratusan tahun lalu, Pria dan wanita pemberani mengendarai motor mereka dan berpetualang naik motor dengan tujuan yang tidak diketahui. Saat itu kegiatan itu masih belum dikenal orang, mereka adalah para perintis dan penjelajah sejati, siapa-siapa saja orang-orang pertama yang melakukan perjalanan dengan motor, simak terus di automoto.

Automoto – Lebih dari seratus tahun lalu, seorang anak berusia 22 tahun mengendari motor Henderson tahun 1912, melepas topi nya lalu meninggalkan Dublin, New York Amerika serikat,  untuk berkeliling dunia dan menjadi Petualang naik motor pertama.

berpetualang naik motor
naik motor henderson 1912

Saat itu Berpetualang naik motor benar-benar tidak pernah terdengar sebelumnya, masih belum ada asuransi jiwa, tidak ada GPS, pom bensin dan internet. Ia sendirian dengan hanya membawa peta yang telah buram warnanya dan belum di petakan, bahkan dibeberapa negara ada yang tidak memiliki pom bensin atau bengkel motor.

Saat ini banyak berita-berita petualang motor yang sering kali bisa kita lihat di postingan-postingan instagram atau sosmed, namun di jaman dulu mereka membawa pistol yang diikat dipinggang seperti layaknya coboy untuk melawan bandit ditengah perjalanan.

Jika dibandingkan dengan jaman sekarang berpetualang naik motor tentu saja berbeda dengan dulu. berikut ini kita akan ceritakan siapa-siapa saja orang pertama yang berpetualang mengendari motor pertama dari beberapa negara semog bisa memberikan inspirasi. 

1913: Carl Stearns Clancy Keliling dunia dengan motor Henderson Four tahun 1912

Bayangkan duduk diatas motor bermesin uap, mengenakan jas dan dasi dan mengarahkan roda depan motor ke arah Afrika yang jaraknya sekitar 18.000 mil melalui Eropa, Afrika dan Amerika. tidak ada sumber daya, tidak ada bantuan apapun, serta tidak ada petunjuk seperti GPS atau Google map seperti sekarang ini. kira-kira apa yang akan terjadi.

Pada tahun 1913, satu tahun sebelum perang dunia pertama, mesin pengering rambut, handyplast, senapan angin dan insulin masih belum ditemukan, tetapi Carl Stearns Clancy pada usianya yang ke 22 tahun, berangkat mengendarai motor yang tidak secanggih motor-motor jaman sekarang melintasi negara-negara  yang jalannya saja belum ada.

Motor yang digunakan yaitu motor Henderson Four 934cc tahun 1912 dengan 1 percepatan tanpa rem depan, power yang dikeluarkan sebesar 7 bhp dan saat itu motor tersebut diiklankan sebagai motor tercepat dijamannya. 

Dari Dublin, Clancy berkendara kea arah selatan melalui Eropa ke Tunisia, dia mencapai kecepatan tertinggi sekitar 65 mph di Aljazair, namun terpaksa harus mengendorkan gas karena matanya berair. kemudian perjalanan dilanjut ke India dan Sri Langka Lanjut Malaysia, Singapore, Hongkong, dan Shanghai. 

Clancy membeli helm pesawat di Jepang, mengirimkan motornya ke Franciso dan pulang ke New York. Perjalanan epik selama 10 bulan ini mengokohkan nama Calncy sebagai petualang motor asli dan pertama yang mengelilingi dunia. 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications