28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Aston Martin DB2/4 Satu-satunya Didunia Buatan Bertone

Aston Martin DB2/4 Coupe oleh Bertone, ini adalah satu-satunya yang pernah dibangun, walaupun ada pula yang dibangun dalam model convertible, mobil ini sudah direstorasi sepenuhnya.

Automoto – Aston Martin DB2/4 dirilis pada tahun 1953 sebagai pengganti DB2, di desain oleh seorang desainer muda berusia 17 tahun bernama John Turner. DB2/4 sudah diupgrade pada kaca depan, bumper depan dan belakang yang lebih besar, posisi lampu depan dipindah dan bagian belakang dibuat model Hatchback.

Aston Martin DB2/4 dibekali dengan mesin W.O Bentley yang dirancang oleh Lagonda Straith-six 2,6 liter bertenaga 125 bhp. pada tahun 1953 kapasitas mesin ditingkatkan menjadi 2,9 liter dan bertenaga 140 bhp, kecepatan tertinggi mencapai 120 mph.

sama seperti pendahulunya DB2/4 menggunakan chassis yang tidak menyatu dengan bodi, sehingga menguntungkan bagi desainer untuk membuat bodi mobil yang unik. bodi utama dari mobil ini dibangun oleh Mulliners  of Birmingham yang kemudian dipindah ke Tickford di Newport of Pagnell, David Brown sipemilik perusahaan kemudian membeli Tickford untuk memproduksi Aston Martin tetapi dibawah pengawasannya.

Pada tahun 1955 Aston Martin merilis DB2/4 MK II, para pembeli bisa mengupgrade mesin dengan valve yang lebih besar dan kompresi rasio hingga 168 bhp, dan bisa juga memodifikasi ekteriornya.

Aston Martin DB2/4 ditawarkan dalam 2 model bodi, yaitu model 2 penumpang yang mereka sebut dengan “Sport Saloon” dan model Drophead Coupe dengan fitur convertible yang dilengkapi dengan folding roof sehingga mobil akan terasa seperti Coupe ketika atap di tutup.

Aston tetap memproduksi DB2/4 selama 4 tahun antara 1953 hingga 1957 dan setelahnya diganti dengan Aston martin DB Mark III. dalam sejarah otomotif mobil perusahaan Gruppo Bertone asal Itali yang terkenal dengan Bertone, membuat desain kastem Aston martin dengan karya-karya yang menakjubkan pada tahun 1950-an yang digarap oelh Stanley “Wacky” Arnolt. 

Arnolt sendiri adalah seorang pengusaha asal Chicago, ia mendapatkan julukan Wacky setelah membeli sebuah boot yang diberi nama Sea-Mite, Ia mendemonstrasikan mengendarai kapal boot kecil tersebut dari St. Joseph, Michigan menuju Chicago melintasi danau Michigan, aksi stunt yang ia lakukan sangatlah menarik perhatian para awak media dan mereka memberi julukan Wacky.

Dalam perjalanan ke Turin Auto show tahun 1952, event ini adalah event otomotif yang paling bergengsi saat itu, dan disanalah Ia bertemu dengan Giovanni Bertone pendiri Gruppo Bertone orang paling penting di dunia desain otomotif di Italia. 

Akhirnya mereka berdua menjadi teman dan Arnolt melakukan kontrak kerjasama untuk mendesain dan membangun sejumlah mobil, yang akhirnya di jual ke Amerika, mobil pertama memodifikasi mobil keluaran MG yang kemudian diikuti mobil-mobil Aston Martin, kemudian Bentley dan Bristols.

Mobil Arnolt-Bertone akhirnya menjadi mobil ternama yang banyak diincar oleh para kolektor mobil karena keindahanya, kelangkaannya dan cerita dibalik mobil-mobil itu sendiri. diantara mobil Aston yang paling berharga adalah mobil asli buatan Arnolt-Aston sebelum Aston Martin mengambil alih dan menghentikan proyeknya setelah mobil ke-3 dibangun.

Jumlah Total sebanyak 7 buah mobil yang dipesan kepada Arnolt, sementara bertone mendesain Aston-Martin dengan chassis DB2/4 dan 6 model convertible termasuk satu unit model Coupe. mobil yang kalian lihat di photo ini selama beberapa tahun diberitakan hanya ada 8 mobil yang masih terselelamatkan,

Semua mobil Bertone Aston di desain oleh Bertone’s Franco Scaglione, mobil-mobil tersebut menjadi trend setahun kemudian, semua mobil dibekali mesin 2.6 liter dengan keluaran tenaga  125 bhp, dan mobil-mobil tersebut sampai sekarang masih ada. Mobil yang ada diphoto adalah satu-satunya Aston Martin DB2/4 Coupe yang didesain oleh Bertone dalam kondisi aslinya walau berusia hampir 70 tahun.

Dipercayai bahwa mobil ini adalah pesanan dari Henri Pigozzi ,  Pendiri Societe Industrille de Mecanique et Carrosseroe Automobile, yang terkenal dengan sebutan Simca. mobil ini direncanakan sebagai mobil garapan pertama untuk versi limited edition, tetapi memang akhirnya hanya mobl ini yang terselesaikan. jadi mobil ini adalah satu-satunya didunia.

Kemudian mobil tersebut dipamerkan di booth Bertone di acara Turin Motor Show pada tahun 1957 dan 1958.  dengan dibangunnya mobil ini berharap Aston Martin memproduksi DB4. setelah beberapa dekade kemudian mobil tersebut beberapa kali pindah tangan hingga akhirnya dimiliki oleh seorang dan meminta seorang ahli Aston Martin untuk restorasi  secara keseluruhan di California.

Dan Kini mobil tersebut telah kembali seperti semula yang dipamerkan di Pebble Concours d’Elegance 2023 serta membawa pulang piala kebanggan, dan sekraang ini mobil tersebut ditantang unutuk ikutan Councours d”Elegance 2024 Villa d’Este.

kabar baiknya baik para pengemar mobil klasik terutama Aston martin kalia aja ada yang ingin memilikinya, mobil tersebut masuk lelang di RM Sotheby’s hingga tanggal 8 Desember 2023, ditafsir antara $1.000.000 hingga 1.600.000, ada yang mau pasang Bid klick di sini 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications