27.8 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

Prototype Asli SAS Land Rover Series 1

Land Rover mulai mengaspal di akhir perang dunia ke-2, perusahaan mobil asal Inggris Rover memutuskan untuk membangun mobil kecil 4×4 sendiri seperti mobil Jeep Amerika yang dilahirkan sebagai kendaraan tempur tentara Amerika

Automoto – Asal muasal yang menciptakan Jeep adalah American Bantam yang menjadi cikal bakal kendaraan bergenre 4×4 termasuk Willys atau Ford jeep dan Land Rover disusul Land Cruiser. Ketika tentara khusus angkatan darat Inggris (SAS) membutuhkan kendaraan tempur 4×4 di medan perang dunia ke-2, maka ditunjuklah Land Rover untuk mensuplai kendaraan tempur tersebut yang dilengkapi dengan persenjataan.

Perusahan mobil asal Inggris Rover  menciptakan Land Rover saat permintaan mobil mewah sudah tidak mungkin lagi karena pecahnya perang dunia ke-2. saat itu bahan bakar, makanan dijatah dan kebutuhan akan mobil luxuary sudah tidak mungkin, maka mereka memutuskan untuk membuat mobil kecil 4X4 yang tangguh setelah diminta oleh tentara angkatan darat Inggris.

Ahli mesin perusahaan Rover bernama Maurice Wilks memiliki sebuah mobil Jeep Amerika dipeternakannya dan dia telah mengetahui seluk beluk dari mobil tersebut, akhirnya memiliki ide untuk membuat mobil sejenis, dan mulai mendesain kendaraan kecil 4X4.

Menyakini bahwa mobil kecil 4×4 ini sangatlah cocok sebagai mobil pertanian dan pertambangan serta sebagai mobil perang sekalipun. dan dia juga memahami mobil tersebut harus dirancang untuk mudah diservis dan bisa menjangkau jarak yang jauh.  dan biaya pembuatannyapun harus tidak mahal.

Hari demi hari Wilks terus mempelajarinya dan terus mengembangkan ide-ide yang ada dikepalanya, hingga akhirnya terciptalah desain prototype yang sejenis mobil Jeep Amerika namun telah dilakukan beberapa perbaikan di beberapa faktor. hingga akhirnya tersebar beritanya meluas hingga ke Afrika, Australia dan beberapa negara di Timur Tengah.

Bagi tentara angkatan darat Inggris sendiri Land Rover menjadi kendaraan standard, hingga akhirnya dari resimen elite SAS meminta perusahaan rover untuk membuat kendaraan untuk operasi khusus, selama perang dunia ke-2 tentara khusus SAS inggris menggunakan mobil Jeep Amerika yang sudah dimodifikasi lengkap dengan persenjataan dan diletakkan di pos-pos perang.

Sebenarnya Ide asli dari penggunaan kendaraan Jeep lengkap dengan persenjataan merupakan alat transportasi yang cepat di medan perang garis depan, ide ini disampaikan Letnan David Stirling untuk dioperasikan di Afrika Utara yang juga dilengkapi dengan terjun payung untuk diterjunkan di area medan perang untuk menghancurkan pesawat-pesawat musuh sebisa mungkin.

Setelah misi mereka terselesaikan maka perencanaan berikutnya dijadikan pengganti tentara-tentara Ingris yang berjalan kaki di area padang pasir. maka dari pengalaman ini letnan David Stirling dari pada menerjunkan pasukan penerjun lebih baik diganti dengan kendaaran Jeep yang digunakan oleh pasukan Long Range desert group. operasi ini terbukti berhasil, akhirnya dibuatlah desain dan lay-out sendiri.

Dituturkan oleh jendral Berbard Montgomery pemikiran David Stirling ini dilontarkan pada bulan November 1942 dan membentuk tagline “ Who dare wins”. dan mobil ini diselesaikan dipertengahan tahun 1950-an. prototype SAS Land Rover akhirnya dibuat dengan chassis bernomer rangka #170601215 dan chassis no 86. nah mobil prototype yang ada di photo dengan segala fitur dan perlengkapan persenjataan ini adalah  SAS Land Rover Series 1 tahun 1955 merupakan mobil koleksi dari goodwood revival collectors’ motor car and automobilia.

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications