26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Skoda Tandai Seperempat Abad Di WRC

Tahun 2024 ini menandai 1/4 abad bagi Skoda di WRC, dengan beberapa upayanya jauh lebih berhasil dibandingkan dengan yang lain.

Automoto – Skoda belum tentu merupakan nama pertama yang kalian pikirkan ketika berbicara tentang Reli mobil, Pabrikan tersebut tidak bisa mengklaim gelar juara dunia dalam jumlah besar seperti Lancia dan Citroen.

Atau menjadi bagian dari persaingan yang mendebarkan melawan Mitsubishi dan Subaru, Skoda tidak selalu hadir dikompetisi papan atas seperti Ford atau Audi.

Namun, Skoda didedikasikan untuk olahraga Reli Mobil, tahun 2024 ini menandai tahun ke-25 Skoda menampilkan mobilnya dikejuaraan Reli Dunia, sesuatu yang dirayakan saat musim baru dimulai dengan Reli Monte Carlo.

Kembali ke peristiwa yang sama pada tahun 1999, mobil Skoda WRC pertama memulai debutnya, Octavia, ini adalah era keterlibatan pabrikan mobil yang sangat besar.

7 Tim pabrikan menurunkan mobil turbo 4X4 dikelas atas, dengan 3 tim lainnya yang menjadi gila, mesin gerak roda depan yang disedot secara alami di sub-kategori Piala Dunia 2.0 liter.

Melawan kompetisi ini, octavia, tidak terlalu heabat, Skoda hanya berlari setengah dari 14 putaran pada tahun itu, namun meskipun demikian, tim tersebut mencetak total 6 poin.

Mereka menjalankan Octavia hingga pertengah musim 2003, yang terbaik hasilnya datang ketika Armin Schwarz membawanya ke posisi ke-3 di Safari Rally 2001.

Skoda Fabia WRC

Mungkin segalanya akan memaik dengan beralih ke Fabia yang lebih pendek dan lincah. Tidak ada jalan keluar, Fabia WRC bernasib lebih buruk lagi. 

Yang terbaik bisa dilakukan oleh tim pabrikan skoda adalah ke-6 di Corsica pada tahun 2005, dan pada akhir musim itu, mereka mundur.

Fabia sebenarnya akan melakukan beberapa perbaikan sebagai sebuah mobil yang dikelola secara pribadi pada tahun 2006 dan 2007.

Berhasil beberapa kali finish diperingkat ke-5, namun hanya meraih satu podium dalam waktu 7 tahun,.

Kenyataan pahitnya adalah bahwa kegigihannya dengan kelas teratas WRC tidaklah sukses.

Masalahnya adalah ada lebih banyak hal di WRC selain kategori paking atas, tepat dibawahnya ada WRC-2.

Sejenis mobil balap 4×4 yang setara dengan formula-2, Skoda kemali ke kategori teratas tapi satu ini dan segalanya menjadi lebih baik bagi mereka.

Generasi Fabia 

Menjalankan berbagai versi Fabia generasi ketiga, tim pabrikan Skoda memangkan kejuaraan setiap tahun 2015 hingga 2019.

Dengan entri pribadi dijalankan fabia meraik beberapa gelar lagi sejak itu.

skoda fabia R5

Untuk tahun 2014, versi terbaru Fabia Rally2 yang diperkenalkan tahun ini, sekali lagi akan mendapatkan penghargaan keseluruhan di WRC-2.

Versi ini juga memiliki penekanan baru pada keberlanjutan, menggunakan bahan bakar netral karbon dan komponen biokomposit tertentu.

yang paling mengesankan adalah komitmen jangka panjang Skoda untuk mendukung olahraga Reli,.

Terutama di level Junior, mereka telah melakukannya selama beberapa dekade.

Kembali ke tahun 90-an dan mobil seperti Felicia dan Favorit sangat tangguh di level group terbawah bahkan sebelum itu.

Mobil yang sudah lama terlupakan Yaitu 130 LR bermesin belakang, mampu mengalahkan mobil group B yang jauh lebih bertenaga berkat sifatnya yang sederhana dan kokoh,.

Jadi mungkin skoda layak mendapat perhatian lebih sebagai salah atu nama mobil reli yang terhebat.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications