28.4 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Camper van Retro Berbasis Toyota Hi-lux tahun 70-an

Toyota Chinook 1976 adalah sebuah mobil rekreasi (RV)/camper van yang tidak lazim sepanjang sejarah otomotif mobil RV (Recreational Vehicle) bila dibandingkan dengan mobil mobil RV yang telah diproduksi oleh pabrikan mobil-mobil ternama didunia, termasuk General Motors, Chevrolet.

Automoto – Pada awal tahun 1970-an Toyota memunculkan inovasi baru akan mobil RV/camper van, sejalan dengan pengembangan bisnis mereka di Amerika, Toyota mencari cara baru untuk menarik hati orang-orang Amerika, maka di luncurkanlah pada akhir tahun 1960-an Toyota Hi-Lux Pick up yang berhasil memberikan inspirasi para antusias DIY untuk membangun mobil Camper van sendiri dengan budget yang tidak mahal.

Menyadari kepopuleran Recreational Vechicle (RV)/camper van ini , maka Toyota bekerjasama dengan Chinook untuk mendesain sebuah mobil camper yang mereka sebut dengan ‘micro mini motorhome” berbasis pick-up Toyota Hi-lux.

Hingga pada tahun 1973, akhirnya sepakat untuk berkomitment untuk merealisasikan desain yang telah mereka sepakati untuk dipasarkan di Amerika. pada perjanjian tertulis mereka menyatakan bahwa perusahaan Chinook memproduksi mobil camper van menggunakan Toyota Hi-lux dan membuat chassis, kolaborasi ini diberi nama Toyota-Chinook Mini-motorhome yang kemudian disebar kepada dealer-dealer Toyota di Amerika.

Bagi Toyota Kolaborasi ini merupakan sebuah kolaborasi yang sangat penting, dimana mereka berhasil memproduksi sampai 4.000 unit di tahun pertama, sementara target proyeksi mereka harus bisa mencapai 10.000 unit.

Produksi dimulai tahun 1973 di pabrik Chinook di La Verne, California. Mobil Camper van ini dipasarkan di Amerika Barat, yang sempat menjadi populer karena hemat bahan bakar, dan tangguh sehingga makin lama makin populer dikalangan antusias camper van di California Selatan.

Toyota-Chinook besutan tahun 1973-1974 ini dipasang mesin Toyota 18R engine. dikampanyekan bahwa mobil ini sangat hemet bahan bakar dan ruang yang luas serta banyak kabin-kabin penyimpanan barang, ada tempat cuci tangan, meja makan dan tempat tidur yang cocok untuk satu keluarga kecil.

Pada model-model awal masih terdapat beberapa kekuarangan, hal ini mendorong mereka untuk terus berinovasi dan menyempurnakannya, pada tahun 1975 disempurnakan rangka dibuat dari baja yang kuat, dipasang tangga dan mesinnyapun dipasang yang lebih kuat, upaya ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan menanggapi keluhan-keluhan konsumennya.

Hingga pada tahun 1978 mereka menyelesaikan perjanjian mereka dimana pihak Chinook mulai memasarkan di dealer-dealer Toyota dan juga dealer pribadi, ditahun tersebut berhasil memasarkan sebanyak 1979 unit. 

Dijaman modern ini Toyota-Chinook ini sudah langka, mobil yang ada diphoto adalah keluaran tahun 1976 yang sudah diupgrade chassisnya, serta sudah menggunakan rangka baja dan mesin lebih besar yaitu menggunakan mesin 2,2 liter 20R inline-four Cylinder.

Body dicat warna putih dengan 2 strip warna coklat pada tahun 2019. dan terdapat fitur atap pop up, ditambah lagi spion tambahan, pintu belakang, panel tenaga surya dan tambahan tenda shower out-door. pada bagian dalam belakang terdapat sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur, juga dilengkapi soket charger usb, tangki air bersih untuk masak sebanyak 30 galon, kompor dan tempat cuci piring/tangan.

Belakangan di upgrade dengan walpaper bercorak batu bata, lantai kayu dan dilengkapi kulkas 12v, toilet pispot tersembunyi, dan dilengkapi pula inventer listrik 1800 Watt.di tahun 2022 mesin diganti dengan mesin 2.2 liter 20R inline-four dengan satu karburator dan tenaga dialirkan ke roda belakang melalui transmisi manual 4 percepatan.

camper van
dashboard

camper van

camper van
Tampak samping
camper van
Dapur
camper van
inventer kelistrikan
camper van
pispot tersembunyi

BACA JUGA

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Articles

automoto.id We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications