26.5 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Shelby Cobra CSX1000 Legendaris Siap Pindah Kepemilikan

Mobil Shelby Cobra CSX1000 ini merupakan salah satu dari  25 unit  yang pernah dibuat, seri ini merupakan seri kelanjutan resmi dari Shelby Cobra asli dari tahun 1960-an yang disetujui Shelby, dengan tenaga yang disediakan oleh 427 inci kubik V8.

automoto – Dikenal sebagai AC Cobra, Shelby Cobra adalah mobil sport Anglo-Amerika yang dibuat bersama Carroll Shelby dan timnya memodifikasi AC Ace dari Inggris dengan Ford V8 dengan beberapa peningkatan dan menjadi salah satu roadster tercepat pada masanya dan melegenda.

Carroll Shelby melihat AC Ace untuk pertama kalinya di 24 Hours of Le Mans pada tahun 1959. Pada saat itu Shelby berkompetisi sebagai pembalap Aston Martin DBR1 bersama pembalap Inggris Roy Salvadori.

Shelby Cobra

Meskipun Shelby dan Salvadori naik podium dan memenangkan hadiah utama di Le Mans, dan kemenangan dibeberapa kelas lainnya dalam kategori kapasitas mesin lebih rendah dan tenaga lebih kecil.

Salah satunya dikelas GT 2.0, mengendarai mobil bermesin di bawah 2.0 liter. Kelas ini dimenangkan pada tahun 1959 oleh pembalap Inggris Ted Whiteaway dan John Turner yang mengendarai AC Ace.

Shelby pasti sudah mengetahui potensi dari mboil Ace ini,  Hanya dalam lima tahun Shelby  pensiun dari dunia balap dan menjadi produsen mobil sport terkenal, menggunakan AC Ace sebagai platformnya.

Lahirnya Shelby Cobra 

Shelby Cobra

Pada tahun 1961 Shelby menghubungi Charles Hurlock dari AC Cars di Inggris dengan ide untuk menggunakan bodi dan sasis Ace, tetapi menambahkan drivetrain Amerika.

Hurlock setuju untuk memberikan Ace tanpa mesin secara kredit, mobil itu dikirim ke California, ke garasi tempat Shelby menyewa ruang dari Dean Moon.

Chevrolet menolak untuk menyediakan mesin V8 untuk mobil tersebut, karena khawatir hal itu akan membuat penjualan Corvette merosot , jadi Shelby malah mengamankan pasokan Ford V8.

Ford mengirimkan sepasang mesin V8 baru mereka ke garasi, dan AC Ace tanpa mesin tiba beberapa saat kemudian. Moon dan Shelby memasang transmisi manual 4 kecepatan Ford V8 dan Borg-Warner T-10 ke dalam mobil, dan lahirlah Shelby Cobra.

Shelby Cobra

Cobra pertama dilengkapi dengan mesin Ford 260 kubik inci V8 dan mobil berikutnya menggunakan mesin yang lebih tinggi 289 inci kubik dari mesin yang sama.

Mulai tahun 1965, Cobra 427 ditawarkan dengan sebagian besar direkayasa ulang termasuk sasis baru, suspensi dan rem yang ditingkatkan, serta bodi dimodifikasi agar sesuai dengan roda dan ban yang lebih besar.

Cobra 427 adalah salah satu mobil sport paling menggelikan di tahun 1960-an, menawarkan tenaga 425 bhp dan 480 lb-ft pada mobil yang beratnya hanya 1.068 kg.

Bahkan saat ini, hampir 60 tahun kemudian, Cobra 427  merupakan kendaraan analog paling ekstrem di dunia.

Shelby Cobra CSX1000 

Mobil yang kalian lihat di sini adalah salah satu dari 25 contoh Shelby Cobra CSX1000, yang memulai debutnya di awal tahun 2000-an. Semua mobil ini memiliki bodywork aluminium buatan tangan dari Inggris dengan mesin Ford 427 V8.

Sama seperti aslinya, Cobra lanjutan ini memiliki fitur antara lain sasis baja tubular yang kaku, suspensi depan dan belakang independen, pipa samping.

Tempat duduk untuk dua orang, sabuk pengaman, roda kemudi berbingkai kayu, dan roll hoop di belakang pengemudi.

ke-4 roda menggunakan rem cakram, velg 15″ bergaya Halibrand dengan ban Goodyear Eagle Sport Car Special, dan dashboard mengusung ciri khas Carroll Shelby.

Mobil tersebut sekarang ditawarkan untuk dijual di Brownsburg, Indiana di Bring a Trailer. Hebatnya, mobil ini hanya mencatat jarak 45 mil pada odometer sejak dibuat sekitar 20 tahun yang lalu.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications