34 C
Jakarta
Saturday, May 18, 2024

Sejarah singkat Evolusi Logo BMW

BMW adalah salah satu produsen mobil terbesar di dunia, namun tahukah kalian apa arti dari 3 huruf bertuliskan BMW ini?

Automoto – Nama merek BMW identik dengan “Kesenangan dalam berkendara” namun apakah pernah terpikirkan apa sebenarnya kepanjangan dari ketiga huruf tersebut? saat ini perusahaan tersebut menduduki peringkat ke-6 sebagai produsen mobil dan sepeda motor global berlogo BMW

Pertama kali didirikan pada tahun 1916, namun merek BMW saat itu masih belum ada, setelah melalui evolusi secara besar-besaran sejak mobil pertama di produksi. Awalnya bernama bahasa Jerman yaitu “Bayerische Flugzeugwerke AG” dan Kalimat tersebut bila diterjemahkan secara kasar dalam bahasa Inggris adalah “Bavarian Engine Works Company”.

Nama merek diatas berasal dari Rapp-Motorenwerke GmbH, diambil dari nama salah satu pendiri perusahaan yaitu Karl Rapp. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1913 dan membuat mesin pesawat dari tahun 1917 hingga 1918, kemudian dari tahun 1933 hingga 1945.

Produk tertama yang dibuatnya adalah mesin pesawat straight-six yang disebut dengan BMW IIIa, baru pada tahun 1922 berganti nama menjadi “Baterische Motoren Werke” pada tahun 1922. dan singkatannya bisal disingkat kedalam bahasa Inggris yaitu “BMW” yang kita kenal hingga sekarang ini.

Faktanya BMW baru mulai memproduksi mobil mulai tahun 1928, ketika mereka bergabung dengan Fahrzeughtfarik Eisenach. mobil pertama yang dipasarkan dengan merek BMW yaitu BMW Dixi atau BMW 3/15 yang diberi logo baru diproduksi hingga tahun 1931.

Mobil BMW Dixi artinya adalah segalanya dalam bahasa latin, sebuah mobil compact berkecepatan tinggi, saat itu dixi menjadi hal baru dalam dunia otomotif mobil, Dixi berhasil memecahkan rekor dunia pada tahun 1920-1930-an.

Merek atau logo BMW kemudian diverifikasi untuk memproduksi mobil mewah dan mobil sport. Logo BMW yang kita kenal sekarang ini mengalami evolusi atau pergantian dari Logo perusahaan Rapp Motorenwerke , baru ditahun 1917 berubah menjadi logo BMW yang tidak banyak perusabahan hingga sekarang.

Warna Biru dan warna putih didalam lingkaran diartikan mewakili bendera Negara bagian bavaria Merdeka, sejak saat itu orang-orang sudah mulai tahu apa kepanjangan dari BMW (Bavarian Motor Works”.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications