27.8 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Ferrari Shelby Series 1 Supercharger Dilelang

Automoto – Bagi Carrol Shelby mobil Ferrari Shelby series 1 Adalah salah satu mobil yang paling penting hingga sekarang sepanjang sejarah otomotif mobil dan ketenarannyapun tidak diragukan lagi. mobil ini hanya diproduksi sebanyak 249 unit dalam masa kurun waktu produksi mulai tahun 1998 hingga 2005, Ferrari Shelby ini satu-satunya mobil yang dirancang sendiri oleh Carol Shelby mulai dari nol.

Diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1999 sebagai mobil pertama yang dirancang dan didesain oleh Carrol Shelby, sedangkan mobil-mobil generasi sebelumnya hanya melakukan modifikasi dari mobil yang sudah ada. Ferrari Shelby Series 1 ini merupakan visi dari shelby sebagai model mobil sportcar yang ideal. ide rancangan mobil tersebut diilhami oleh mobil yang dirancang oleh Bruce Canepa dengan mobil roadster klasik dengan sentuhan modern yang memiliki bagian hidung mobil yang panjang dan bagian belakang mobil berukuran pendek dengan model atap terbuka.

Dibekali dengan mesin mobil Aurora 4.0 liter  V8 yang menghasilkan tenaga gerak sebesar 320 bhp dan torsi 290 lbs. tenaga mesin ini dialirkan ke roda belakang melalui transmisi manula ZF-6 percepatan. dengan rasio perbandingan kombinasi tenaga dan bobot mobil kurang lebih 1.116 kg ini menghasilkan akselerasi 0-60 mph ditempuh dalam catatan waktu 4,4 detik dan meraih kecepatan tertinggi 170 mph atau 270 km/jam.

Chassis mobil Ferrari shelby series 1 ini dibuat dari bahan alumunium monocoque 6061 dengan metode cutting-edge tahun 90-an yang telah terbukti kuat dan dan ringan. berdasarkan keputusan yang dibuat oleh general motor untuk memproduksi mesin aurora V8, Shelby mulai meningkatkan mesin tersebut dengan ditambahkan supercharger agar lebih kencang lajunya sehingga power yang diraih setelah adanya penambahan supercharger tersebut menjadi 450 bhp dan diputuskan untuk memproduksi Shelby series 1 ini sebanyak 249 unit saja.

Ferrari Shelby series 1 ini merupakan imajinasi ulang dengan sentuhan modern dari model Shelby Cobra keluaran tahun 1962, dimana kedua mobil tersebut memiliki model yang sama yaitu sebagai model mobil roadster dengan mesin V8 gerak roda belakang dan lebih fokus pada bagian kenyamanan mengendara. Pengembangan Shelby Series ini diawali pada tahun 1994, proses pengembangan kendaraan tersebut sangatlah kompleks dan banyak membutuhkan waktu serta biaya dari apa yang telah dibudgetkan.

Desain mobil dikerjakan oleh seorang ahli pembuat mobil berbakat yaitu Bruce Canepa dengan mesin standard ditahun 1990-an yang nangkring diatas chassis berbahan monocoque alumunium 6061 dengan panel model honeycomb  berbatasan dengan lantai mobil serta dipasang panel model rocker untuk menambah kekuatan mobil.

Panel body dibuat dari bahan kombinasi carbon fiber dan fiberglass yang dilaminating untuk menghasilkan pengurangan bobot mobil secara maksimal, suspensi menggunakan coilover remote resevoir damper yang digerakkan oleh rocker arms, untuk sistem pengereman menggunakan rem çakram baik pada roda belakang maupun depan, untuk hibguran bagi pengendara mobil tersebut dilengkapi dengan sistem audio am/fm/cd yang mungkin pada jamannya fitur ini jarang digunakan pada kebanyakan mobil.

Dari sebanyak 240 unit yang telah diproduksi ini dikabarkan bakal ada versi series 2 nya namun hingga sekarang tidak kunjung diproduksi, nah sahabat automoto mobil Shelby series 1 yang ada diphoto ini adalah salah satu yang terselamatkan yang keberadaannya ada di negara Itali, pada odometer mobil ini tercantum sejauh 4.487 mil masih dilengkapi buku manual yang tertera tandatangan Carrol Shelby dan dokumen-dokumen asli lainnya. pasalnya sekarang ini mobil tersebut sedang dilelang di situs collectingcars 

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications