28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Selamat tinggal, Maestro Marcello Gandini Desainer Supercar Hebat

Marcello Gandini, salah satu desainer mobil paling berpengaruh di abad ke-20, telah meninggal dunia. Mari kita ucapkan selamat tinggal dengan melihat kembali beberapa kreasinya yang paling ikonik dan visioner.

automoto – Marcello Gandini adalah seorang desainer mobil Italia yang lahir pada tanggal 26 Agustus 1938 di Turin, kota motor Italia. Dia mengembangkan minat terhadap mobil pada awal tahun 1950-an dan dengan cepat mulai membuat sketsa mobil di waktu luangnya.

Ceritanya, sketsa Gandini pertama kali muncul ketika seorang teman mempekerjakannya untuk menggambar bodi baru untuk OSCA 1500 Barchetta yang ia balapan keliling Italia. Bodi menakjubkan yang digambar Gandini kemudian dibuat oleh cochbuilder berpengalaman dan dipasang ke sasis Barchetta.

Gandini bekerja dengan pembuat bus kecil Italia sampai dia merasa memiliki cukup pengalaman untuk melamar pekerjaan di Bertone pada tahun 1963.

Awalnya dia ditolak, tetapi pendiri perusahaan Nuccio Bertone memilih pemuda tersebut untuk menggantikan Giorgetto Giugiaro sebagai kepala desain Bertone pada tahun 1965.

Proyek pertama yang dikerjakan Gandini saat berada di Bertone adalah Lamborghini Miura, dan dia kemudian merancang (atau membantu merancang) lebih banyak Lamborghini termasuk Espada, Jarama dan Urraco, serta mobil untuk Alfa Romeo, Fiat, BMW, Maserati dan Ferrari.

Selain mobil produksi, Gandini juga berperan dalam pembuatan daftar panjang mobil konsep seperti Autobianchi Runabout, Lamborghini Marzal, dan Lancia Stratos Zero (gambar di atas).

Selama berada di studio Bertone, desainer kelahiran Turin ini menciptakan beberapa mobil sport paling ikonik di tahun 1960an, 1970an dan 1980an, seperti Alfa Romeo Carabo dan Montreal, Lamborghini Miura, Countach, Marzal dan Espada, Lancia Stratos Zero, Maserati Khamsin, Ferrari 308 GT/4, dan prototipe Bugatti EB110.

Mengutip alasan pribadi, Gandini mengundurkan diri dari Bertone pada tahun 1980 dan membuka studio desain di Turin.

Selama tahun 1980-an ia mengerjakan beragam mobil mulai dari econobox Renault Super 5 hingga Lamborghini Diablo, dan masih banyak lagi di antaranya. Yang mengejutkan, Gandini juga turut andil dalam merancang helikopter Heli-Sport CH-7 dan truk tugas berat Renault Magnum.

Meskipun Gandini dikaitkan dengan beberapa supercar Italia paling eksotis yang dibuat pada tahun 1960an dan 1970an, ia mengungkapkan kepada Automobile Magazine dalam sebuah wawancara tahun 2009 bahwa ia tidak terlalu peduli dengan mobil eksotik kelas atas dan umumnya mengendarai mobil ekonomi kecil.

Pada saat wawancara dia mempunyai hatchback sub-kompak Mitsubishi Colt di garasinya, Tak heran jika Marcello Gandini dipuji dan dijuluki sebagai “the father of the wedge-shaped supercar” ┬ádan salah satu desainer mobil paling berpengaruh sepanjang masa.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications