34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Nakajima Shiro : Motor Custom Itu Pertemuan antara Seni dan Tehnik

Nakajima Shiro seorang builder Asal Jepang yang selalu bersemangat dan terus berhasrat untuk membuat motor yang sempurna dan hal ini telah menjadikannya salah satu pengrajin terbaik dibidangnya.

automoto – Nakajima Shiro Punggawa Bengkel 46 works yang berlokasi diperbukitan Prefektur Yamanashi karya-karyanya selalu tampil unik dan berbeda yang mengutamakan estetika dalam menciptakan sepeda fungsional dengan keindahan yang luar biasa. dengan  pengerjaan yang hati-hati dan sangat detail.

Di kalangan pecinta motor kustom, Nakajima Shirō tidak perlu memperkenalkan diri lagi. Sejak bergabung dengan dunia khusus ini, reputasinya dalam keahlian dalam mengubah mesin retro Eropa telah membuatnya menjadi pemimpin di bidangnya.

Bengkel 46works berlokasi di kaki Pegunungan Yatsugatake di Prefektur Yamanashi, Ia terbiasa bekerja dalam suasana isolasi, menghabiskan waktu berbulan-bulan hanya fokus pada membangun dan merawat motor kustom karyanya.

Orang-orang bebas mengirimkan email kepadanya jika ada pertanyaan, dia merahasiakan nomor telepon dan alamat tokonya untuk meminimalkan ganggua namun harus diingat bahwa Nakajima tidak menerima servis umum biasa.

Hanya menggunakan keahlian dan kreativitasnya untuk proyek-proyek besar. orang yang ingin menghubunginya bisa menjumpainya di pameran tunggal “Zenkai ka ina ka”  (Full Throttle or Nothing).

Diadakan di sebuah galeri di Tokyo dan menampilkan lima sepeda motor miliknya kreasinya, acara ini menarik lebih dari 2.000 pengunjung dari seluruh Jepang selama 10 hari penyelenggaraannya.

Nakajima pertama kali menjadi terkenal di dunia motor kustom bersama Ritmo-Sereno, sebuah toko khusus yang ia dirikan di Tokyo pada tahun 2001.

Di sana ia dan sekelompok kecil karyawannya membuat dan menjual suku cadang asli dan mengerjakan pesanan semi-kustom serta menyediakan layanan mekanik umum.

Namun seiring dengan berkembangnya toko, Nakajima menyadari bahwa urusan bisnis menuntut perhatiannya yang lebih besar, sehingga waktu untuk membuat sepeda semakin berkurang.

Dan Meninggalkan toko di tangan stafnya yang cakap, Nakajima pada tahun 2014 berkemas dan pindah ke pedesaan Yamanashi, jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Game Changer

Karya motor custom Nakajima identik dengan budaya tandingan anak muda. Harley-Davidson “Chopper” Easy Rider yang terkenal dan sepeda buatan Inggris serta skuter vintage Italia yang disukai oleh Mods dan Rockers of Quadrophenia mendominasi suasana.

Namun, inspirasi kreatif Nakajima membawanya ke pabrikan Eropa, khususnya model klasik BMW dan Moto Guzzi dari tahun 1970an dan 80an.

Dengan menggunakan teknik dan material kontemporer, ia membangun mesin yang membanggakan kecepatan, kenyamanan, dan performa sepeda modern dengan tetap menjaga keawetannya.

tampilan dan nuansa klasik , Kombinasi baru antara retro dan baru ini menjadikan Nakajima sebagai builder yang unggul.

Saat ini, Nakajima mendapat pengakuan di kalangan penggemar sepeda motor dari semua kalangan, dengan karya-karyanya yang sering membuat heboh internet dan media sosial.

Ia juga menarik perhatian pabrikan seperti BMW, yang bekerja sama dengannya dalam sebuah proyek khusus untuk menandai ulang tahun kesembilan puluh dari Nakajima.

Divisi sepeda motor pabrikan Jerman, Motorrad , Proyek ini mempertemukan Nakajima dan penyesuai Jepang lainnya untuk menafsirkan ulang roadster klasik R nineT BMW.

Proyek ini berdampak besar pada kancah sepeda motor kustom. Sesuai dengan bentuknya, Nakajima terkesan dengan kontribusinya, “Club Racer” yang ringan dan fungsional.

Nakajima mengatakan bahwa dia awalnya tertarik pada model BMW dan Moto Guzzi karena performa dan desain mesinnya yang khas.  yang ia kerjakan biasanya melibatkan penyempurnaan mesin, penggantian komponen eksterior yang berat dengan material modern.

Meningkatkan kenyamanan dan keselamatan dengan suspensi berperforma tinggi dan sistem pengereman yang ditingkatkan. menekankan bahwa bukanlah gayanya untuk menambahkan elemen,  Sebaliknya, fokusnya hanya pada “membuat custom yang sesuai dengan tuntutan dan keinginan orang yang memesannya.

Selain itu Ia adalah seorang pembalap berpengalaman dengan beberapa gelar, Nakajima telah mengasah tekniknya baik di speedway maupun di bengkel. Balapan menjadi ajang uji coba baik ide-ide baru maupun mesin yang ia bangun.

Baginya, daya tarik artistik dari sepeda yang ia buat muncul dari penerapan preferensi orang yang memesan sesuai pesanan dengan cara yang meningkatkan kualitas yang melekat pada mesin tersebut.

Saat menjelaskan prosesnya, ia mengatakan bahwa langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan bersama klien apa yang ingin mereka capai.

Orang yang berbakat

Nakajima selalu mengejar hasratnya dengan sepenuh hati. Bahkan sebagai seorang anak, segala hal baru yang menarik minatnya dengan cepat menyerapnya sepenuhnya. Di sekolah dasar, dia menjadi operator radio amatir dan menghabiskan waktu berjam-jam terpesona oleh beragam orang yang dia temui gelombang udara.

Menanggapi ibunya yang mencoba mengajarinya bermain piano, dia mengambil gitar, yang seiring berjalannya waktu membawanya jauh ke dunia musik. Sama halnya dengan manga, mobil antik, dan akhirnya sepeda motor.

Pekerjaan pertamanya saat dewasa adalah mengedit majalah sepeda motor. Pada saat yang sama, ia mengejar karir di bidang musik, bermain gitar, menulis, dan memproduseri musisi lain.

Namun, ini terasa seperti cara untuk menghabiskan waktu daripada hobi yang sebenarnya. satu pengecualian di antara banyak minatnya adalah menyesuaikan sepeda motor.

Nakajima, yang kini telah menjadi pabrikan mapan, tidak mau berpuas diri dan terus menciptakan landasan baru. Pameran tunggalnya baru-baru ini mewakili upaya untuk mengangkat sepeda kustom dari objek khusus menjadi karya seni.

Nakajima juga telah membuat saluran YouTube di mana dia memposting video yang memperkenalkan teknik penyesuaiannya.  Tujuannya adalah untuk membuka kembali 46 karya untuk memberikan tur yang menghibur kepada penggemar sepeda motor tentang proses pembuatannya.

Berambisi dan bersemangat dalam hal apa yang dia sukai, Nakajima sangat yakin bahwa ada orang lain di luar sana yang memiliki minat yang sama. Keyakinan ini memberinya kepercayaan diri untuk terus menciptakan adat istiadat yang menakjubkan dan untuk berbagi kreasi dan keterampilannya dengan orang-orang yang memiliki pemikiran serupa secara online di seluruh dunia.

 

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications